13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

XL Luncurkan Layanan Khusus Perempuan “SISTERNET”

* Gerakan Memajukan Perempuan Indonesia Melalui Pemanfaatan

user comment

Surabaya, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL) operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia mendedikasikan tahun ini untuk ikut memajukan perempuan Indonesia. Hal ini ditandai dengan peluncuran gerakan sosial untuk mendorong kemajuan perempuan Indonesia melalui pemanfaatan Internet. Gerakan sosial ini juga diwujudkan XL dengan menyediakan aplikasi SISTERNET, yaitu aplikasi layanan dengan beragam manfaat yang ditujukan bagi kaum perempuan. Dalam aplikasi ini terdapat berbagai fitur yang semuanya memfasilitasi kebutuhan utama perempuan, seperti antara lain untuk berbagi tips kesehatan, karir, informasi gaya hidup, informasi kehidupan berkeluarga, belanja, kecantikan dan sebagainya.

Vice President XL East Region, Desy Sari Dewi mengatakan,“Riset menemukan, perempuan lebih tertinggal dalam hal penggunaan layanan canggih daripada pria, mereka relatif kurang informasi, dan pengetahuan dalam mengoptimalkan penggunaan Internet termasuk mobile internet untuk mendukung kehidupan sehari-harinya. SISTERNET merupakan wujud komitmen dan kepedulian XL untuk mengajak para perempuan Indonesia lebih maju lagi melalui pemanfaatan Internet. Ini merupakan suatu gerakan sosial bersama guna membantu dan memberikan inspirasi perempuan Indonesia untuk meraih manfaat secara maksimal dari keberadaan internet guna meningkatkan kualitas hidup secara individu dan keluarga.”

Desy menambahkan, peluncuran SISTERNET ini tidak semata atas pertimbangan bisnis. Desy menegaskan, program ini berlatar belakang keinginan XL untuk bisa ikut mendorong program pemerintah dalam menyiapkan masyarakat menyongsong era digital, sekaligus mendorong pemerataan manfaat internet. Tingkat penggunaan internet oleh kalangan perempuan di Indonesia lebih rendah 30% – 40% dibandingkan di negara-negara ASEAN lainnya.

Mengenai gerakan ini lebih lanjut, XL menjalin kemitraan dengan media, komunitas maupun platform online untuk menjangkau kaum perempuan, sekaligus akan menyelenggarakan kegiatan Roadshow di 3 kota, Jakarta, Bandung, Surabaya, untuk dapat tatap muka langsung dan melakukan edukasi tentang internet hingga penggunaan aplikasi internet seperti e-commerce dan lainnya.

XL juga menyiapkan layanan website dan aplikasi SISTERNET yang dapat diakses melalui komputer maupun smartphone. Pengguna akan mendapatkan sejumlah fitur menarik khas perempuan, antara lain tips-tips kecantikan dan memasak. Juga ada fitur forum diskusi yang didalamnya pengguna bisa mendapatkan berbagai topik seperti kesehatan dan kecantikan, anak, jual beli, traveling, pakaian, belanja, dan lain-lain. Di forum ini, pengguna bisa “nimbrung’ berdiskusi dan berbagi pengetahuan atau pengalamannya sesuai dengan topik.

Selain itu, juga terdapat fitur promosi yang berisi informasi program promo suatu produk, games menarik khas perempuan, juga fitur kalender untuk memeriksa jadwal menstruasi. Tidak ketinggalan, ada fitur infotainmen yang menyajikan berita-berita tentang dunia hiburan. Layanan ini bisa dinikmati secara gratis untuk akses layanan non premium, yang mencakup artikel, game, mengakses forum serta calendar siklus bulanan wanita.

Adapun untuk akses layanan premium yang mencakup konten artikel, pelanggan dikenakan tarif langganan Rp5.000/bulan, belum termasuk biaya langganan akses Internet.

Pelanggan XL dan masyarakat umum bisa menggunakan layanan Sisternet dengan mengunjungi http://www.sisternet.co.id/ . Adapun untuk versi mobile termasuk untuk sistem operasi berbasis Android, layanan ini bisa didapatkan dengan mengunduh di Google Play Store dan juga di Gudang Aplikasi, www.gudangapp.com. (ro)