13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Peringati Hari LH se Dunia, Coca Cola Amatil Bersihkan Sampah Pamurbaya

Peringati Hari LH se Dunia, Coca Cola Amatil Bersihkan Sampah PamurbayaSurabaya, KabarGress.com – Peringati Hari Lingkungan Hidup (LH) se Dunia, 5 Juni 2015, PT Coca Cola Amatil (CCA) Indonesia menggelar aksi bersih-bersih sampah kawasan pesisir Surabaya.
Aksi kali ini dilakukan CCA Indonesia bersama Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan (KJPL) Indonesia dengan memungut sampah di muara Sungai Wonorejo, Rungkut, Jumat 5 Juni 2015.
Dalam kegiatan itu, juga diikuti beberapa elemen organisasi masyarakat, mahasiswa dan aktivis lingkungan hidup di Surabaya, diantaranya Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Surabaya, Badan Lingkungan Hidup Pemkot Surabaya dan Mahasiswa dari FISIP Unair.
Coca Cola memberikan bantuan tempat sampah dalam rangka memperingati hari Lingkungan Hidup se Dunia 2015Fatimah Zahra Corporate Affairs CCA Indonesia Jawa Timur mengatakan, perusahaannya sengaja memilih kawasan pesisir Surabaya untuk dibersihkan sampah mangrovenya, karena kondisi sampahnya semakin hari terus meningkat, khususnya sampah dari laut yang tersangkut di akar-akar mangrove.
“Kalau kondisi itu terus dibiarkan, maka akan mengancam kehidupan mangrove dan ekosistem lainnya,” ujar Zahra.
Selain melakukan aksi bersih-bersih sampah mangrove, dalam kegiatan itu, PT CCA Indonesia juga memberikan bantuan lima unit bak sampah untuk Kelompok Tani Tambak Truno Djoyo yang sehari-hari beraktifitas di sekitar kawasan Pesisir Pantai Timur Surabaya.
“Kami berharap dengan bantuan itu, bisa membiasakan semua orang yang datang ke Pamurbaya tidak sembarangan membuang sampah, sehingga tidak mengganggu lingkungan sekitanya,” tegas Zahra.
Sementara Teguh Ardi Srianto Ketua Komunitas Jurnalis Peduli Lingkungan – KJPL Indonesia mengatakan, aksi yang digelar PT CCA Indonesia itu, diharapkan bisa jadi contoh perusahaan-perusahaan lain dalam menyalurkan kepedulian sosial lingkungannya secara langsung dan nyata.
“Kegiatan seperti ini, harusnya jadi contoh perusahaan lain yang mengaku peduli lingkungan, jadi bukan hanya tagline dalam produknya tapi juga ada bukti nyata di lapangan dengan beraksi nyata,” kata Teguh.
Aktivis lingkungan yang juga jurnalis ini mengatakan, dengan aksi-aksi serupa, diharapkan kepedulian pada lingkungan dari masyarakat di Surabaya semakin hari semakin meningkat di semua golongan. [KJPL]