01/02/2021

Jadikan yang Terdepan

OSL Pegadaian Surabaya Naik 15 Persen

Surabaya, KabarGress.com – PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) Surabaya terus mengalami kinerja yang menggembirakan. Hingga Juni 2015, tercatat Out Standing Loan (OSL) atau dana endapan nasabah mengalami peningkatan 15 persen dibandingkan periode setahun lalu. “Pada lebaran 2014 OSL tercatat Rp2,9 triliun. Saat ini atau menjelang minggu terakhir Juni 2015, kami optimis OSL akan tembus Rp3,5 triliun atau terjadi pertumbuhan Rp600 miliar,” ungkap Deputi Bisnis Surabaya I PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) Surabaya, Hakim Setiawan, ditemui media ini, Rabu (24/6/2015).

Menurutnya, PT Pegadaian (Persero) Kantor Wilayah (Kanwil) Surabaya sendiri menargetkan OSL sebesar Rp3,6 triliun. “Kondisi ini sangat menggembirakan karena menunjukkan tingkat kepercayaan masyarakat kepada layanan bisnis pegadaian terus meningkat signifikan. Dari sisi jumlah nasabah telah naik 100 ribu nasabah hingga Juni ini. Masyarakat telah mengenal kesederhanaan dan kemudahan layanan pegadaian. Dan pegadaian nasabahnya didominasi UMKM yang sangat berperan dalam ketahanan ekonomi nasional,” jelasnya.

Tercatat pada 2014, target OSL yang ditetapkan sebesar Rp2,9 triliun, namun tidak terpenuhi secara keseluruhan, hanya 90%. Kondisi tersebut dipengaruhi karena harga emas yang naik turun. Namun angka ini sudah mengalami pertumbuhan jika dibandingkan pencapaian 2013 yang sebesar Rp2,85 triliun.

Pegadaian optimis target OSL tahun ini terlampaui apalagi didukung 79 kantor cabang, 485 outlet se Jawa Timur dimana 406 merupakan unit. “Pegadaian sekarang memiliki layanan yang serba bisa. Dan terbaru atau tepatnya April lalu, kami telah melaunching layanan baru berupa Save Deposit Box (SDB) sebanyak 415 buah dengan 3 ukuran. Yaitu 3 inci x 10 inci dengan sewa Rp400 ribu per tahun, 5 inci x 10 inci Rp500 ribu per tahun serta 10 inci x 10 inci sebesar Rp800 ribu per tahun. Sejauh ini sudah 31 unit dimanfaatkan nasabah. Kelebihan pegadaian karena sudah terkenal keamanannya dalam menjaga barang-barang jaminan nasabah,” terangnya.

Selanjutnya, target laba bersih tahun ini menurut Hakim dipatok Rp464 miliar. Hingga posisi Mei 2015 telah tercapai laba bersih Rp280 miliar. Sebagai pembanding, tahun lalu dengan mematok laba bersih yang sama namun tercapai 80 persen. “Dengan perolehan laba bersih Rp40 miliar per bulan, kami optimis akan tercapai,” tandasnya penuh semangat.

Ditambahkan, khusus menyambut lebaran 1436 H, pegadaian tidak tinggal diam, berbagai promo ditawarkan ke konsumen. “Namanya promo THR berupa sembako bagi nasabah yang loyal. Kemudian kita berikan juga free voucher bebas administrasi H+15. Ini bentuk apresiasi kami menyambut lebaran tahun ini,” imbuhnya didampingi┬áHumas PT Pegadaian, Rita Helmi. (ro)