15/10/2022

Jadikan yang Terdepan

Yayasan Danamon Peduli Luncurkan Jelajah Pasar Rakyat Nusantara

* Kampanye Nasional Pertama untuk Pasar; Mengembalikan Peran Pasar Rakyat sebagai Ruang Publik yang Kreatif, Edukatif, dan Berbudaya 

Serang, KabarGress.com – Yayasan Danamon Peduli (Danamon Peduli) hari ini meluncurkan kampanye nasional bertajuk“Jelajah Pasar Rakyat Nusantara” untuk memberikan dukungan terhadap keberadaan dan perkembangan pasar tradisional (pasar rakyat) di Indonesia. Gerakan ini digagas oleh Danamon Peduli melalui serangkaian kegiatan dengan melibatkan berbagai pihak yaitu pemerintah, swasta dan masyarakat yang bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, memberikan wawasan, dan menarik simpati masyarakat tentang keberadaan pasar rakyat sehingga setiap lapisan masyarakat menjadi bagian dari perkembangan pasar rakyat di Indonesia.

Kampanye nasional pertama Jelajah Pasar Rakyat Nusantara ditandai dengan kembali digelarnya Festival Pasar Rakyat di Pasar Rau, Kota Serang Banten. Kegiatan ini mendapat dukungan pemerintah daerah setempat serta dihadiri Drs. Kosasih, Msi Asisten Daerah I Kota Serang; Dewi Indriati Rano, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Banten; serta Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

“Kampanye nasional pasar rakyat ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan untuk menyebarluaskan pesan sosial bahwa pasar adalah salah satu ruang publik tempat interaksi sosial tertua di Indonesia yang harus terus kita kembangkan dan jaga keberadaannya. Sebagai ruang publik, pasar dapat dimanfaatkan untuk menggelar berbagai kegiatan kreatif dan edukatif. Harapannya adalah pemerintah, swasta dan masyarakat lebih bersimpati terhadap pasar rakyat, tidak hanya pada perbaikan fisik atau bangunannya saja namun juga menyentuh manajemen, peningkatan kapasitas pedagang dan promosinya.” ujar Restu Pratiwi, Ketua dan Direktur Eksekutif Yayasan Danamon Peduli.

Lebih lanjut Restu mengatakan, “Dengan dukungan dari berbagai pihak secara terintegrasi, kami yakin pasar rakyat ke depannya akan menjadi pilihan tempat rekreasi, tujuan wisata dan tempat perbelanjaan yang mampu memanjakan pengunjungnya.”

Untuk tahun 2015, Danamon dan anak perusahaannya, melalui Danamon Peduli berkomitmen mengalokasikan dana lebih dari Rp 7 miliar untuk program dan kegiatan yang berkaitan dengan pasar dimana jaringan kantor Danamon dan Adira berada.

Kampanye Nasional Jelajah Pasar Rakyat Nusantara yang digagas oleh Danamon Peduli saat ini merupakan satu-satunya gerakan yang khusus mendukung dan mempromosikan pasar rakyat di Indonesia. Melalui kampanye ini, Danamon Peduli terus berupaya menyerukan dan mendorong masyarakat untuk setia berbelanja di pasar rakyat melalui kegiatan Festival Pasar Rakyat. Pasar rakyat memiliki nilai dan peran yang unik dan mencerminkan kehidupan masyarakat Indonesia. Pasar rakyat menyediakan lapangan pekerjaan bagi lebih dari 100 juta jiwa rakyat Indonesia dan menyediakan kurang lebih 60% kebutuhan masyarakat.

Dalam kegiatan Festival Pasar Rakyat ini, Danamon Peduli menyerahkan bantuan 1 (satu) buah gerobak motor sampah, 15 (lima belas) buah tempat sampah, 55 (lima puluh lima) pohon Pucuk Merah sebagai bentuk kepedulian terhadap lingkungan pasar dan dukungan perbaikan kualitas kesehatan di lingkungan di Pasar Rau.

