Perluas Manfaat untuk Publik, XL Luncurkan Modul E-Learn XL Future Leaders

E-learn XLJakarta, KabarGress.Com – Melihat kondisi semakin besar antuasiasme dan luasnya permintaan kalangan mahasiswa dan masyarakat untuk bisa mendapatkan manfaat Program XL Future Leaders (XLFL), untuk mengakomodasi minat yang tinggi tersebut, PT XL Axiata Tbk (XL) meluncurkan modul XL Future Leaders dalam versi digital “E-Learn XL Future Leaders” dari program pendidikan kepemimpinan ini. Dengan demikian, semakin terbuka bagi siapa saja untuk bisa mendapatkan manfaat dari XLFL. Peluncuran berlangsung di Bandung, Rabu (20/5), berbarengan dengan sosialisasi XL Future Leaders di Institut Teknologi Bandung.

President Director & CEO XL, Dian Siswarini mengatakan, “Kami tidak ingin membatasi mahasiswa yang ingin mengikuti program ini. Kami sadar, Indonesia punya anak-anak muda potensial yang bisa menjadi pemimpin global di masa mendatang. Karena itu, sebagai solusinya kami meluncurkan modul XL Future Leaders dalam versi digital ini, dengan kurikulum yang sama dan modul yang disesuaikan untuk pembelajaran mandiri, dan dapat diikuti oleh siapa saja, di mana saja, kapan saja, secara mudah melalui internet.”

Dian menambahkan, XL Future Leaders versi E-Learn ini terbuka bagi siapa saja dengan cara login di website elearn.xlfutureleaders.com dan tidak ada proses seleksi. Selanjutnya, karena juga terselenggara secara online di internet, maka implementasinya juga secara self learning atau belajar secara mandiri melalui modul yang dapat diunduh di website resmi program ini, yaitu elearn.xlfutureleaders.com. Setelah masuk, calon peserta akan mendapatkan pesan melalui email untuk aktivasi kepesertaannya di program E-Learn XLFL ini. Peserta kemudian bisa memulai belajar melalui modul yang tersedia.

Total ada delapan modul, yaitu berupa tutorial seputar pengenalan dan pengembangan potensi diri, pentingnya bekerja dalam kelompok kerja, berpikir secara kritis, komunikasi yang efektif, berbagai jenis kewirausahaan, serta cara mengeksekusi ide-ide. Peserta boleh menyelesaikan seluruh modul tersebut dalam waktu yang tidak ditentukan secara khusus. Namun, untuk 100 peserta yang mampu menyelesaikan semua modul dalam waktu dua bulan setelah diluncurkan, yang sesuai dengan standar penilaian akan mendapatkan kesempatan mengikuti eksklusif workshop di Jakarta.

Pada workshop yang dimaksud, 100 peserta bersama peserta program XLFL regular, akan mendapatkan pembekalan untuk merancang suatu proyek kerja kelompok, yang memang menjadi bagian dari program XLFL. Proyek-proyek tersebut bisa berupa rencana bisnis atau proyek sosial. Satu tim juri dari XL akan melakukan penilaian. XL akan memfasilitasi proyek terbaik untuk bisa dikembangkan lebih lanjut.

 

Sosialisasi XL Future Leaders dan BOD Challenge

Sementara itu, di Institut Teknologi Bandung, XL kembali melangsungkan sosialisasi program “XL Future Leaders” dan BOD Challenge. Untuk tahun ini, XL menyediakan 150 kursi bagi mahasiswa yang lolos seleksi. Mulai tahun ini juga, XL akan mengalokasikan  20% kursi bagi mahasiswa putra daerah asal Kawasan Timur Indonesia (KTI). Penerapan kuota ini sesuai dengan arahan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Moh Nasir, untuk program ini agar bisa lebih luas menjaring calon pemimpin global masa depan.

XL Future Leaders merupakan program pendidikan berbasis digital yang dirancang secara khusus oleh XL untuk memajukan para pemuda Indonesia agar bisa memiliki kompetensi dasar sebagai pemimpin tingkat global. Program ini berupa pelatihan terpadu yang berfokus pada tiga area kompetensi yang dibutuhkan pemimpin di masa depan agar mampu bersaing secara global. Ketiga area kompetensi tersebut adalah mampu melakukan komunikasi secara efektif, mampu mengasah jiwa kewirausahaan dan inovasi, serta mampu mengelola perubahan.

Sosialisasi program telah XL selenggarakan di 16 kampus dari total 17 perguruan tinggi negeri dan swasta di berbagai provinsi. Sosialisasi juga akan XL lakukan di KTI. Pendaftaran akan dibuka hingga 30 Mei 2015, secara online melalui join.xlfutureleaders.com. Syarat administrasi mengikuti program ini adalah berstatus mahasiswa, IPK minimal 2.8, dan berusia 18-21 tahun. Sementara itu, seleksi yang harus ditempuh antara lain meliputi tes kemampuan Berbahasa Inggris, focus group discussion, serta beberapa interview. Pengumuman hasil seleksi pada Oktober 2015. Semua calon peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan memulai masa belajar pada November 2015.

Sementara itu pada program BOD Challenge, XL mengajak para mahasiswa untuk secara berani mengikuti tantangan menjadi pendamping para Direktur XL selama sepekan. Ini adalah penyelenggaraan tahun kedua untuk program ini. Pendaftaran ditutup pada 30 Juni 2015. Seleksi yang diterapkan untuk tantangan ini juga melibatkan para pejabat perusahaan di tingkat atas manajemen XL.

Hingga saat ini program XL Future Leaders sudah meluluskan lebih dari 100 peserta. Hampir semua peserta angkatan pertama sudah lulus kuliah tingkat sarjana dan sudah mulai meniti karir di berbagai bidang, tersebar di berbagai daerah. XL akan terus menyelenggarakan program-program pendirikan ini secara berkesinambungan agar semakin luas masyarakat yang akan mendapatkan manfaat positifnya, termasuk agar bisa ikut mendukung visi pemerintah dan penyediaan pendidikan yang berkualitas dan merata ke seluruh Nusantara. (ro)

Teks foto:

– CEO XL Dian Siswarini diampingi VP Corpcomm Turina Farouk disaksikan Wakil Rektor Bidang Riset Inovaasi dan Kemitraan ITB  Prof. DR. Ir. Bambang Riyantotrilaksono dalam acara peluncuran Modul E-Learn XL Future Leaders di Bandung, Rabu (20/5).

Leave a Reply


*