28/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Standard Chartered Bank Indonesia Dukung Program Pemerintah Berikan Edukasi HIV/AIDS bagi Ibu Rumah Tangga di Wilayah Pesisir Jakarta

Standard Chartered Bank - Pencegahan HIV dan AIDSJakarta, KabarGress.com – Sebanyak 100 orang perempuan di wilayah pesisir Jakarta Utara mendapat penyuluhan HIV/AIDS yang difasilitasi oleh Standard Chartered Bank Indonesia. Kegiatan yang bertajuk “Bagaimana Saya Melindungi Diri Sendiri dan Keluarga dari HIV/AIDS” ini bekerjasama dengan Yayasan Jakarta Plus Center. Acara ini merupakan program “Living with HIV (LwHIV) yang dimiliki oleh Standard Chartered Bank untuk meningkatkan pengetahuan tentang penyebaran virus dan penghapusan stigma HIV/AIDS.

Penyebaran epidemi HIV dan AIDS di Indonesia telah mengalami peningkatan yang signifikan, hal ini dapat dilihat dari bertambahnya kasus dari tahun ke tahun. Hubungan seks tanpa pengaman merupakan cara penularan HIV yang paling tinggi di Indonesia, selain dari penularan melalui penggunaan jarum suntik yang bergantian pada kasus narkoba, tato dan tindik. Saat ini diperkirakan terdapat 4,2 juta laki-laki yang memiliki resiko tinggi terkena HIV/AIDS di Indonesia.

Melihat hal ini, maka dibutuhkan program yang cukup komprehensif untuk mengendalikan penularan HIV. Wilayah pesisir Jakarta Utara menjadi salah satu titik kegiatan dalam program sosialisasi HIV/ AIDS yang dilakukan Standard Chartered Bank Indonesia untuk melakukan penyuluhan/sosialisasi sebagai langkah awal memberikan edukasi tentang HIV/AIDS pada masyarakat, khususnya pada ibu rumah tangga.

CEO Standard Chartered Bank Indonesia, Shee Tse Koon mengatakan “Kami menyadari betapa pentingnya untuk memperluas edukasi HIV/AIDS di Indonesia. Mengacu kepada kenaikan penularan infeksi HIV setiap tahunnya dan ketidaktersediaan vaksin untuk pencegahan, maka edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana cara pencegahan terjangkitnya virus HIV atau penularannya jika orang tersebut menderita positif HIV merupakan salah satu cara untuk pencegahan HIV. Standard Chartered Bank selalu berusaha memberikan sebuah kontribusi nyata untuk edukasi masyarakat luas terhadap HIV/AIDS, termasuk di Indonesia.”

Sejak tahun 2003, secara global Standard Chartered Bank menunjukkan keseriusannya terhadap program komunitas LwHIV/AIDS. Edukasi dilakukan kepada internal maupun eksternal, menggunakan media online ataupun penyuluhan secara langsung kepada masyarakat. Pada tahun 2014, Standard Chartered Bank mengumumkan kerjasamanya dengan MTV Staying Alive, sebuah organisasi internasional untuk mengkampanyekan HIV/AIDS di wilayah Asia – Afrika termasuk Indonesia. (ro)