20/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Hubungan Diplomatik Indonesia-Tiongkok Kian Mesra

Wagub Jatim Saifullah Yusuf saat memberikan sambutan sebelum menyaksikan Symphoni Tiongkok-Indonesia di H. Shangrila,,.Surabaya, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Saifullah Yusuf berharap agar hubungan diplomatik yang telah terjalin antara Indonesia-Tiongkok bisa terus harmonis selama-lamanya. Harapan tersebut disampaikannya pada saat menghadiri Konser Musik Simfoni Tiongkok-Indonesia memperingati 65 tahun hubungan diplomatik Tiongkok-Indonesia di H. Shangrilla Surabaya, (19/5) malam.

Ia mengatakan, hubungan harmonis Indonesia-Tiongkok tersebut berdampak kepada Provinsi Jatim. Hal tersebut terlihat dari peningkatan kerjasama di bidang kesenian, pendidikan, kesehatan, infrastruktur sehingga memberi kontribusi positif bagi kemajuan di bidang investasi dan perdagangan.

Gus Ipul menegaskan, setiap tahun Tiongkok menjadi tujuan utama Jatim dari lima negara yang secara rutin melakukan kontak dagang melalui kerjasama perdagangan ekspor maupun impor.

Selain itu, kerjasama bidang pendidikan juga sering diwujudkan melalui pertukaran pelajar yang cukup tinggi dan saat ini intensitasnya lebih ditingkatkan lagi. Selain pertukaran pelajar, kerjasama dibidang kebudayaan seperti pertukaran kebudayaan juga sering dilakukan. “Intinya, setiap tahun kerjasama di segala bidang antara Jatim-Tiongkok terus meningkat. Untuk itu, agar kita lebih mengenal dengan baik salah satu caranya yakni menampilkan kesenian dan tari-tarian pada acara-acara kenegaraan maupun acara lainnya,” ungkapnya.

Wagub Jatim Saifullah Yusuf bersama Dubes Tiongkok Xie Feng usai menyaksikan  Symphoni Tiongkok-Indonesia di H. ShangrilaSementara itu, dalam menghadapi persaingan global yang akan masuk ke Jatim terutama menghadapi barang-barang asing dari Tiongkok, Gus Ipul menegaskan bahwa Pemprov Jatim terus berupaya melakukan standarisasi di banyak bidang, terutama produk barang dan jasa yang ada. “Intinya, semua produk kita harus berstandart dan berlisensi secara nasional dan internasional. Semua karya kita harus berstandart internasional agar produk kita dapat bersaing. Pengusaha tidak bisa hanya sekedar berproduksi tapi juga harus menghasilkan produk yang berkualitas sehingga dapat dipasarkan di luar negeri,” imbuhnya.

Dalam kesempatan tersebut, Dubes Tiongkok Xie Feng mengucapkan rasa terima kasih karena hubungan antara Indonesia – Tiongkok terus terjalin dengan baik. “Kami mengucapkan terima kasih kepada Pemprov Jatim yang telah memberikan kontribusi bagi persahabatan di Indonesia. Bahkan Indonesia adalah negara yang pertama kali memberikan pengakuan terhadap kemerdekaan Republik Rakyat Tiongkok (RRT),” ungkapnya.

Menurutnya, Jatim adalah provinsi yang sangat strategis di Indonesia. Bahkan, Jatim dikaruniai oleh Sumber Daya Alam (SDA) yang melimpah dengan ditunjang SDM yang berkualitas sehingga pertumbuhan ekonominya di posisi terdepan. “Kerjasama yang terjalin antara Tiongkok-Indonesia meliputi Infrastruktur, pendidikan, kebudayaan hingga kesehatan terus dilakukan. Kerjasama di bidang pembangunan Infrastruktur seperti Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) yang bekerja sama dengan Tiongkok telah menjadi simbol persahabatan antar kedua negara,” pungkasnya. (hery)

Teks foto:

– Wagub Jatim Saifullah Yusuf saat memberikan sambutan sebelum menyaksikan Symphoni Tiongkok-Indonesia di Hotel Shangrilla.

– Wagub Jatim Saifullah Yusuf bersama Dubes Tiongkok Xie Feng usai menyaksikan Symphoni Tiongkok-Indonesia di Hotel Shangrilla.