25/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Cak Transport Akan Tambah Armada 100 Unit Lagi

JpegSurabaya, KabarGress.Com – Cak Transport, taksi roda dua berargometer yang sudah melayani pelanggannya di Surabaya dan sekitarnya sejak 2,5 tahun lalu, berencana menambah armadanya sebanyak 100 unit hingga akhir tahun ini.

“Awal merintis usaha taksi roda dua ini tepatnya pada 1 Nopember 2012, kami hanya bermodal 10 armada. Sekarang kami telah punya 23 armada. Sementara pelanggan sudah mencapai lebih dari 15 ribu sehingga sudah waktunya untuk meningkatkan jumlah armada. Sekaligus meningkatkan sumber daya manusianya yakni para rider khususnya dalam kemampuan teknis berbahasa asing mengingat banyak pelanggan asing. Ada sekitar lebih 15 pelanggan orang asing yang bekerja sebagai dosen, beraktifitas bisnis di Surabaya maupun berwisata di Surabaya,” ungkap pencetus usaha taksi roda dua, Yosephus Widyawan, di Taman Bungkul, Surabaya, Senin (15/6/2015).

“Cak Transport ini sangat efisien terutama mengatasi kepadatan maupun kemacetan arus lalu lintas yang terjadi di sejumah ruas jalan yang seiring waktu akan tambah parah. Dan memang alat transportasi ini seperti ojek, tapi banyak perbedaannya karena menggunakan sistem argo sehingga disebut taksi roda dua,” tambahnya.

JpegSelain berargometer (alat penghitung tarif), Cak Transport dilengkapi fasilitas full branding, helm SNI untuk penumpang, jas hujan untuk penumpang, asuransi kecelakaan untuk penumpang, shower cap (plastik penutup kepala) serta mesin EDC untuk pembayaran elektronik.

Menurut Wawan, demikian biasa disapa, yang membedakan adalah pemesanan bisa melalui telepon sebagaimana taksi pada umumnya. Sekaligus memiliki standar operasional prosedur yang harus melakukan keselamatan dan keamanan penumpang terjamin. Dengan tarif berkisar Rp2.800 per satu kilometer.

“Jadi Cak Transport semua unitnya dibranding sedemikian rupa sehingga terlihat mencolok dari sisi warna dan desain. Dan semua unit adalah milik perusahaan di bawah naungan PT Sahabat Solusi Intermoda. Kemudian SOP kami yang setara dengan SOP taksi roda empat. Bahkan ada beberapa rider kami yang tadinya adalah sopir taksi roda empat,” ujar Wawan bangga.

JpegTerkait pengendara, pihaknya mengedepankan sistem rekrutmen yang ketat sehingga tidak sembarangan orang. Sejauh ini Cak Transport memiliki 25 rider dimana salah satunya perempuan. Pelanggan Cak Transport sendiri 80 persen perempuan.

“Ke depannya juga pasti dikembangkan inovasi terbaru di bidang teknologi informasi dan menggandeng universitas terkemuka di Indonesia untuk selalu mengevaluasi kinerja manajemen. Armada kami dilengkapi dengan GPS Tracker dan saat ini sedang dikembangkan layanan pemesanan via aplikasi di Google Play/Google Store,” katanya.

Armada taksi roda dua Cak Transport sengaja memilih jenis sepeda motor bebek. “Lebih efektif dan efisien. Dan lebih penting lagi ramah lingkungan,” imbuh Wawan.

Ditambahkan, pertumbuhan order Cak Transport rata-rata 20 persen per bulan, pertumbuhan pelanggan baru rata-rata 20 persen per bulan. “Memang 80 persen pelanggan kami adalah kelas ekonomi menengah atas dengan 80 persen berusia 20-55 tahun. Kemudian 80 persen pelanggan memanfaatkan jasa kami sebanyak lebih kurang 7 kali dalam sebulan,” tutupnya. (ro)

Teks foto:

– Yosephus Widyawan (kiri), mengumumkan Cak Transport akan menambah 100 armada taksi roda dua lagi, di Taman Bungkul Surabaya, Senin (15/6/2015).

– Armada Cak Transport yang berargometer siap melayani pelanggan.

– Argometer armada Cak Trasnport Rp2.800 per kilometer.