04/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Ribuan Warga Kutisari lkuti Jalan Sehat dan Sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan

Jalan sehat bersama BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut dan Surabaya Darmo 1Surabaya, KabarGress.com – Pada Minggu (24/5/2015) pagi, wilayah Kelurahan Kutisari, Kecamatan Trenggilis Mejoyo, Surabaya, nampak semarak. Ribuan penduduk kelurahan ini dengan semangat mengikuti jalan sehat dan sosialisasi yang diselenggarakan Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut dan BPJS Cabang Surabaya Darmo bekerjasama dengan Kelurahan Kutisari.

Tampak hadir dalam acara bertema “BPJS Ketenagakerjaan Blusuk’an Bersama Kelurahan Kutisari Dalam Rangka HUT Surabaya Ke 722″ itu, diantaranya Camat Trenggilis Mejoyo, Drs. Chairul Anwar, M.Si, Kepala Kantor Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Jatim, Enda Ilyas Lubis, Lurah Kutisari, Sri Sukariati, SH, Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut, Ikhwan Jales dan Kepala BPJS Cabang Surabaya Darmo, Dani Santoso. Mereka, dengan dikomandani Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jatim, Enda Ilyas Lubis, bersama-sama memberangkatkan ribuan peserta jalan sehat berhadiah utama Honda Vario itu.

Lurah Kutisari, Sri Sukariati SH, mengaku senang atas terselenggaranya acara ini. “Sebanyak 25.000 lembar kupon jalan sehat yang disiapkan hanya sisa sekitar 5.000 lembar,” ujarnya di sela-sela cara. Selain diikuti ribuan warga, yang membuat Sri senang, acara ini juga disertai sosialisasi BPJS Ketegakerjaan, yang menurutnya sangat penting dipahami warga. “Sosialisasi ini penting, karena selama ini warga tahunya hanya BPJS Kesehatan,” katanya.

Jalan sehat bersama BPJS Ketenagakerjaan Surabaya Rungkut dan Surabaya Darmo 2Lebih dari itu, lurah perempuan ini juga berharap seluruh warganya yang sudah bekerja mau mendaftar sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan. “Ini penting dan harus diikuti semua pekerja,” sambungnya.

Ia katakan, untuk langkah awal seminggu ke depan ia membuka layanan pendaftaran kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan di kantor kelurahan. Selain itu ia akan melakukan pendekatan ke para Ketua RT dan Ketua RW agar segera daftar ke BPJS Ketenagakerjaan, dimana pembayaran preminya akan diambilkan dari honor jabatan mereka. Disebutkan, ada 6 RW, 44 RT, dan 1 LKMK di kelurahan ini. Mereka juga akan diminta untuk mensolisasikan hal ini ke setiap warga yang butuh surat keterangan.

Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Surabaya Rungkut, Ikhwan Jales, juga mengaku senang atas sambutan warga Kutisari yang sedemikian besar dalam mengikuti sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan ini. “Harapan kami setelah mereka mengetahui keberadaan dan program-program BPJS Ketenagakerjaan, mereka segara daftar jadi peserta,” kata Ikhwan.

Jpeg

Menurut Ikhwan, keinginan warga untuk menjadi peserta BPJS Ketenagakerjaan sebenarnya cukup tinggi, terbukti lebih dari 200 orang yang mendaftarkan diri pada saat kegiatan ini berlangsung. Namun demikian, lanjutnya, potensi kepesertaan masih cukup besar. “Kita masih perlu sosialisasi lagi,” tambahnya.

Sementara itu Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Darmo, Dani Santoso, mengatakan sosialisasi di Kutisari ini palimg banyak diikuti masyarakat sepanjang pihaknya melakukan blusukan ke kampung-kampung. “Saya optimis kemeriahan sosialisasi ini akan diikuti penambahan kepesertaan baru. Kalau hari ini yang daftar di tempat ini baru sekitar 200 orang lebih, bisa jadi besok atau lusa mereka akan daftar di kantor BPJS Ketenagakerjaan,” kata Dani. Menurutnya, perlindungan sosial bagi para pekerja ini merupakan kebutuhan. (ro)

Teks foto:

– Kepala Kantor BPJS Ketenagakerjaan Wilayah Jatim, Enda Ilyas Lubis, saat memberangkatkan ribuan peserta jalan sehat di Kutisari, Minggu (24/5/2015) pagi.

– Ribuan warga Kelurahan Kutisari tampak antusias mengikuti acara jalan sehat dan sosialisasi BPJS Ketenagakerjaan.

– Lurah Kutisari, Lurah Kutisari, Sri Sukariati, SH (paling tengah berjilbab), tampak bangga dengan antusiasme warganya mengikuti kegiatan jalan sehat yang rutin digelar setiap tahunnya.