26/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Sekretariat DPRD Surabaya Fashion Show di Zebra Cross

KARTINI Sekretariat DPRD Kota Surabaya 2015Surabaya, KabarGress.Com – Dalam rangka memperingati hari Kartini yang jatuh pada tanggal 21 April, seluruh pegawai Sekretariat DPRD Kota Surabaya memakai baju kebaya, serta melakukan fashion show di atas zebra cross depan gedung DPRD Surabaya.

Tak pelak, para pengemudi kendaraan bermotor pun dibuat melongo. ”Kartini nyeberang dalan, mandek sik (Kartini menyeberang jalan, berhenti dulu,” seloroh seorang pembonceng sepeda motor mengingatkan rekannya yang mengemudi saat hendak melintas di Jl Yos Sudarso.

Tidak hanya di DPRD Surabaya, nuansa ‘Kartinian’ juga dihelat di semua SKPD Pemkot Surabaya. Hal ini dilakukan merujuk pada surat edaran Walikota Surabaya yang memerintahkan SKPD untuk merayakan Hari Kartini dengan mengenakan busana kebaya.

Sementara di DPRD Surabaya, selain mengenakan kebaya, para pegawai Sekwan merayakanya dengan lomba fashion show. Kegiatan yang digelar secara spontan tersebut mendapat antusias seluruh pegawai. Lantaran tidak menduga akan ada gelaran fashion show, beberapa peserta terpaksa tampil seadanya. Sementara beberapa peserta yang lain, terlihat cukup serius dalam berdandan.

”Hari ini lebih lama dandan, soalnya seragamnya tidak biasa,” ujar Henny, Staf Sekretaris Komisi B DPRD Surabaya. Dia mangaku harus meluangkan waktu lebih lama dalam berdandan saat hendak berangkat kerja. Hal ini lantaran selain harus menyiapkan kebaya, juga harus memberikan sentuhan make up yang lebih dari biasanya.

Hal serupa dikatakan Harin Kusrini, Ajudan Ketua DPRD Surabaya. Menurutnya, beberapa peserta mengakui menyiapkan dandanan lebih lama dari biasanya. Namun, kata dia, baginya hal itu sudah biasa. ”Perempuan memang sudah terbiasa seperti ini, bagi saya sudah biasa karena memang sudah dipersiapkan,” katanya.

Menurut Harin, meski ‘Kartinian’ digelar setiap tahun di DPRD Surabaya, namun baru kali ini acara dikemas dengan lomba fashion show. Tujuanya, kata dia, selain untuk memeriahkan Hari Kartini, juga untuk meingangatkan masyarakat mengenai harkat dan martabat wanita.

”Apapun profesinya, dengan perayaan Hari Kartini ini kita bisa mengingatkan tentang harkat, martabat, dan kodrat wanita,” kata Alumnus IAIN Sunan Ampel Surabya tersebut.

Diakhir acara, para ‘Kartini DPRD Surabaya’ tersebut berfoto bersama. Beberapa dari mereka bahkan kerap ber-selfie ria sebelum kemudian beraktifitas seperti biasanya. Apa tidak ribet bekerja dengan mengenakan kebaya? ”Tidak, biasa saja, malah lebih enak,” sergah Engel yang duduk sebagai Staf Sekretaris Badan Kehormatan (BK) DPRD Surabaya. (tur)