02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

AIESEC Ajak Pemuda Kembangkan Jiwa Kepemimpinan

AIESEC SURABAYASurabaya, KabarGress.Com – AIESEC adalah organisasi pemuda internasional yang tersebar di 125 negara dan memiliki lebih dari 80.000 anggota di seluruh dunia. Melalui kegiatannya AIESEC berambisi untuk mencetak agen perubahan yang berkarakter, berkompetensi secara global dan dapat memberi pengaruh positif di masyarakat.

Kegiatan pengembangan kepimpinan yang dilakukan oleh AIESEC antara lain adalah melalui project dan pengalaman internasional melalui program magang professional dan juga kegiatan sosial di luar negeri. Setiap tahunnya AIESEC telah memberikan lebih dari 20.000 pengalaman internasional dan juga 24.000 pengalaman kepemimpinan di seluruh dunia.

Pada bulan April hingga Mei 2015 ini, AIESEC Surabaya akan mengadakan AIESEC Fair dimana merupakan kegiatan open recruitment anggota baru dari AIESEC Surabaya untuk mengajak para pemuda di Surabaya bergabung menjadi Team Member Program (TMP) dan Team Leader Program (TLP) atau sekarang telah berganti nama menjadi Leader of Change (LoC).

AIESEC Surabaya juga akan mengadakan info session tentang open recruitment AIESEC di Gedung Serbaguna Fakultas Psikologi, Universitas Surabaya (UBAYA) pada tanggal 27 April 2015 pada pukul 10.00 – 13.00 WIB. Pada acara tersebut AIESEC Surabaya akan berbagi informasi seputar AIESEC secara general mulai dari lokal hingga Internasional serta proses recruitment yang harus dilewati para peserta sebelum menjadi anggota AIESEC Surabaya.

Adapun tahapan recruitmen dari AIESEC Surabaya dimulai dengan seleksi administrasi, tahap pertama para peserta dapat mendaftarkan diri secara online melalui tiny.cc/joinAIESEC kemudian mengisi data diri serta melampirkan Curriculum Vitae (CV) dan Motivation Letter, setelah itu para peserta dapat mengunduh dan mengisi formulir kemudian menyerahkan formulir ke kantor AIESEC Surabaya di Jalan Bharatajaya IX/18, Surabaya. Adapun batas pendaftaran untuk sesi 1 ini berakhir pada selasa, 05 Mei 2015.

Kemudian dilanjutkan dengan tahap wawancara dimana dalam tahapan ini terdapat dua sesi yaitu wawancara personal dan group discussion, beberapa hari kemudian AIESEC Surabaya akan mengumumkan tentang para peserta yang terpilih. Para peserta yang telah lolos akan melanjutkan tahapan untuk mengikuti Local Conference AIESEC Surabaya yang akan memberikan pemahaman dasar tentang AIESEC sebagai kickstart perjalanan pengembangan kepemimpinan mereka dengan AIESEC Surabaya.

Galuh Kusuma Ayu Wardhani, Vice President of Talent Management AIESEC Surabaya mengatakan bahwa open recruitment ini diadakan 2x dalam setahun yaitu pada bulan April – Mei dan September – Oktober, pada kali ini AIESEC Surabaya akan melakukan info session di UBAYA pada tanggal 27 April 2015, setelah itu dilanjutkan ke ITS, UNESA, UPN, dan perguruan tinggi lainnya di Surabaya.

“Program TMP/TLP ini bertujuan untuk meningkatkan serta mengembangkan jiwa kepemimpinan melalui pengalaman praktis secara langsung untuk menjalankan berbagai project yang berkaitan dengan isu tentang lingkungan, kesehatan, kemanusiaan, budaya, manajemen, dll.“ ujarnya

Sebagai salah satu organisasi yang dijalankan oleh pemuda terbesar di dunia, AIESEC memiliki 64 tahun pengalaman untuk mengembangkan anak muda semenjak berdiri tahun 1948. Saat ini AIESEC telah memiliki 1.000.000 alumni di seluruh dunia yang diantaranya adalah Bill Clinton, Mario Monti dan Junichiro Koizumi. Di Indonesia sendiri, AIESEC telah berdiri semenjak tahun 1984, kini terbesar lebih dari 20 universitas di seluruh dunia dan khusus di Indonesia, AIESEC telah tersebar di 10 kota antara lain Jakarta, Surabaya, Bandung, Semarang, Padang, Malang, Bogor, Solo, Yogyakarta, dan Medan dengan jumlah anggota aktif mencapai 1.011 pemuda.

“Untuk AIESEC Surabaya sendiri saat ini memiliki 200 anggota aktif terdiri dari mahasiswa yang berasal dari berbagai universitas di Surabaya seperti UNAIR, ITS, UPN, UNESA, dll dan dari berbagai jurusan yang beragam mulai dari para mahasiswa/i jurusan ekonomi hingga teknik,“ tambahnya. (ro)

Teks foto: Antusias para Mahasiwa/i ketika mendaftar maupun berkonsultasi tentang program TMP/TLP di FEB Unair.