20/10/2020

Jadikan yang Terdepan

KPU Gelar Launching Pilwali 2015

KPU Gelar Launching Pilwali 2015Surabaya, KabarGress.Com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya hari ini menggelar launching terkait penyelenggaran Pemilihan Walikota (Pilwali) Surabaya yang dilakukan pukul 19.30 – 21.00 WIB di Gramedia Expo, dengan tema “Surabaya Berintegritas”. Acara tersebut dihadiri oleh anggota KPU RI Arief Budiman, Komisioner KPU Jawa Timur, dan Musyawarah Pimpinan Daerah (Muspida).

“Dan juga tidak lupa dihadiri jajaran dari kita yaitu Panwaslu (Panitia Pengawas Pemilu) mulai PPS,PPK se-Surabaya. Jadi ada 31 kecamatan dan 154 Kelurahan beserta camat, koramil, dan Kapolsek semuanya akan kita undang nanti,” ujar, Ketua KPU Kota Surabaya, Robiyan Arifin.

Robiyan berharap, pergelaran Pilwali tahun ini tidak hanya penyelenggara pemilu yang mempunyai integritas tetapi untuk calon kandidat juga berintegritas, serta pemilih juga mampu berintegritas. Artinya, untuk calon kandidat yang berintegritas ada progam sendiri dari KPK RI.

“Jadi mereka (KPK RI) akan punya progam untuk bagaimana caranya agar pasangan calon menandatangani fakta integritas pasca penetapan yang dilakukan akhir 2015 ini. Dan juga ada penyampaian harta kekayaan pasangan calon yang kemudian diumumkan oleh KPK RI,” terangnya.

Sementara terkait adanya wacana dari fraksi PDI Perjuangan, bahwa Pilwali akan dilakukan secara mufakat atau dipilih secara aklamasi, Robiyan mengaku hal itu tidak bisa dilakukan jika mengacu kepada Undang-undang.
Sebab, untuk Pilwali minimal harus ada dua kandidat atau lebih.

“Dengan asumsi bahwa dengan syarat dukungan pasangan. Dari gabungan partai politk sebanyak 20 persen dari kursi DPRD, dan 25 persen suara dari hasil pilihan legislatif 2014 lalu jadi seperti itu,” ungkapnya.

Robiyan menambahkan, sebagai parameter kesuksesan Pilwali ini tahun ini hal itu bisa dilihat dari jumlah pemilih yang melakukan pencoblosan. Pada Pilwali tahun 2010 jumlah pemilih sebanyak 46 persen, dan untuk tahun ini KPU menargetkan jumlah pemilih sebanyak 71 peersen.

“Kami opotimis insya allah Pilkada tahun ini bisa berjalan dengan baik, lancar dan berintegritas. Itu semua juga tidak lepas dari pantauan dan dukungan dari teman-teman media semuanya,” tambahnya. (tur)