28/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Peringati Bulan Bung Karno, DPC PDIP Gelar Jalan Sehat

Budi LeksonoSurabaya, KabarGress.Com – DPC PDIP Surabaya akan menggelar jalan sehat dalam rangka memperingati Juni Bulan Bung Karno, Minggu (14/6/015). Ketua Panitia Jalan Sehat Juni Bulan Bung Karno, Budi Leksono mengatakan, kegiatan Jalan Sehat tersebut diperkirakan akan diikuti  ribuan orang, terdiri dari  pengurus partai, kader dan masyarakat. “Target kami sekitar 5.000 hingga 10.000 orang yang mengikuti, semoga masyarakat antusias acara ini,” jelasnya.

Anggota Komisi A DPRD Surabaya ini menjelaskan, selain Hari Lahirnya Pancasila, Juni Bulan Bung Karno sebagai bentuk peringatan Hari Lahir dan wafatnya  Presiden RI pertama, Soekarno. Kegiatan itu menurutnya rutin digelar setiap tahun. “Juni Bulan Bung Karno ini, lahirnya Pancasila 1 Juni, kemudian Lahirnya Bung Karno 6 Juni dan wafatnya 21 Juni,” tuturnya.

Ia mengungkapkan, peringatan Juni Bulan Bung Karno tahun ini mengusung tema Bung Karno Bapak Bangsa. Kegiatan ini bertujuan untuk  menanamkan nilai-nilai nasionalisme dalam kehidupan berbangsa dan bermasyarakat , seperti yang telah diaktualisasikan oleh Bung Karno. “Tujuannya untuk menggelorakan nilai-nilai nasionalisme dan kebangsaan,” papar Bendahara DPC PDIP Surabaya.

Budi Leksono menuturkan, sebagai generasi penerus bangsa, semua elemen masyarakiat  diharapkan meneruskan perjuangan yang telah dirintis Bung Karno. “Sebagai kader dan warga masyarakat, kita juga diharapkan berusaha dan berjuang serta selalu mengingat motto perjuangan Bung Karno,” tegasnya.

Dengan menjadikan  Bung Karno sebagai Bapak Bangsa, pihaknya berharap ketokohan Bung Karno tersebut tidak saja diakui  dalam skala nasional namun juga internasional. “Bung Karno Bapak Bangsa, dengan harapan diakui bukan saja di tingkat nasional, melainkan juga internasional,” katanya.

Budi menambahkan, dalam kegiatan Jalan Sehat Juni Bulan Bung Karno nantinya, para peserta tidak diwajibkan mengenakan atribut warna merah. Peserta yang mengikuti kegiatan bisa memakai pakaian warna apapun. “Pakaian bebas, bisa merah Hitam dan sebagainya,” paparnya.

Rute Jalan Sehat, dimulai dari Taman Bungkul kemudian melintasi Jalan Raya Darmo, memutar di Patung Kerapan Sapi, mengarah ke Jalan urip Sumoharjo dan kembali ke Taman bungkul. “Rutenya gak jauh, dari Taman Bungkul kemudian memutar di Patung Kerapan Sapi,” terang Budi.

Ia menegaskan, untuk mengantisipasi kerusakan taman di sekitar kawasan Bungkul seperti yang pernah terjadi di saat pembagian Es Krim gratis oleh sebuah perusahaan beberapa waktu lalu, pihaknya menyiagakan sejumlah satgas. “Biar tamannya aman, kita saling jaga. Kita kerahkan satgas dari PAC,” katanya.

Budi Leksono mengungkapkan,selain Jalan Sehat yang menyediakan sejumlah hadiah sepeda motor, berbagai hiburan juga disiapkan sebagai bentuk Peringatan Juni Buan Bung Karno. Peringatan Juni Bulan Bung Karno akan di buka oleh fungsionari DPP PDIP dan dihadiri Walikota Surabaya Tri Rismaharini serta Wakil Walikota sekaligus Ketua DPC PDIP Surabaya Wisnu Sakti Buana.

“Siapa yang buka Sekjen atau siapa yang jelas dari DPP. Dan di acara itu, Bu Risma juga diundang,” katanya. (tur)\

Teks foto: Ketua Panitia Jalan Sehat Juni Bulan Bung Karno, Budi Leksono.