XL Future Leaders Ajak Mahasiswa Kawasan Timur Jadi Pemimpin Masa Depan

XLFL4_06XLFL4_08XLSurabaya, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL) menyelenggarakan sosialisasi Program XL Future Leaders di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya (ITS), (28/4). Melalui sosialisasi ini, XL memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk berkompetisi mendapatkan pendidikan kepemimpinan dengan kurikulum khusus yang berorientasi pada pembentukan karakter pemimpin global di masa depan. Selain itu, XL berkomitmen untuk terus memperluas kesempatan kepada mahasiswa-mahasiswa berprestasi di seluruh Indonesia untuk bisa mendapatkan kesempatan mengikuti program istimewa ini.

Tahun ini, XL akan memberikan kuota khusus bagi mahasiswa dari Kawasan Timur Indonesia (KTI) untuk bisa menerima manfaat dari Program XL Future Leaders. Selain itu, XL juga akan memberikan kuota khusus sebesar 20% dari total 145 mahasiswa bagi mahasiswa berprestasi yang kurang mampu secara ekonomi.

Pada sosialisasi di hadapan 500-an mahasiswa, Selasa (28/4), Presiden Direktur XL, Dian Siswarini mengatakan, “Kami kembali datang ke Surabaya melakukan sosialisasi karena kami yakin masih banyak anak-anak muda di Surabaya, termasuk di pelosok yang mempunyai potensi besar menjadi pemimpin masa depan, sama dengan potensi anak-anak di bagian Indonesia lainnya. Program Future Leaders akan membekali para peserta dengan berbagai pengetahuan dan keahlian dasar yang berguna dalam merintis jalan menjadi pemimpin masa depan, di tingkat global. Melalui program ini, kita boleh berharap di masa depan akan muncul pemimpin-pemimpin lembaga tingkat global yang berasal dari Surabaya.”

Dian Siswarini menambahkan, kebijakan mengenai kuota khusus bagi mahasiswa putra daerah KTI dan dari kalangan ekonomi kurang mampu merupakan salah satu bentuk komitmen XL untuk mendukung pemerintah dalam memperluas pemerataan kesempatan mendapatkan program-program pendidikan. Kebijakan ini sekaligus merupakan penerapan atas masukan dari Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristekdikti) beberapa waktu lalu. Dengan demikian, akan semakin luas kesempatan yang bisa didapatkan oleh mahasiswa di seluruh Indonesia untuk mengikuti XL Future Leaders.

Salah satu peserta XL Future Leaders angkatan ketiga asal ITS Jurusan Teknik Elektro, Anton Reynaldo, mengaku mendapatkan banyak manfaat dari program ini. Menurutnya, sebelum bergabung di XL Future Leaders, pengetahuannya mengenai kepemimpinan cukup terbatas. Program Future Leaders mengajarkannya banyak hal terkait kepemimpinan, termasuk sejumlah keahlian yang perlu diasah, juga sikap serta visi pemikirannya.

“Ini program yang sangat bagus dan bermanfaat bagi para mahasiswa di seluruh Indonesia. Hanya di XL Future Leaders mungkin pendidikan seperti ini ada. Karena itu saya tak ragu untuk mengajak teman-teman mahasiswa Surabaya untuk mencoba mengikuti seleksinya. Mari kita buktikan bahwa arek Suroboyo pun juga punya potensi kepemimpinan.”

 

18 Perguruan Tinggi

Mulai Maret 2015, XL memulai kembali sosialisasi Program XL Future Leaders untuk tahun ajaran 2015-2016. Roadshow sosialisasi diawali dari Universitas Gadjah Mada (UGM), Yogyakarta, awal pekan lalu (23/3), yang dilanjutkan ke beberapa universitas di Indonesia, termasuk di Universitas Tanjungpura Pontianak. Total, sosialisasi akan berlangsung di 18 perguruan tinggi negeri dan swasta, yang tersebar di hampir seluruh wilayah Nusantara, antara lain Medan, Pekanbaru, Palembang, Pontianak, Surabaya, Mataram, Makassar, dan Manado.

Tujuan jangka panjang XL Future Leaders dalam 10 tahun adalah mencetak 7500 generasi muda calon pemimpin. XL Future Leaders Tahun 2015 ini menyediakan 145 tempat bagi mahasiswa yang lolos seleksi dalam tiga tahap. Ketiganya adalah seleksi administrasi, tertulis dan wawancara. Aspek penilaian tes tertulis akan mencakup hal-hal seperti antara lain psikotes, bahasa Inggris dan Focus Group Discussion. Program XL Future Leaders Tahap 4 akan mulai pada November 2015.

Pendaftaran akan berlangsung mulai tanggal 23 Maret 2015 sampai 30 Mei 2015. Pendaftaran dapat dilakukan secara online dengan mengunjungi http://join.xlfutureleaders.com/ . Persyaratan peserta harus berusia maksimal 21 tahun, serta terdaftar sebagai mahasiswa di perguruan tinggi Indonesia dengan IPK minimum 2,8 dan aktif berorganisasi.

XL Future Leaders mengajarkan tiga kompetensi utama, yaitu Komunikasi Efektif, Managemen Perubahan, dan Jiwa Kewirausahaan. Ketiga hal tersebut merupakan keahlian utama atau life skills yang dibutuhkan oleh seorang pemimpin untuk mencapai level global. Metoda belajar yang diterapkan berupa perpaduan antara kelas tatap muka sebanyak lima kali dalam setahun, belajar dengan memanfaatkan program-program berbasis teknologi informasi komunikasi, serta aktivitas sosial lapangan.

Sejak diluncurkan tahun 2012, Program XL Future Leaders telah merekrut sekitar 400 peserta mahasiswa berprestasi dari berbagai perguruan tinggi terkemuka di Indonesia. Lebih dari 100 orang peserta angkatan pertama juga telah berhasil menyelesaikan program pendidikan khusus ini. Selama menjalani program pendidikan para peserta juga telah menyelesaikan berbagai aktivitas yang memberikan kontribusi nyata bagi masyarakat. Mereka antara lain melakukan berbagai jenis pelatihan ketrampilan bagi masyarakat sekitar yang bisa meningkatkan kompetensi dan kualitas lingkungan tempat tinggal. Bahkan, di sejumlah daerah mereka juga membantu mengangkat potensi wilayah setempat, antara lain pariwisata. (ro)

Teks foto:

– Presiden Direktur XL, Dian Siswarini (2 dari kiri), saat bincang-bincang dengan peserta XL Future Leader Batch 3 saat talkshow tentang program XL Future Leaders 4 dalam acara University Roadshow di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Selasa (28/4).

– (Kika) Deputy CCO XL East and North, Kencono Wibowo, Presiden Direktur XL, Dian Siswarini, Facilitator XL Future Leaders, Deedee saat talkshow tentang program XL Future Leaders 4 dalam acara University Roadshow di Institut Teknologi Sepuluh Nopember Surabaya, Selasa (28/4).

Leave a Reply


*