Ribuan Bikers Gerbang Kertosusila Berikrar Anti Kekerasan

Apel dan ikrar bersama bijak Polda  Jatim-BikersSurabaya, KabarGress.Com – Menyusul keprihatinan atas peristiwa kecelakaan lalu lintas dan pengeroyokan yang dilakukan oknum gank motor hingga korban meninggal dunia beberapa waktu lalu, Ditlantas Polda Jatim menggelar Apel dan Ikrar bersama ribuan Bikers dari Gresik-Bangkalan-Mojokerto-Surabaya-Lamongan (Gerbang Kertosusila) bertitel BIJAK (Bikers Jempolan Anti Kekerasan), di lapangan Kenpark Kenjeran Surabaya, Minggu (21/06/2015) sore hari.

Waka Polda Jatim, Brigjen Pol Drs Eddy Hariyanto, dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini bertujuan pendataan dan sosialisasi beberapa progam Ditlantas Polda Jatim mengingat peristiwa kejadian kecelakaan beberapa waktu lalu sampai korban meninggal dunia akibat pengeroyokan yang dilakukan sekelompok oknum club motor liar.

“Peristiwa tersebut jangan sampai terulang kembali, cukup yang pertama dan yang terakhir di Jawa Timur khususnya di Surabaya,” tandasnya.

Kegiatan ini sangat penting sekali untuk menekan angka kekerasan, memberikan wawasan hukum dan meningkatkan ketertiban serta kesadaran hukum bagi club motor bersama anggotanya (Bikers) untuk bisa saling menghormati sesama pengguna jalan raya.

foto-03-apel dan ikrar bersama bijak Polda  Jatim-BikersKegiatan Apel dan Ikrar bersama Bikers Jempolan yang bertajuk “Anti Kekerasan” diikuti sebanyak 350 Club Motor berjumlah 5.000 orang berasal dari beberapa wilayah yakni Surabaya, Gersik, Sidoarjo dan Mojokerto.

Dihadiri Waka Polda Jatim, Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol Verdianto Iskandar dan bersama jajarannya serta pejabat Pemkot Surabaya.

Pada kesempatan yang sama, Ditlantas Polda Jatim, Kombes Pol Verdianto Iskandar, menjelaskan kegiatan ini merupakan deklarasi ikrar bersama yang diikuti beberapa club atau komunitas motor (Bikers) yang ada di wilayah Gerbang Kertasusila, bertujuan membantu pihak kepolisian dan menjadi pelopor tertib lalu lintas.

“Untuk Club motor (Bikers) yang ikut dalam acara ini adalah yang terbaik, sering mengadakan kegiatan-kegiatan bakti sosial,” jelasnya.

Kombes Pol Verdianto Iskandar menambahkan, kegiatan ikrar bersama ini yang ikuti kurang lebih 400 club motor yang sudah didata dan menjadi baik, jangan sampai ini dikatakan lagi ikut-ikutan jelek di mata masyarakat, karena seringkali kita dengar selama ini Gank motor banyak dikatakan jelek.

“Kami berharap club atau komunitas motor (Bikers) ini, bisa tertib di jalan sampai melakukan tindakan yang bersifat anarkis saat di jalan raya,” harapnya.

Kegiatan Apel dan Ikrar bersama yang digelar oleh Ditlantas Polda Jatim yang diikuti ratusan Club dan ribuan peserta Bikers yang ada di Gerbang Kertasusila ini, diramaikan atraksi freestyle. Waka Polda Jatim juga memberikan tanda pin penyematan kepada beberapa perwakilan dari club komunitas motor sekaligus dilakukan 1.000 tanda tangan bersama tertib lalu-lintas di jalan raya.

Setelah mendapatkan kuliah tujuh menit (kultum) tentang golongan penghuni surga, acara diakhiri berbuka puasa bersama serta sholat Maghrib berjamaah. (ro)

Teks foto: Waka Polda Jatim, Brigjen Pol Drs Eddy Hariyanto, saat menyematkan pin kepada perwakilan club motor.

Leave a Reply


*