Persiapkan Masyarakat Masuki Era Digital, XL Luncurkan Portal Modul Belajar

* XL Mobile Academy dan XL Future Leaders

XLFL_MobileAcademy1Jakarta, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL) semakin serius dalam ikut menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital. Hal itu antara lain ditunjukkan dengan semakin besarnya perhatian pada bidang pendidikan, khususnya dalam menyediakan materi pembelajaran dengan memanfaatkan teknologi digital. Setelah dikenal luas menyelenggarakan program pendidikan XL Futur Leaders, dan belum lama berselang meluncurkan situs SISTERNET untuk ikut mendukung pemberdayaan perempuan, kembali XL meluncurkan situs edukasi terbaru “XL Mobile Academy”. Peluncuran layanan edukatif tersebut berlangsung bersamaan dengan sosialisasi XL Future Leaders oleh Presiden Direktur XL Dian Siswarini di Universitas Indonesia, Depok, Rabu (6/5).

Dian Siswarini mengatakan, “Layanan internet dan teknologi digital menawarkan banyak sekali manfaat bagi kita. Jika kita bisa mendapatkan manfaat tersebut, akan banyak hal positif yang bisa kita raih, termasuk dalam meningkatkan kualitas hidup kita dan masyarakat luas. Kami juga ingin menunjukkan kepada masyarakat luas bagaimana menggali manfaat positif dari layanan internet dan digital. Peluncuran “XL Mobile Academy” ini adalah bagian dari upaya kami dalam ikut menyiapkan masyarakat Indonesia memasuki era digital.”

Dian menambahkan, XL Mobile Academy menyajikan sedikitnya 70 materi modul belajar berbagai pengetahuan dan keterampilan, seperti antara lain pelajaran bahasa (Inggris, Arab, Spanyol, Perancis), pelajaran mengenai kepemimpinan, kepercayaan diri, pelajaran membuat presentasi. Dengan beragam modul belajar tersebut, maka semua kalangan masyarakat bisa mendapatkan manfaat dari layanan ini. Untuk mempermudah masyarakat memilih materi belajar, layanan ini juga mengkategorikannya dalam berbagai tingkatan keahlian. Tersedia dalam sejumlah bahasa, termasuk Indonesia, Inggris, dan Arab, selain juga modul dilengkapi dengan materi video dan audio untuk mempermudah pengguna.

Selain itu, semua pelanggan akan mudah mengakses layanan ini karena Mobile Academy tersedia dalam format html untuk smartphone, dan dalam WAP untuk ponsel non smartphone (feature phone). Untuk mengaksesnya juga sangat mudah, tidak perlu mengunduh atau download. Pelanggan cukup mendaftar melalui SMS dengan mengetik REG (spasi ) LEARN kirim ke 99212, setelah itu pelanggan akan mendapatkan link khusus untuk masuk ke dalam portal modul belajar. Tarifnya pun sangat terjangkau dengan mekanisme yang simpel, yaitu hanya Rp2.000/hari. Pelanggan sudah bisa mengakses puluhan materi modul belajar yang penuh manfaat.

Sosialisasi XL Future Leaders dan BOD Challenge

Sementara itu, di Universitas Indonesia, XL kembali melangsungkan sosialisasi program “XL Future Leaders” dan BOD Challenge. Untuk tahun ini, XL menyediakan 150 kursi bagi mahasiswa yang lolos seleksi. Mulai tahun ini juga, XL akan mengalokasikan 20% kursi bagi mahasiswa putra daerah asal Kawasan Timur Indonesia (KTI). Penerapan kuota ini sesuai dengan arahan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Moh Nasir untuk program ini agar bisa lebih luas menjaring calon pemimpin global masa depan.

XL Future Leaders merupakan program pendidikan berbasis digital yang dirancang secara khusus oleh XL untuk memajukan para pemuda Indonesia agar bisa memiliki kompetensi dasar sebagai pemimpin tingkat global. Program ini berupa pelatihan terpadu yang berfokus pada tiga area kompetensi yang dibutuhkan pemimpin di masa depan agar mampu bersaing secara global. Ketiga area kompetensi tersebut adalah mampu melakukan komunikasi secara efektif, mampu mengasah jiwa kewirausahaan dan inovasi, serta mampu mengelola perubahan.

Sosialisasi program telah XL selenggarakan di 13 kampus dari total 18 perguruan tinggi negeri dan swasta di berbagai provinsi. Sosialisasi juga akan XL lakukan di KTI. Pendaftaran akan dibuka hingga 30 Mei 2015, secara online melalui join.xlfutureleaders.com. Syarat administrasi mengikuti program ini adalah berstatus mahasiswa, IPK minimal 2.8, dan berusia 18-21 tahun. Sementara itu, seleksi yang harus ditempuh antara lain meliputi tes kemampuan Berbahasa Inggris, focus group discussion, serta beberapa interview. Pengumuman hasil seleksi pada Oktober 2015. Semua calon peserta yang dinyatakan lolos seleksi akan memulai masa belajar pada November 2015.

Sementara itu pada program BOD Challenge, XL mengajak para mahasiswa untuk secara berani mengikuti tantangan menjadi pendamping para Direktur XL selama sepekan. Ini adalah penyelenggaraan tahun kedua untuk program ini. Pendaftaran ditutup pada 30 Juni 2015. Seleksi yang diterapkan untuk tantangan ini juga melibatkan para pejabat perusahaan di tingkat atas management XL.

Hingga saat ini program XL Future Leaders sudah meluluskan lebih dari 100 peserta. Hampir semua peserta angkatan pertama sudah lulus kuliah tingkat sarjana dan sudah mulai meniti karir di berbagai bidang, tersebar di berbagai daerah. XL akan terus menyelenggarakan program-program pendirikan ini secara berkesinambungan agar semakin luas masyarakat yang akan mendapatkan manfaat positifnya, termasuk agar bisa ikut mendukung visi pemerintah dan penyediaan pendidikan yang berkualitas dan merata ke seluruh Nusantara. (ro)

Teks foto: (ki-ka) Presiden Direktur XL Dian Siswarini, Direktur Kemahasiswaan Universitas Indonesia Arman Nefi S.H., MM, Chief Digital Service Officer XL Yessie D. Yosetya, dan CEO Mobitrans Joost Goeree, dalam acara roadshow XL Future Leaders dan peluncuran portal modul belajar “Mobile Academy” di Jakarta. Rabu(6/5)

Leave a Reply


*