02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Seni dan Budaya Berperan Dalam Kemerdekaan RI

Gus Ipul dan Ibu Fatma Saifullah Berfoto Bersama Pemilik Sanggar Seni Sinar Bhaskara Yang Baru Saja Mendapat Rekor MURISurabaya, KabarGress.Com – Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. H. Safullah Yusuf mengatakan, bahwa seni dan budaya berperan penting dalam merebut kemerdekaan Republik Indonesia pada 72 tahun silam. “Seni dan budaya ini menjadi salah satu alat pemersatu bangsa, sekaligus memberikan nilai pengetahuan yang tinggi kepada masyarakat terutama dalam merebut kemerdekaan RI dari penjajah,” ujarnya saat menghadiri HUT ke-8 Campursari Sinar Bhaskara di Graha Samudra, Bumimoro, Surabaya (13/5) malam.

Ia mencontohkan, bahwa negara yang ada di Timur Tengah seperti Irak, Iran, Syiria, Afganistan, Mesir hingga Yaman tidak memiliki alat pemersatu bangsa seperti seni dan budaya. Bahkan di negara tersebut saat ini tengah dilanda krisis dan peperangan yang tinggi.

Menurutnya, Negara Indonesia sebagai negara yang besar patut berbangga dan berbesar hati karena memiliki kesenian yang sangat banyak dari berbagai multi etnis. Misalnya, kesenian wayang dan campursari memiliki nilai yang begitu tinggi terhadap pengetahuan masyarakatnya.

“Wayang menampilkan tokoh pewayangan dimana disetiap adegannya akan disuguhi peperangan antara yang jahat dengan tokoh yang baik. Jika di Indonesia dan Jatim peperangan hanya dilakukan melalui kesenian wayang sehingga masyarakatnya terus aman dan nyaman tidak terisi paham yang dapat memecah belah kesatuan bangsa,” imbuhnya.

Selain Wayang, adapula kesenian campursari yang telah memberikan kontribusi besar bagi kemajuan seni dan budaya di Jatim. Campursari, telah banyak melahirkan generasi muda yang kemudian melahirkan mereka menjadi seniman-seniman terbaik bangsa. “Saya apresiasi dan bangga terhadap Campursari Sinar Bhaskara yang telah mengajarkan kesenian kepada generasi muda. Semoga keberadaan seni ini bisa memberikan manfaat posistif bagi masyarakat Jatim,” pungkasnya.

Dalam kesempatan tersebut diberikan penghargaan oleh Museum Rekor Indonesia (MURI) kepada Pembina Campursari Sinar Bhaskara Suprapto yang telah memberikan andil bagi kemajuan seni dan budaya campursari. (hery)

Teks foto: Gus Ipul dan Ibu Fatma Saifullah berfoto bersama pemilik Sanggar Seni Sinar Bhaskara yang baru saja mendapat rekor MURI.