02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Pembangunan Pusat Pelatihan Baru Airbus Asia Sedang Berlangsung

Pembangunan Pusat Pelatihan Baru Airbus Asia Sedang BerlangsungJakarta, KabarGress.Com – Tahap Konstruksi Pusat Pelatihan Airbus Asia (Airbus Asia Training Centre – AATC) di Singapura saat ini tengah berlangsung, menyusul selesainya peletakkan batu pertama. Dengan jadwal pembukaan pada kuartal pertama tahun 2016, fasilitas baru ini akan menyediakan kursus-kursus pemeringkatan tipe dan pelatihan intensif untuk semua tipe Airbus yang tengah diproduksi. AATC adalah perusahaan patungan antara Airbus (55%) dan Singapore Airlines (SIA) (45%), yang didirikan di Republik Singapura.

 

Fasilitas modern seluas 9.250 meter persegi  ini terletak di Seletar Aerospace Park, dan akan menjadi pusat pelatihan penerbangan ke-empat Airbus pada jaringan globalnya,  bergabung dengan Toulouse, Miami dan Beijing. Ketika beroperasi secara penuh, pusat pelatihan di Singapura ini akan menampilkan delapan buah simulator penerbangan penuh, termasuk empat buah pesawat A350 XWB, satu buah pesawat A380, satu buah pesawat A330 dan dua  buah pesawat A320. Pusat pelatihan tersebut juga akan menyediakan fasilitas  ruangan kelas yang luas dan akan mampu menyediakan pelatihan kepada lebih dari 10.000 peserta per tahun.

 

Sebelum pembukaan pusat pelatihan baru ini, AATC memberikan pelatihan di fasilitas sementara SIA Training Centre yang terletak di dekat Changi Airport dan mengoperasikan satu buah simulator pesawat A380 dan dua buah simulator pesawat A330. Para instruktur yang akan bekerja pada AATC tersebut pada awalnya  berasal dari Airbus dan Singapore Airlines, kemudian akan dilakukan perekrutan tambahan yang dijadwalkan berlangsung dalam beberapa bulan mendatang. Secara total, pusat pelatihan ini diperkirakan dapat menyediakan lapangan pekerjaan bagi 50 instruktur dan 25 staf pendukung.

 

“AATC merupakan bentuk kerjasama saling menguntungkan antara Singapore Airlines dan Airbus,” tutur Captain Gerard Yeap Senior Vice President Flight Operations, Singapore Airlines. “Permintaan akan perjalanan udara diperkirakan akan terus meningkat secara pesat di kawasan Asia-Pasifik, AATC akan menjadi salah satu pusat pelatihan terbaik yang membantu industri penerbangan mengimbangi kebutuhan-kebutuhan terhadap pelatihan, sekaligus memperkuat posisi Singapura sebagai hub penerbangan terkemuka.”

 

“Kami sangat antusias untuk menambahkan Singapura ke dalam jaringan global pusat pelatihan penerbangan kami,” kata Didier Lux, Head of Customer Services, Airbus. “Fasilitas modern ini akan memungkinkan kami untuk semakin mendekatkan layanan pelatihan Airbus dengan para klien kami dan para operator di kawasan Asia-Pasifik yang terus berkembang dengan pesat. Kami menantikan kerjasama dengan mitra kami, Singapore Airlines, untuk mengembangkan fasilitas terbaik kelas dunia di salah satu hub penerbangan terkemuka di kawasan ini.”

 

Selain pusat pelatihan awak pesawat di Toulouse, Miami, dan Beijing, Airbus memiliki pusat pelatihan teknik dan perawatan di Hamburg dan Bangalore. Perusahaan ini juga memiliki perjanjian dengan penyedia layanan pihak ketiga untuk menyediakan pelatihan Airbus di fasilitas-fasilitas mereka.

 

AATC akan menyambut peserta pelatihan dari maskapai penerbangan yang berbasis di kawasan Asia-Pasifik. Semua pelatihan yang ditawarkan oleh AATC sama dengan pusat pelatihan di Toulouse, Miami, dan Beijing. (ro)