29/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Pemprov Jatim Fokuskan Peningkatan Kualitas PAUD

Bunda PAUD Jatim Ibu Nina Soekarwo bernyanyi bersama Tita dan Tila, siswa PAUD di acara Temu Koordinasi Bunda PAUD se Jatim di Gedung GrahadiSurabaya, KabarGress.Com – Pemprov Jatim dalam programnya ke depan akan difokuskan pada perbaikan kualitas setiap taman Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Sedangkan dari segi kuantitas, jumlahnya mencapai 12. 227 PAUD. “Jumlah itu melebihi target yang telah ditetapkan Pemprov Jatim sebanyak 10 ribu PAUD,” ujar Bunda PAUD Jatim, Dra. Hj. Nina Soekarwo saat membuka Rakor Bunda PAUD Provinsi Jatim bertema Gerakan PAUD Holistik Integratif (HI) Berkualitas di Gedung Negara Grahadi, Surabaya, Kamis (7/5).

Bude Karwo sapaan akrabnya mengatakan, ada beberapa kendala yang dihadapi oleh PAUD, diantaranya, terbatasnya alat edukatif, sarana prasarana, dan kualitas Bunda PAUD harus ditingkatkan pembinaannya. “ Untuk penyediaan alat edukatif dan sarana prasarana, saya harapkan setiap kepala desa untuk mengalokasikan dana untuk kepentingan PAUD. Di peraturan yang baru, alokasi dana untuk PAUD di desa atau kelurahan sudah diatur,” jelasnya.

Ia menuturkan, untuk meningkatkan kualitas, Pemprov Jatim bekerjasama dengan Bunda PAUD di Kabupaten/Kota, Kecamatan sampai dengan Kelurahan. Beberapa upaya yang dilakukan dengan meningkatkan kualitas pendidik, perbaikan gizi, rangsangan pendidikan, parenting education terpadu. “Upaya tersebut harus dilakukan secara bersama-sama, semua sektor harus ikut memajukan PAUD guna masa depan bangsa yang lebih baik, “ ungkapnya.

Ia menambahkan, Jatim mempunyai prestasi cukup bagus, angka partisipasi kasar (APK) PAUD usia 3-6 tahun sebesar 88,6 persen, yang menempati posisi kedua setelah DIY. Pada tahun 2011, untuk usia 0-2 tahun APK sebesar 7,41 persen. Pada tahun 2015 APK PAUD usia 0-2 tahun melaju cukup cepat yakni sebesar 29,8 persen. “Hal itu menunjukkan, semakin banyak orang tua yang peduli tentang pendidikan bagi putra putrinya,” paparnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Pendidikan Jatim, Saiful Rahman mengatakan perkembangan PAUD dinilai baik apabila APK melampoi nasional. Di Jatim, jumlah PAUD Formal sekelas TK sebanyak 20.170 PAUD, dengan jumlah pendidik 70.418 orang dan 1.055 PNS. Sedangkan untuk non formal seperti kelompok bermain, taman penitipan anak sebanyak 24.392 tempat dengan tenaga pendidik sebanyak 63.473 orang. (hery)

Teks foto: Bunda PAUD Jatim, Nina Soekarwo, bernyanyi bersama Tita dan Tila, siswa PAUD di acara Temu Koordinasi Bunda PAUD se Jatim di Gedung Grahadi.