21/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul: Banyak Penderita Katarak Memerlukan Bantuan

wakil Gubernur Jawa Timur Drs. Saifullah Yusuf didampingi  Direktur RS Dr. H. M Zulfikar As ad Berbincang dengan Pasen Penderita  Katarak Gratis dalam Rangka Menyambut Muktamar Ke - 33 NU di RS Unipdu  Medika JambangJombang, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, yang juga sebagai Ketua Pengurus Besar NU sekaligus Ketua Muktamar ke 33 NU Drs. H. Saifullah Yusuf atau Gus Ipul mengatakan bahwa di tengah-tengah masyarakat ada masalah besar, yaitu banyak masyarakat menderita katarak yang tentunyamemerlukan bantuan karena mereka dari golongan masyarakat yang kurang mampu.

“Masalah besar tersebut dapat diketahui dari target operasi katarak 1.000 penderita ternyata yang mendaftar mencapai lebih dari 2.000 penderita,” jelasnya saat membuka dimulainya Bakti Sosial Operasi Katarak Gratis yang diadakan oleh LK (Lembaga Kesehatan) NU, di Rumah Sakit UNIPDU Medika  Jl. Raya Peterongan JogorotoJombang, Kamis (23/4).

Bakti sosial operasi katarak gratis tersebut merupakan awal rangkaian kegiatan sekaligus sebagai sarana sosialisasi  Muktamar NU ke 33 yang rencananya dilaksanakan pada tanggal 1 sampai dengan 5 Agustus 2015 di Jombang.

Ada empat program NU yaitu penguatan akidah, pengembangan pendidikan, pengembangan kesehatan, dan pemberdayaan pondok pesantren dan masjid. Oleh karena itu diharapkan agar bakti sosial operasi katarak gratis sebagai bentuk pengembangan kesehatan dapat dilakukan di daerah lain, agar lebih banyak lagi penderita katarak yang dapat disembuhkan.

Sementara itu Direktur RS UNIPDU Medika Jombang dr. H.M Zulfikar As’ad mengatakan bahwa kegiatanbakti sosial operasi katarak gratis merupakan salah satu bentuk pengabdian Lembaga Kesehatan NU kepada negara dan bangsa,  sebagai kegiatan pra Muktamar ke 33 di Jombang, sekaligus sebagai ajang Temu Alumni Akbar PP. Darul Ulum jombang.

Target operasi katarak sebanyak 1.000 penderita, tetapi yang terdaftar lebih dari 2.000 penderita. Mereka berasal dari Surabaya, Sidoarjo, Pasuruan, Blitar, Trenggalek dan terbanyak dari Jombang.  Dikatakan, biaya operasi katarak saat ini untuk satu mata sebesar Rp. 13 juta, jadi apabila yang dioperasi dua sisi maka biaya mencapai Rp26 juta.

Harapan ke depan, LK NU lebih banyak lagi dapat melakukan bakti sosial sebagai wujud pengembangan pembangunan kesehatan. (hery)

Teks foto: Wakil Gubernur Jawa Timur Drs. Saifullah Yusuf didampingi Direktur Rumah Sakit UNIPDU Medika, Dr. H. M Zulfikar As’ad, berbincang dengan pasien penderita katarak gratis dalam rangka menyambut Muktamar ke-33 NU, di RS Unipdu Medika Jombang.