13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Pakde Karwo Lantik Eselon II dan III

????????????????????????????????????

Surabaya, KabarGress.Com – Gubernur Jawa Timur, Dr. H. Soekarwo melakukan perombakan di jajaran pimpinan Satuan Kerja Pemerintah Daerah (SKPD). Kali ini, ia melantik dua pejabat Eselon II dan 36 pejabat Eselon III di Gedung Negara Grahadi , Surabaya, Kamis(7/5).

Untuk Eselon II, Pakde Karwo sapaan akrabnya melantik Budi Suprayitno, SH, MSi sebagai Sekretaris KORPRI Jatim, dan Dr. Ir. Abdul Hamit sebagai Staf Ahli Bidang Ekonomi.

Pada kesempatan tersebut, ia menuturkan, fungsi pemerintah saat ini berbeda dengan periode sebelumnya. Apabila periode sebelumnya fungsi pemerintah ditekankan pada Undang Undang Nomor 32 Tahun 2004 tentang meningkatkan kesejahteraan rakyat melalui pelayanan publik. “Untuk peraturan yang baru telah tercantum pada Undang Undang Nomor 23 Tahun 2014, fungsinya hampir sama akan tetap ada penambahan mengenai tugas birokrasi adalah pemberdayaan dan aktif partisipasi, “ jelasnya.

Dua poin tersebut, ungkapnya menekankan agar memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat dan mengajak masyarakat untuk berpartisipasi dalam perumusan segala kebijakan yang berkaitan untuk kepentingan bersama. “ Misalnya, pada dinas ataupun badan yang berkaitan dengan pelayanan, masyarakat diminta untuk memberikan masukan seperti apa bentuk pelayanan yang tepat, “ujarnya.

Indikator kesejahteraan masyarakat tidak hanya bergantung pada pendaptan yang tinggi, akan tetapi dengan memberikan pendapat kepada masyarakat juga penting. “ Sebagai contoh, masyarakat Jogja memiliki indeks kebahagiaan tertinggi. Hal ini dipengaruhi satu hal penting yakni, pendapat masyarakat didengar oleh Pemerintah, “tambahnya.

Ia menambahkan, pelantikan kali ini adalah implementasi dari promosi melalui proses assessment atau lelang jabatan. Setiap pejabat yang ingin menduduki jabatan suatu jabatan akan dinilai terlebuh dahulu. Kemudian hasil penilaian tersebut akan dicek oleh pihak ketiga untuk ditentukan di bidang apa penempatannya.

Sementara itu, setelah pelantikan Eselon II dan III, ditempat yang sama Sekdprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi juga melantik 88 pejabat Eselon III. Menurutnya, mutasi di lingkungan Pemprov Jatim merupakan bagian tanggung jawab agar pemerintahan bisa lebih maju. “Ada yang promosi, dan juga ada yang beralih tugas. Akan tetapi perpindahan posisi seperti ini, harus disyukuri dan diekrjakan dengan penuh tanggung jawab,“ ucapnya. (hery)