05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Kulit Pisang dalam Pereda Nyeri dan Robot Pendulum Terbalik

Kulit Pisang dalam Pereda Nyeri dan Robot Pendulum TerbalikSurabaya, KabarGress.com – Olahraga identik dengan resiko keseleo dan nyeri otot, terutama jika lama tidak berolahraga dan kembali berolahraga. Salah satu obat yang mampu mengurangi rasa nyeri saat keseleo dan nyeri otot adalah ibuprofen. Namun, bagaimana jadinya jika bahan pengikat zat aktif Ibuprofen menggunakan limbah kulit pisang? Hal ini yang menjadi dasar penelitian Jefri Prasetyo mahasiswa Fakultas Farmasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (FF UKWMS) dengan judul skripsi “Optimasi Tablet Ibuprofen Menggunakan Amilum Kulit Pisang Sebagai Pengikat, Crospovidone Sebagai Penghancur dan Magnesium Stearat Sebagai Pelumas”.

Karya ilmiah unggulan lainnya adalah Robot Pendulum Terbalik dengan Pengendali Remote Nirkabel. Robot adalah sebuah alat mekanik yang difungsikan untuk membantu kebutuhan manusia. Robot perlu diberikan suatu perintah khusus sehingga dapat bekerja sesuai keinginan manusia. Cara kerja robot ada beragam jenis bergantung pada tujuan penciptaannya. Adalah Calvin Prasetya Limantara, Wisudawan Berprestasi Akademik Terbaik dari Jurusan Teknik Elektro Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya (UKWMS) yang berhasil menciptakan Robot Pendulum Terbalik dengan tujuan awal membantu penyandang disabilitas membagikan brosur secara otomatis. Dalam perkembangannya, robot pendulum terbalik bisa juga dipergunakan untuk keperluan seperti pengawas pabrik atau rumah sakit yang cara kerjanya mirip pesawat tanpa awak atau drone.

Selain dua karya ilmiah di atas, masih ada 20 karya ilmiah lain dari Wisudawan dengan predikat Mahasiswa Prestasi Akademik Terbaik dan Mahasiswa Aktif Berprestasi Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Periode I Tahun 2015. Karya-karya tersebut antara lain Tabir Surya dari Tomat Lokal, Teh Antioksidan dari Daun Beluntas yang berkhasiat untuk membantu penyembuhan penyakit degeneratif seperti kanker dan diabetes mellitus, Belajar Fisika Lewat Ular Tangga yang merupakan alat permainan sekaligus pembelajaran karya mahasiswi jurusan Fisika , Pisang Tanduk Minimalisir Lemak Jahat yang dapat diterapkan pada cemilan kue kering dan masih banyak lainnya.

Pada upacara wisuda akan dikukuhkan 530 Wisudawan. Terdiri dari Strata Tiga (S3) 3 Wisudawan, Srata Dua (S2) 21 Wisudawan, Strata Satu (S1) 500 Wisudawan, Diploma Tiga (D3) 6 Wisudawan. Upacara Wisuda ini juga akan memberikan penghargaan kepada Mahasiswa Berprestasi Akademik Terbaik sebanyak 14 Wisudawan dan Mahasiswa dengan predikat Aktif Berprestasi sebanyak 8 Wisudawan. (ro)