13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

UK Petra Meriahkan Ulang Tahun Surabaya melalui Surabaya Memory 2015

Surabaya, KabarGress.com – Kota Surabaya berbahagia! Tepatnya 31 Mei, kota Pahlawan merayakan hari jadinya ke-722. Semua warga kota ikut gembira menyambutnya, ada banyak acara digelar untuk memperingatinya. Tak ketinggalan juga, Perpustakaan UK Petra menggelar Surabaya Memory selama lima hari berturut-turut mulai.

Apakah Surabaya Memory? Surabaya Memory merupakan sebuah inisiatif yang didedikasikan bagi perekaman dan pelestarian pusaka (heritage) kota Surabaya. Beragam acara di gelar mulai dari pameran, aneka lomba, diskusi buku, baca puisi hingga workshop. Mengambil tema Surabaya Berkarya kali ini, Surabaya Memory 2015 ingin mengajak masyarakat Surabaya aktif menghasilkan sesuatu bagi Surabaya secara positif. “Acara yang di gelar sejak tahun 2001 ini, ingin menumbuhkan kepedulian masyarakat akan pelestarian pusaka Surabaya dengan aktif berkarya bagi kehidupan masyarakat Surabaya dari berbagai aspek lokal (fashion, kuliner, kesenian, bahasa, permainan dan wisata) mulai dari anak-anak hingga tua”, urai Dian Wulandari, S.IIP selaku ketua acara Surabaya Memory 2015.

Selama lima hari mulai tanggal 27 – 31 Mei 2015 mulai pukul 10.00 WIB di Ciputra World (depan Hypermart) akan menampilkan pameran all about Surabaya, mulai dari foto Surabaya Tempo dulu hingga karya baik dosen maupun mahasiswa UK Petra. Hari pertama (Rabu), 27 Mei 2015 tak ketinggalan penampilan beragam kesenian khas Surabaya berupa tarian, lagu dan ludruk akan ditampilkan pada saat pembukaan acara mulai pukul 18.30 WIB. Yang tak kalah menariknya di hari pertama tersebut, juga akan digelar Workshop Alat Peraga Edukatif (APE) dengan target pesertanya para bunda Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB. Keesokan harinya, Kamis (28/5) bagi para siswa SMA dan mahasiswa juga akan digelar lomba berkelompok desain kaos “Aku Cinta Surabaya” mulai pukul 13.00 – 16.00 WIB.

Tak hanya itu saja, akan ada penampilan Puisi dari para komunitas Puisi Menolak korupsi (PMK) mulai pukul 18.30 – 22.00 WIB. Hari ketiga (29/5) Surabaya Memory akan dimeriahkan dengan diskusi buku “Surabaya Punya Cerita” oleh Dhahana Adi (penulis) sekaligus sharing dari penulis Cilik (IWEK) pada pukul 18.00 – 20.00 WIB. Di lain lokasi pada hari yang sama, Workshop Mendongeng pada para Bunda PAUD mulai pukul 14.00 WIB. Bagi para pecinta Batik, jangan kuatir pada hari keempat (30/5) juga akan ada workshop membatik dengan perpaduan batik Indonesia dan Shibori dari Jepang sekaligus fashion show oleh Embran Nawawi pada pukul 13.00 – 15.00 WIB.

Uniknya, juga akan ada workshop menggambar dengan teknik benang ruwet (Scrabble) oleh dosen Program Studi Desain Interior UK Petra, Rachmad Priyandoko mulai pukul 18.00 – 21.00 WIB. Hari terakhir (31/5) terdapat acara Jula Juli, Permainan angklung dari TK Taman Harapan, Tari Anak, Tari “Rek Ayo Rek”, Pantonim, Performance pemenang lomba puisi dan Perfomance lagu pukul 18.00 WIB. (ro)