Berbagai kegiatan lainnya digelar antara lain lomba melukis tong sampah untuk pelajar, edukasi rakyat dan bazaar untuk pengusaha mikro lokal, lomba memasak yang melibatkan komunitas pedagang nasi goreng, dan panggung hiburan. Untuk menyemarakkan acara, Danamon Peduli menghadirkan Zidan, Junior Master Chef Indonesia berusia 14 tahun bersama Pemerhati Kuliner, Arie Parikesit, sebagai relawan khusus membahas warisan kuliner.

Semangat Danamon Peduli dalam mengembangkan pasar rakyat di Indonesia sejalan dengan fokus bisnis lini usaha Danamon melalui Danamon Simpan Pinjam yang bergerak di sektor pembiayaan usaha mikro terutama yang beroperasi di lingkungan pasar. Selama lebih dari 11 tahun, Danamon Simpan Pinjam telah mengucurkan lebih dari Rp 85 triliun pinjaman modal bagi para pedagang pasar dan bantuan bagi pasar-pasar rakyat di berbagai kota di Indonesia.

“Danamon semakin dekat dengan komunitas pasar dengan hadirnya para account officer Danamon Simpan Pinjam yang setia menjadi mitra bisnis para pedagang dan komunitas di sekitar pasar rakyat,” jelas Stenly Oktavianus, National Sales & Distribution Head Danamon Simpan Pinjam.

Peran serta Danamon Simpan Pinjam dalam kegiatan ini merupakan bentuk dukungan serta komitmennya dalam mengembangkan pasar-pasar rakyat di Indonesia. Danamon Simpan Pinjam memberikan sosialisasi dan menjalin kemitraan dengan para pedagang pasar untuk memenuhi kebutuhan finansial yang diperlukan para pedagang pasar.

“Selain mendukung peningkatan kualitas pasar rakyat, kami juga mendukung peningkatan kualitas para pedagang yang ada di pasar. Hal ini karena kehidupan sebuah pasar juga ditentukan dengan semaraknya aktivitas dari komunitas yang ada di dalamnya,” tambah Stenly Oktavianus. (ro)

 

Tentang Yayasan Danamon Peduli:

Yayasan Danamon Peduli resmi dibentuk oleh PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. dan PT Adira Dinamika Multifinance, Tbk. pada 17 Februari 2006. Program-program Yayasan Danamon Peduli bertujuan untuk mendukung pembangunan berkelanjutan yang bermanfaat langsung pada masyarakat dan melibatkan relawan dari lingkungan keluarga besar Danamon. Dalam kiprahnya, Danamon Peduli secara konsisten berperan sebagai mitra pembangunan dengan program-programnya yang inovatif dengan tujuan berkontribusi pada prioritas pembangunan serta berkelanjutan dan dapat dikembangkan oleh berbagai pihak lain.

Sejak tahun 2010, Danamon Peduli menjalankan program Pasar SEJAHTERA sebagai investasi sosial perusahaan dengan fokus pelaksanaan pada empat komponen kegiatan, yaitu: (1) Peningkatan kondisi fisik pasar; (2) Intervensi perubahan perilaku; (3) Peningkatan komitmen Pemerintah; dan (4) Peningkatan dukungan masyarakat. Saat ini, terdapat sembilan pasar percontohan Pasar SEJAHTERA, yaitu Pasar Ibuh-Payakumbuh di Sumatera Barat, Pasar Tejoagung Metro di Lampung, Pasar Sindangkasih-Majalengka di Jawa Barat, Pasar Bunder-Sragen di Jawa Tengah, Pasar Grogolan-Pekalongan di Jawa Tengah, Pasar Baru-Kota Probolinggo dan Pasar Semampir Kabupaten Probolinggo di Jawa Timur, Pasar Kemuning-Pontianak di Kalimantan Barat, dan Pasar Lambocca Bantaeng di Sulawesi Selatan. Dari jumlah tersebut, dua pasar yaitu Pasar Sindangkasih dan Pasar Semampir sudah diserahterimakan kepada Pemerintah setempat.

