15/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Konser Musik Klasik Ensemble Trielen (Prancis) di Surabaya

Surabaya, KabarGress.com – Warga Surabaya masih dapat menikmati sajian festival “Printemps Français “ (baca : prangtang frangsé) atau “Musim Semi Prancis“ 2015 yang diselenggarakan oleh Institut Français Indonesia (IFI) di Surabaya, hingga 16 Juni mendatang.

Penanggungjawab Budaya & Komunikasi IFI SURABAYA, Pramenda Krishna A., lewat siaran persnya baru-baru ini, mengungkapkan setelah beragam acara seni budaya sejak 16 Mei lalu, segera dapat kita saksikan konser musik klasik, pertunjukan teater boneka-wayang dan menutup festival, sebuah pertunjukan tari hip hop kontemporer.

Konser musik klasik yang akan ditampilkan kali ini adalah persembahan kelompok musisi alat tiup, Ensamble Trielen (baca: angsamble trielen). Ensambel Trielen adalah trio alat musik tiup (klarinet, obo dan basson) yang mendapatkan tempat yang istimewa di panggung musik ensambel. Untuk tur di sejumlah kota di Indonesia, dalam rangka festival Printemps Français sekaligus peluncuran album terbaru mereka, trio ini mempersembahkan karya-karya abad ke-20 dari Henri Tomasi, Jacques Ibert, Darius Milhaud, Alexandre Tansman dan Georges Auric.

Para komposer berbakat ini termasuk generasi musisi independen yang abai norma. Tak mengindahkan warisan musik abad ke-19, serta datang dari lingkungan yang berbeda, mereka menguasai seni musik yang tidak bertele-tele. Beberapa karya yang akan dimainkan memang diciptakan untuk mereka, yang dimainkan dengan piawai.

Pertunjukan mereka di Surabaya dapat disaksikan atas kerjasama IFI Surabaya dan Sheraton Surabaya Hotel & Towers. Acara akan berlangsung pada Selasa, 9 Juni 2015, pukul 19.00 di Sheraton Grand Ballroom, Sheraton Surabaya Hotel & Towers, Jl. Embong Malang 25 – 31 Surabaya. Konser terbuka untuk umum dan tidak dipungut biaya. Publik yang ingin menyaksikan dipersilakan langsung datang lebih awal sebelum konser dimulai.

Kaya akan bekal musikal zaman barok, trio ini menyuguhkan repertoar musik dari berbagai gaya dan era. (ro)