27/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Lazada Rilis Hasil Survey Konsumen terhadap Pengalaman Belanja Online

Jakarta, KabarGress.com – Lazada, sebagai destinasi berbelanja dan menjual online di Asia Tenggara merilis hasil surveynya mengenai pengalaman konsumen di Indonesia dalam berbelanja online.

“Kami berkomitmen untuk menghadirkan pengalaman berbelanja yang mudah kepada lebih dari 550 juta konsumen di Asia Tenggara. Survey kepuasan pelanggan menunjukan bahwa responden puas dengan pengalaman berbelanja online mereka, namun di sisi lain masih banyak kesempatan bagi kami untuk dapat menjangkau konsumen yang belum pernah mencoba berbelanja online dengan menjelaskan lebih banyak manfaat yang bisa mereka dapatkan untuk merubah persepsi mereka,” jelas Elizabeth Craft, CEO Lazada Indonesia.

Sebagai pionir dari e-commerce di Asia Tenggara, Lazada hadirkan pengalaman berbelanja yang mudah, melalui halaman website dan aplikasi mobile yang mudah digunakan kapan saja. Beragam pilihan produk baik internasional maupun lokal, termasuk produk yang hadir secara eksklusif melalui Lazada, dilengkapi dengan berbagai pilihan metode pembayaran termasuk cash-on-delivery dapat diakses konsumen melalui desktop maupun perangkat mobile.

Konsumen dapat berbelanja dengan tenang dengan adanya program Perlindungan Pelanggan. Hal ini memberikan garansi kepada konsumen bahwa produk yang mereka beli asli, baru dan bukan produk rusak, konsumen dapat melakukan pengembalian barang dalam jangka waktu tujuh hari dan mendapatkan pengembalian dana penuh. Layanan pelanggan juga hadir tujuh hari dalam seminggu melalui telepon dan email untuk memastikan bahwa konsumen dapat menghubungi Lazada kapan pun.

Pendapat konsumen Lazada di Indonesia

Sebagai perusahaan yang berfokus pada konsumen, Lazada secara konsisten melakukan review pada tingkat kepuasa konsumen. Pada kuarter pertama tahun 2015, Lazada melakukan survey pada 49.314 responden di Indonesia untuk mempelajari lebih lanjut mengenai pengalaman berbelanja online.

Produk: 75% senang dengan pilihan dan kualitas produk yang ditawarkan.

Website: 76% merasa bahwa website Lazada mudah untuk digunakan

Pengiriman: 75% merasa penjelasan mengenai pengiriman produk cukup jelas.

Layanan pelanggan: 72% merasa puas dengan bantuan yang dihadirkan dengan tim Layanan Pelanggan

Fitur favorit konsumen: 1) Pengiriman gratis 2) Pengiriman cepat dan tanggap 3) Metode pembayaran yang aman dan mudah

Kategori paling populer: 1) Handphone & Tablet 2) Peralatan Elektronik 3) Peralatan Rumah Tangga

Di saat hasil survey menunjukan bahwa mayoritas dari responden merasa cukup puas, Google Shopper Study yang dipublikasikan pada Juni 2014 menyatakan bahwa kualitas produk dan keamanan merupakan hal yang menjadi kekhawatiran utama bagi konsumen belanja online di Indonesia. Penelitian ini menunjukan bahwa 43% dari konsumen yang tidak berbelanja online merasa kurang percaya terhadap kualitas produk yang akan mereka terima, sementara 42% merasa khawatir terhadap keamanan dari informasi finansial mereka saat melakukan transaksi online.

“Ada batasan yang cukup jelas diantara persepsi konsumen yang tidak berbelanja online dan apa yang dialami oleh konsumen, menjadi penting untuk mendapatkan kepercayaan konsumen untuk menghilangkan hal yang menjadi hambatan untuk berbelanja online. Sebagai pemimpin di industri ini, kami mengambil langkah utama dalam menjelaskan manfaat dari belanja online kepada konsumen melalui kegiatan yang kami selenggarakan disaat Ramadhan ini.” lanjut Elizabeth Craft. (ro)