Selain melalui kegiatan Pasar SEJAHTERA ini, Danamon Peduli mewujudkan misi melalui program Cepat Tanggap Bencana, Danamon Peduli bekerja sama dengan para relawan dari karyawan Danamon dan Adira menyalurkan bantuan cepat kepada masyarakat yang terkena bencana selain juga melakukan beberapa kegiatan edukasi masyarakat dalam upaya mencegah dan memitigasi dampak bencana.

Sejak didirikannya, Yayasan Danamon Peduli juga telah meraih beberapa penghargaan antara lain Juara ke-2 tingkat dunia BBC World Challenge 2009, MDGs Award 2009 untuk kategori pengentasan kemiskinan. Pada tahun 2011, Program Pasar Sejahtera mendapatkan penghargaan Asia Responsible  Enterpreneurship  Award untuk kategori Green Leadership. Pada pertengahan tahun ini, Yayasan Danamon Peduli menerima penghargaan dari Warta Ekonomi Social Business Inovation Award 2014 untuk kategori Best Sustainable Business Innovation Company in Clean Market Programme.  Kuartal pertama di 2015, Yayasan Danamon Peduli meraih Center for Entrepreneurship, Change and Third Sector (CECT) CSR Award 2015 kategori “Overall Performance in Banking Sector” Oleh Universitas Trisakti.

 

Tentang Danamon:

PT Bank Danamon Indonesia, Tbk. didirikan pada tahun 1956 dan sampai dengan 31 Maret 2015 memiliki jaringan sekitar 2.074 terdiri dari antara lain kantor cabang konvensional, unit Danamon Simpan Pinjam (DSP) dan unit Syariah, serta kantor-kantor cabang anak perusahaannya. Danamon memberikan kepada nasabahnya akses ke hampir  60.000 ATM, termasuk melalui kerjasama dengan ATM Bersama dan ALTO di 33 provinsi di Indonesia. Danamon mengelola aset sebesar Rp 193,8 triliun sampai dengan akhir Maret 2015.

Danamon belum lama ini menjadi Juara 1 Annual Report Award (ARA) 2013 dalam kategori Private Keuangan Listed category, diselenggarakan oleh Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Bursa Efek Indonesia (IDX), Direktorat Jenderal Pajak, Kementerian BUMN, Komite Nasional Kebijakan Tata Kelola, dan Ikatan Akuntan Indonesia. Danamon juga meraih penghargaan ‘Best Overall’ dalam Corporate Governance pada ajang 6th Corporate Governance Award, yang diselenggarakan The Indonesian Institute for Corporate Directorship (IICD). Danamon juga meraih penghargaan 1st runner up dalam kategori Financial Services untuk Best Sustainability Reporting 2013 dalam ajang Sustainability Reporting Award 2014 yang diselenggarakan oleh The National Center for Sustainability Reporting (NCSR). Dalam ajang internasional, Danamon masuk dalam daftar Forbes Global 2000 edisi tahun 2014, yang merupakan daftar perusahaan terbuka terbesar di dunia versi Majalah Forbes.

Danamon adalah penerbit tunggal kartu Manchester United dengan kartu Debit/ATM dan kartu kredit Manchester United.

PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk (Adira Finance) adalah anak perusahaan Danamon yang bergerak di bidang pembiayaan kendaraan bermotor dan memiliki jaringan kantor cabang yang luas di lebih dari 260 kota di Indonesia. Danamon juga adalah pemegang saham mayoritas PT Asuransi Adira Dinamika (Adira Insurance), suatu perusahaan asuransi umum, dan PT Adira Quantum Multifinance (Adira Kredit), suatu perusahaan pembiayaan perabotan dan alat rumah tangga.

Pada tanggal 31 Maret 2015 saham-saham Danamon sebesar 67,37% dimiliki oleh Asia Financial (Indonesia) Pte. Ltd., 6,82% oleh JPMCB-Franklin Templeton Investment Funds dan 25,81% dimiliki oleh publik.