03/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Ratusan Warga Bulurejo Doakan Pengeboran Sumur Karang Mudi #1

Ratusan Warga Bulurejo Ikuti Sosialisasi dan Panjatkan Doa untuk Keberhasilan Sumur Mudi 3Tuban, KabarGress.Com – Sekitar 600 warga yang tinggal di sekitar pengeboran sumur Karang Mudi #1 yang ada di Dusun Mejeruk, Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Kabupaten Tuban mendoakan keberhasilan welltest yang akan dilakukan oleh Join Operating Body Pertamina Petrochina East Java.

Doa itu disampaikan warga dalam acara sosialisasi kegiatan welltest pada sumur Karang Mudi#1 setelah kegiatan pengeboran akan memasuki  zona  target  kedalaman  cadangan migas.  Pada tahap ini JOB PPEJ  akan melakukan kegiatan penelusuran posisi kedalaman dan sifat batuan bawah permukaan dengan  metode yang disebut  Vertical  Seismic  Profiling (VSP) dan melakukan kegiatan Uji Kandungan Lapisan / Drill Stem Test (UKL/DST).

“Untuk persiapan kegiatan VSP dan UKL/DST dilakukan doa bersama  dan sosialisasi rencana kegiatan  tersebut  kepada warga Ds Bulurejo Rengel  Tuban. Alhamdulillah warga antusias menghadiri sosialisasi dan memanjatkan doa agar kegiatan welltest sumur Karang Mudi#1 berhasil menemukan cadangan minyak/gas,” kata Akbar Pradima, Field Admin Superintendent (FAS)  JOB PPEJ, Minggu (17/5/2015).

Ratusan Warga Bulurejo Ikuti Sosialisasi dan Panjatkan Doa untuk Keberhasilan Sumur Mudi 2Doa bersama warga untuk keberhasilan pengeboran sumur Karang Mudi#1 tersebut dilakukan dua hari secara berturut-turut.  Pada acara doa dan sosialisasi pertama dihadiri lebih dari seratus wakil warga RT-1 Dusun Mejeruk yang sangat dekat dengan lokasi.

Kegiatan tanggal 14 Mei itu dilaksanakan di halaman Makom Mbak Sondhong Kerti, dengan doa yang dipimpin oleh Kyai Mustain.

Doa dan sosialisasi kedua, pada tanggal 15 Mei,  diikuti ratusan warga Dusun Mejeruk dan dilaksanakan di halaman Masjid Roudlotul Jannah,  Doa bersama di pimpin oleh Kyai Asmawi.

Pada kedua acara tersebut dihadiri Yauri (Kades Bulurejo), Drs M Mahmud Msi (Camat Rengel), IPTU Edy Purnomo (Wakapolsek Rengel) dan Kapten Sugiyanto (Komandan Koramil Rengel). Hadir juga  perangkat desa dan tokoh masyarakat Desa rengel.

Ratusan Warga Bulurejo Ikuti Sosialisasi dan Panjatkan Doa untuk Keberhasilan Sumur Mudi 4Dalam acara doa bersama dan sosialisasi itu, Camat Rengel  M Mahmud berharap adanya sinergi antara perusahaan dengan warga sekitar. Harapannya, supaya masyarakat juga merasa ikut memiliki dengan keberadaan sumur minyak yang ada di Desa Bulurejo, Kecamatan Rengel, Tuban itu.

“Saya berharap adanya silaturrahmi yang baik antara perusahaan dengan warga masyarakat. Termasuk dampak positifnya juga harus bisa dirasakan oleh warga masyarakat. Kalau misalkan ada suatu permasalahan kami meminta supaya segera dikomunikasikan, karena kegiatan pengeboran ini adalah untuk kepentingan negara/pemerintah,” papar M Mahmud.

Hal senada disampaikan Kades Bulurejo  Yauri yang mengharapkan komunikasi dan koordinasi  antara JOB PPEJ dengan Desa Bulurejo yang sudah baik ini lebih ditingkatkan lagi, agar keberadaan kegiatan pengeboran JOB PPEJ lebih dapat dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

Ratusan Warga Bulurejo Ikuti Sosialisasi dan Panjatkan Doa untuk Keberhasilan Sumur Mudi 5Sebelum itu,  Danramil Rengel menyampaikan  keberhasilan pengeboran sumur JOB PPEJ selaku operator SKK Migas, sangat diharapkan pemerintah untuk memenuhi peningkatan cadangan dan produksi migas nasional.

“Peningkatan produksi migas  itu pada akhirnya juga untuk memenuhi kebutuhan BBM yang  juga menjadi kebutuhan warga.  Karena itu saya menghimbau agar warga masyarakat memberikan dukungan pada kegiatan pemboran pemerintah yang dilaksanakan oleh JOB PPEJ tersebut,” kata Danramil..

Sementara itu, Fauzy A Mayanullah, Sr. Field Operation Superintendent (FOS) JOB PPEJ menjelaskan kegiatan ekplorasi ini kita lakukan untuk mendapatkan cadangan baru. “Saat ini pengerjaan yang sudah berlangsung empat bulan lebih, sebentar lagi akan memasuki zona yang ditargetkan,” jelas Fauzy dihadapan ratusan warga yang hadir.

Ratusan Warga Bulurejo Ikuti Sosialisasi dan Panjatkan Doa untuk Keberhasilan Sumur Mudi 6Fauzy menambahkan penelusuran posisi batuan yang diperkirakan sumber cadangan dengan kegiatan VSP dan UKL/DST tidak menggunakan bahan peledak atau dinamit.

Kegiatan ini hanya menggunakan sumber getar dari listrik yang kemudian menimbulkan dan mengantarkan gelombang yang menjalar dalam lapiran-lapisan batuan dibawah permukaan.

“Dari data rambatan gelombang tersebut, lanjut Fauzy, dapat diketahui jenis dan lapisan batuan yang dilaluinya sekaligus untuk membandingkan dengan data/hasil evaluasi sebelumnya guna memastikan apakah benar merupakan tempat sumber cadangan migas terperangkap,” jelasnya.

Tentang getaran selama kegiatan Vertical  Seismic  Profiling (VSP) dan kegiatan Uji Kandungan Lapisan (UKL), menurut Fauzy dirancang hanya sejauh 50 meter dari sumber getar. “Hanya  terasa seperti gempa kecil. Atau malah bahkan tidak terasa sama sekali untuk yang radiusnya lebih dari 50 meter. Dan diharapkan hal ini tidak memberikan dampak yang berarti terhadap lingkungan sekitar, “  jelasnya.

Pada bagian lain Akbar Pradima, Field Admin Superintendent (FAS) menegaskan komitmen JOB PPEJ untuk meningkatkan komunikasi dan koordinasi  sebagaimana yang telah dilakukan oleh Tim Humas JOB PPEJ yang turun langsung ke lapangan. Ia meminta masyarakat Bulurejo turut menyambungkan doa untuk keberhasilan kegiatan JOB PPEJ ini.

Keberhasilan JOB PPEJ adalah kontribusi keberhasilan kepada pemerintah untuk peningkatan produksi migas nasional demi memenuhi kebutuhan masyarakat, yang pada akhirnya untuk kesejahteraan masyarakat umumnya, dan kesejahteraan warga Bulurejo khususnya,” tegasnya. (ro)