25/10/2020

Jadikan yang Terdepan

OJK Gelar Pasar Rakyat Syariah

OJK - Aku Cinta Keuangan SyariahSurabaya, KabarGress.com – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional III Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara menggelar kegiatan Jalan Sehat dan Grand Launching Program “Aku Cinta Keuangan Syariah” serta Pasar Rakyat Syariah 2015, bertempat di Lapangan Parkir Grand City Mall Surabaya, Minggu (14/6/2015). “Kita ingin mengenalkan Program Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS) di Surabaya dan sekitarnya, diantaranya dengan mengadakan Pasar Rakyat Syariah,” jelas Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional III Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Sukamto, di sela-sela acara.

Pelaksanaan Pasar Rakyat Syariah itu merupakan bagian dari program Aku Cinta Keuangan Syariah (ACKS) juga merupakan bentuk komitmen OJK dalam mengembangkan industri keuangan syariah terutama melakukan edukasi keuangan syariah kepada masyarakat. “Tujuannya meningkatkan kesetiaan dan kecintaan masyarakat terhadap produk dan lembaga keuangan syariah. OJK juga bermaksud memberitahukan kepada masyarakat bahwa lembaga keuangan syariah bersifat universal. Di samping itu, keuangan syariah juga terbuka bagi seluruh umat beragama, baik untuk bekerja maupun menggunakan jasa lembaga keuangan syariah,” terangnya.

SoekamtoKegiatan akselerasi keuangan syariah dengan menggelar Pasar Rakyat Syariah serentak di enam kota di Indonesia seiring peresmian Kampanye Nasional Keuangan Syariah oleh Presiden Republik Indonesia di Jakarta. Enam kota itu meliputi Surabaya, Medan, Bandung, Semarang, Makassar, dan Jakarta. Pada rangkaian kegiatan Pasar Rakyat Syariah di Surabaya terdiri dari diskusi, pasar rakyat oleh industri, dan nasabah lembaga keuangan syariah. Perhelatan itu dihadiri oleh berbagai pemangku kepentingan seperti jajaran Pemerintah Provinsi Jawa Timur, Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur, dan Ketua Dewan Masjid Indonesia Jawa Timur.

“Ada pula Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah Jawa Timur, Ketua Ikatan DAI Indonesia Jawa Timur, Ketua PWNU Jawa Timur, Ketua PW Muhammadiyah Jawa Timur, serta Ketua Majelis Intelektual dan Ulama Muda Indonesia Jawa Timur,” timpalnya.

Bahkan, sebut dia, ikut hadir Ketua Asosiasi Dewan Pengawas Syariah Indonesia Jawa Timur, Ketua Persatuan Islam Tionghoa Indonesia Jawa Timur, dan Ketua Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia Jawa Timur. Kemudian, Ketua Ikatan Ahli Ekonomi Islam Jawa Timur, Ketua Indonesian Islamic Business Forum Jawa Timur, dan Ketua BAZNAS Jawa Timur.

“Acara yang diawali dengan fun walk itu dimeriahkan 60 stan lembaga keuangan syariah, seperti bank, asuransi, pegadaian, dan pasar modal, serta berbagai produk industri dan UMKM syariah. Kegiatan ini kami selenggarakan secara gratis bagi seluruh masyarakat yang ada di Surabaya dan sekitarnya,” ujarnya.

Untuk anak-anak juga diadakan berbagai lomba guna meramaikan acara ini, diantaranya lomba mewarnai, lomba bakiak, serta lomba menggiring bola dengan terong. Selain itu juga dimeriahkan dengan lantunan lagu-lagu dari orkes serta penampilan standing up comedy, Pulung. (ro)

Teks foto:

– Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional III Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Sukamto, diwawancarai awak media Surabaya.

– Kepala Kantor Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional III Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara, Sukamto, membubuhkan cap jempol “Aku Cinta Keuangan Syariah”.