28/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Bukukan Prestasi Besar, SMANOR Sidoarjo Banjir Pendaftar Calon Siswa Baru

Sidak Ka UPT SMANOR Drs.Zainal Arifien,M.PdSidoarjo, KabarGress.com – Jumlah pendaftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) di Sekolah Menengah Negeri Olahraga (SMANOR) Sidoarjo, selalu meningkat. Termasuk PPDB tahun 2015/2016 ini. PPDB tahun 2015/2016 peserta yang mengikuti tes berdasar data tercover media ini sebanyak 243 peserta.

Membanjirnya jumlah pendaftar yang mendaftarkan diri pada PPDB tahun 2015 di SMANOR, tentu banyak yang menjadi bahan pertimbangannya. Antara lain, SMANOR satu-satunya sekolah menengah negeri olahraga dikelola UPT Dinas Pendidikan Prov Jatim lantaran mampu menyuguhkan berbagai prestasi, baik bidang keolahragaan maupun akademik. Meski syarat yang diterapkan SMANOR cukup ketat, faktanya tidak mengurungkan semangat mereka untuk ikut mendaftar pada PPDB.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMANOR, Drs. Zainal Arifien, M. Pd, Sabtu (27/6), menerangkan dalam rangka menjaring siswa bibit unggul bakat olahraga, dilaksanakan berbasis IPTEK, dimana seleksi dilakukan dalam dua pola. Pertama seleksi fisik umum, dan seleksi fisik khusus dan psikologi dipandu tim ahli FIK UNESA. Sedangkan tes kesehatan dilakukan tim ahli Sport Clinic RSUD Dr. Soetomo.

Ketatnya tes bagi calon siswa tersebut, bertujuan supaya SMANOR benar-benar memperoleh calon siswa yang berkualitas prima. Sehingga calon siswa yang lulus tes itu benar-benar siswa yang memiliki keunggulan serta mempunyai bakat istimewa baik dalam keolahragaan maupun akademik. Perincian tahapan tes fisik khusus/kecabangan, terang Zainal, dilaksanakan mulai 15-16 Juni, tes fisik umum dilaksanakan 17 Juni lalu.

Setelah rangkaian tes dilaksanakan, hasilnya dari 243 peserta yang lulus tes sebanyak 66 peserta. 66 peserta yang lulus tes itu, lanjut Zainal, masih harus mengikuti tes psikologi dan kesehatan. Untuk tes psikologi dilakukan tim FIK UNESA, sementara tes kesehatan dilakukan tim ahli Sport Clinik RSUD Dr. Soetomo. Tes tahap II ini dilaksanakan pada Senin (29/6) besuk lusa. Bagi peserta yang lulus ketika mengikuti tes lalu, SMANOR masih memberi kesempatan peserta yang kemudian masuk di sekolah umum untuk bisa masuk ke SMANOR.

GEDUNG SMANOR“Syaratnya, mereka punya prestasi dalam cabang olahraga, di sekolahnya. Paling tidak mereka juara pada cabang olahraga yang digelutinya baik tingkat Jatim maupun Nasional. Data-data mereka ada, kalau mereka memang punya prestasi mereka bisa mengajukan mutasi dari sekolahnya ke SMANOR,” tegasnya.

Sementara itu, dari 11 cabang olahraga yang paling banyak peminatnya pada PPDB tahun 2015/2016, ungkap Zainal, cabang atletik 11 Cabang olahraga di SMANOR , 1. Gulat, 2. Judo, 3. Karate, 4. Pencak silat, 5. Atletik, 6. Selam, 7. Renang, 8. Sepak Takraw, 9. Volly Pantai, 10. Panjat Tebing, dan 11. Sepatu roda. ”Dari 11 Cabor, yang paling banyak pesertanya atletik,” ujarnya.

 

Ukir Prestasi

SMANOR memang berbeda dibanding sekolah lain. Sekolah olahraga kebanggaan masyarakat Jatim hingga kini masih menjadi pusat pembinaan olahraga andalan yang mampu membukukan sukses mencetak atlet-atlet juara. Hal itu dibuktikan selama kurun waktu tahun 2013, para atlet Smanor mampu mempersembahkan sebanyak 19 medali di level dunia.

Terdiri dari 4 emas, 5 perak dan 10 perunggu. Medali tersebut dipersembahkan dari tiga cabor. Yaitu judo, panjat tebing dan voli pantai. Dari cabang olahraga judo mempersembahkan 3 emas, 4 perak dan 9 perunggu. Kemudian panjat tebing menyumbangkan 1 perunggu dan dari volly pantai mempersembahkan 1 emas dan 1 perak.

Disamping berhasil meraih prestasi bidang keolahragaan, SMANOR ini pun terbukti mampu membukukan sukses bidang akademik. Siswa lulusan SMANOR lantaran prestasi akademiknya bagus, berhasil lulus masuk ke beberapa Perguruan Tinggi ternama. Tahun 2014 kemarin dua alumni SMANOR diterima masuk di Universitas Airlangga, tahun 2015 satu siswa diterima di UNAIR. Karena prestasinya itu Institusi TNI AD, AL, dan Polri memberikan peluang bagi alumni SMANOR untuk mendaftarkan diri sebagai TNI, Polri, baik lewat Secaba maupun Taruna.

Dari deretan prestasi tersebut, tak heran kalau SMANOR Sidoarjo menjadi satu-satunya tujuan para orangtua menyekolahkan putra/putri yang punya bakat istimewa bidang keolahragaan. Apalagi, SMANOR memang berbeda dibanding sekolah lain. Bagi calon siswa begitu lulus tes dalaim penjaringan siswa, dapat memperoleh 9 fasilitas dari Pemerintah.

9 Fasilitas yang diberikan kepada para siswa SMANOR tersebut, 1. Mendapat uang saku, 2. Dapat Seragam Sekolah, 3. Seragam olahraga, 4. Asrama siswa, 5. Makan dan Minum, 6. Dapat pinjaman buku paket pelajaran, 7. Mendapat buku raport prestasi olahraga dan akademik, 8. Dapat pelayanan kesehatan ringan, dan 9. Mendapat pelayanan Masase.

Sementara itu belum optimalnya penerimaan siswa baru, karena SMANOR saat ini masih menghadapi terbatasnya fasilitas asrama siswa. Kapasitas asrama siswa masih sangat terbatas. Terbatasnya fasilitas asrama siswa tersebut, tahun depan direncanakan akan ditambah mess untuk siswa. (hery)

Teks foto:

– Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) SMANOR, Drs. Zainal Arifien, M. Pd, saat sidak.

– Pintu gerbang SMANOR Jawa Timur.