02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Wali Kota “Bakar Semangat” Kontingen Porprov Surabaya

Pelepasan kontingen Porprov 2015Surabaya, KabarGress.Com – Status sebagai juara umum Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Timur dalam empat penyelenggaraan sebelumnya, diharapkan tidak membuat atlet-atlet Kota Surabaya jumawa. Sebaliknya, kontingen Surabaya harus memiliki semangat lebih untuk mengejar prestasi lebih baik lagi di Porprov Jatim V yang akan digelar Jui 2015 di Banyuwangi.

Harapan tersebut disampaikan Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, upacara pelepasan kontingen Porprov V Tahun 2015 di halaman Taman Surya, Minggu (24/5/2015) pagi. Selain atlet-atlet Surabaya, ikut hadir dalam acara tersebut, Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kota Surabaya, M Afghani Wardhana dan Ketua KONI Kota Surabaya, Yusuf Husni.

“Saya ucapkan selamat bertanding. Ayo raih prestasi setinggi mungkin, jangan cepat puas. Kalau sudah bisa juara di tingkat provinsi, harus bisa kejar rekor nasional. Kalau nanti dipanggil mewakili negara (tingkat nasional), harus siap” tegas wali kota.

Dalam kesempatan tersebut, wali kota perempuan pertama dalam sejarah Pemerintah Kota Surabaya ini juga mengingatkan pentingnya berprestasi di lapangan tetapi tidak melupakan kewajiban sebagai pelajar. Bahwa, seorang atlet tidak hanya sebatas berprestasi di melalui olaharaga yang ditekuninya, tetapi juga di jalur lain.

“Saya dulu juga jadi atlet. Meski jadi atlet, sekolah tidak boleh keteteran,” sambung wali kota yang semasa bersekolah di SMAN 5 Surabaya, pernah menjadi atlet atletik Kota Surabaya.

Sementara Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Kota Surabaya, M Afgani Wardhana mengatakan, merujuk pada optimistisme dan kesiapan atlet-atlet Surabaya di acara tersebut, dirinya meyakini, kontingen Kota Surabaya akan mampu mempertahankan gelar juara umum Porprov IV yang diraih di Madiun pada 2013 silam. Namun, ia berharap, kontingen Surabaya tidak sekadar puas menjadi juara umum, tetapi juga bisa menambah perolehan medali dibanding perolehan medali di Porprov 2013 lalu.

“Kami optimistis, atlet-atlet Surabaya akan kembali menjadi juara umum di Porprov 2015. Tidak hanya mempertahankan gelar, kami juga berharap prestasi semakin meningkat dengan tolok ukurnya ada penambahan medali yang diraih,”tegas mantan Sekwan DPRD Surabaya ini.

Afghani menyebut, di Porprov V yang akan digelar di Banyuwangi, kontingen Surabaya akan berkekuatan 678 atlet. Mereka akan bertanding di 34 cabang olahraga (Cabor) yang di pertandingkan.

Pada Porprov IV yang digelar pada 22-29 Juni 2013 di Kabupaten Madiun, Kontingen Surabaya berhasil meraih 105 medali emas, 99 medali perak, 76 medali perunggu dengan total 694 poin sehingga berhasil menjadi juara umum dalam event dua tahunan itu. Gelar itu memperpanjang dominasi kontingen Surabaya dalam Porprov yang selalu menjadi juara umum.

Ketua KONI Surabaya, Yusuf Husni menambahkan, mendengar apa yang diutarakan para pengurus Cabor, KONI Surabaya berkeyakinan akan kontingen Surabaya akan kembali jadi Juara Umum. Apalagi dalam Porprov V mendatang akan ada penambahan Cabor.

Beberapa Cabor yang jadi andalan kontingen Surabaya diantaranya judo yang menyumbangkan 12 emas 13 perak 5 perunggu pada Proprov IV lalu. Juga gulat (11 emas, 6 perak, 4 perunggu), Kempo (9 emas, 2 perak, 2 perunggu), Selam (8 emas, 14 perak, 5 perunggu), Panahan (7 emas, 10 perak, 10 perunggu), Pencak silat (7 emas, 5 perak), Senam (7 emas, 1 perak, 3 perunggu). Kemudian bulu tangkis (6 emas, 4 perak, 2 perunggu), Karate (5 emas, 4 perak, 2 perunggu), Wushu (5 emas, 4 perak, 1 perunggu), Panjat tebing (5 emas, 2 perak, 3 perunggu), serta catur (4 emas dan 1 perak). (tur)