13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

MOVERS Persembahkan MTREPRENEUR Pertama

Jpeg

Surabaya, KabarGress.com – MOVERS, sebuah komunitas yang berani mengambil keputusan dan tergerak untuk menginspirasi komunitas di sekitarnya, mengadakan program MTREPRENEUR, untuk pertama kalinya tahun ini, bertempat di Graha Family, Jl Lingkar Dalam Barat, Surabaya, Minggu (14/6/2015). “Program ini adalah program yang mencari pencarian wirausahawan dengan ide kreatif dan segar di bidang kuliner, yang akan mendapatkan hadiah mengesankan atas keberanian mereka untuk mengambil keputusan. Program ini kini telah memasuki tahap final dimana para peserta akan langsung mengeksekusi ide-ide bisnis kreatif mereka,” ungkap Geosilano, salah satu penggagas MTREPRENEUR, kepada awak media di Surabaya.

Di tengah riuh pecinta otomotif yang hadir di Summer Car Festival tersebut, tampak berbagai keseruan icip-icip di area kuliner yang penuh diisi dengan puluhan food trucks dan food stalls yang menawarkan rangkaian hidangan kreatif dengan tampilan atraktif pula. Area kuliner yang berbeda ini merupakan hasil kreatifitas para finalis kompetisi kewirausahaan bisnis kuliner bertajuk MTREPRENEUR. “Jadi MTREPRENEUR merupakan sebuah program dan ajang kompetisi yang digagas komunitas MOVERS. Program ini dirancang untuk mengajak dan menantang bakat-bakat pengusaha muda menjadi lebih berani mengambil keputusan untuk mencurahkan ide dan mewujudkan impian mereka dalam membangun bisnis kuliner,” terangnya.

Jpeg

Program MTREPRENEUR ini telah berlangsung selama kurang lebih 2 bulan dengan berbagai tahapan yang dirancang untuk menggali keberanian untuk mengambil keputusan dan tekad mewujudkan impian dari para calon pengusaha muda di Surabaya yang dikemas dalam kegiatan-kegiatan yang inovatif, kreatif dan juga fun. “Saya dan teman-teman MOVERS melihat ada banyak ide kreatif dan ide bisnis di bidang kuliner di kalangan masyarakat Surabaya. Apalagi di tengah maraknya bisnis kuliner food truck di kota besar seperti Jakarta. Kami ingin mendorong potensi ini untuk menjadi kenyataan dengan wadah yang bisa memberikan hasil nyata, sejalan dengan semangat Marlboro untuk menghargai keberanian dalam mengambil keputusan. Kami percaya, program ini mendorong para calon pengusaha-pengusaha muda ini untuk berkreasi dan lebih berani mengambil keputusan, tidak hanya mempresentasikan idenya, tetapi juga mengambil tindakan untuk mewujudkan dan menjalankan ide bisnisnya tersebut. Tidak hanya itu, ini merupakan acara kewirausahaan pertama di Surabaya yang menghadiahkan food truck kepada pemenangnya,” tukasnya.

Dijelaskan lebih jauh, MTREPRENEUR pertama diluncurkan pada 1 Mei 2015 dengan mengundang masyarakat untuk berpartisipasi dalam kompetisi ini dengan mengirimkan video singkat berdurasi 30 detik hingga 3 menit. Di dalam video ini, para peserta akan menceritakan ide-ide bisnis yang akan direalisasikan dengan bantuan Food Truck, yang dihadiahkan bagi satu tim pemenang. Merekapun harus meyakinkan para juri mengapa ide mereka itu berbeda dan bagaimana mereka akan menjalankan bisnis tersebut. Program ini terbuka untuk tim yang terdiri dari 1 hingga 3 orang.

JpegVideo peserta tersebut lalu diseleksi untuk mendapatkan 50 tim yang menjalani simulasi bisnis online. Dari poin yang dikumpulkan dalam simulasi bisnis tersebut terpilih 24 finalis terbaik yang berhak mempresentasikan ide bisnis dan rencana kerja mereka di hadapan dewan juri. Untuk proses penjurian ini, MTREPRENEUR menggandeng sederet juri yang tidak hanya mampu memberikan penilaian namun juga menjadi pembimbing dengan keahlian mereka di bidang wirausaha dan kuliner yakni Alex Kowalski yang merupakan penggagas program wirausaha komunitas kreatif Sunday Market Surabaya dan Chef Ken yang merupakan salah satu finalis Masterchef Indonesia asal Surabaya.

Dengan bimbingan para juri tersebut, ke-24 finalis melakukan persiapan untuk penjurian tahap akhir. Masing-masing tim mewujudkan ide mereka dan tampil menjajakan hasil karya mereka di hadapan para pengunjung Summer Car Festival. Di sini mereka bisa melihat langsung sambutan pengunjung atau mendapatkan masukan mengenai makanan maupun layanan yang mereka sajikan. Keberhasilan mereka dalam menjajakan hasil karya mereka inipun akan menjadi bagian dari penilaian akhir untuk menentukan pemenang yang berhak mendapatkan hadiah food truck dan mewujudkan bisnis impian mereka.

“Saya senang sekali bisa terlibat dalam seperti MTREPRENEUR ini karena saya memang melihat di Surabaya perlu ada ajang yang bisa menjadi wadah untuk mencurahkan berbagai ide kreatif, juga ajang untuk berbagi ide dan pengalaman untuk menelurkan karya-karya baru. Saya berharap MTREPRENEUR dapat mengakselerasi pertumbuhan karya kreatif dengan mendorong para pemilik ide untuk lebih berani mengambil keputusan dan make a move untuk mewujudkan impiannya,” kata Alex Kowalski.

Sementara itu, Chef Ken, mengaku senang juga sekaligus bangga dengan apa yang berhasil ditampilkan para peserta finalis. “Mereka telah berani mewujudkan idenya dalam waktu yang cukup singkat. Saya juga sangat senang banyak yang berani berpartisipasi dalam ajang kali ini, mewujudkan sesuatu yang berawal dari penyaluran hobi positif menjadi usaha yang membuahkan hasil,” tandas Chef Ken. (ro)

Teks foto:

– Ramainya pengunjung di acara program MTREPRENEUR, untuk pertama kalinya tahun ini, bertempat di Graha Family, Jl Lingkar Dalam Barat, Surabaya, Minggu (14/6/2015).

– Suasana konferensi pers di sela-sela acara program MTREPRENEUR.