23/11/2020

Jadikan yang Terdepan

Sekdaprov Minta Anggota KORPRI Tingkatkan Baca Al-Qur’an

Pelantikan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Quran ( MTQ ) KORPRI Paovinsi Jawa Timur 2015 Oleh Sekda Prov Jatim di Islamic Center SurabayaSurabaya, KabarGress.Com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi minta Anggota Korps Pegawai Republik Indonesia (KORPRI), khususnya yang beragama Islam untuk meningkatkan intensitas membaca dan mempelajari kitab suci Al-Qur’an. Pasalnya, hal tersebut akan berdampak positif bagi kinerja KORPRI.

“Dengan membaca dan mengamalkan isi Al-Qur’an, nilai-nilai mulia dan spirit Islam akan menyatu kedalam hati kita, sehingga kita termotivasi untuk lebih jujur, tenang, bersemangat dalam bekerja demi mengharap ridho dari Allah SWT. Kita juga akan menghindari perbuatan-perbuatan negatif, contohnya korupsi dan narkoba”

Demikian yang disampaikan Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM saat pembukaan Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) KORPRI bagi anggota KORPRI Unit (SKPD/RS/Instansi Vertikal) Provinsi Jawa Timur Tahun 2015 di Gedung Islamic Center Surabaya, Selasa (21/4).

Sukardi mengatakan, Al-Qur’an adalah sumber ilmu yang tidak akan ada habisnya untuk digali, dikaji dan dipelajari. Dengan mempelajarinya, selain mendapat pahala, manusia juga akan mendapatkan ketenangan batin, bertambahnya wawasan, serta termotivasi untuk berbuat baik dan benar dalam kehidupan sehari-harinya.

Karena itu, Al-Qur’an harus dijadikan rujukan utama bagi anggota KORPRI, khususnya yang beragama Islam agar dapat mengamalkan nilai-nilai Al-Qur’an, khususnya dalam pekerjaan sehari-hari.

“Seluruh SKPD diharapkan mampu meningkatkan pembelajaran Al-qur’an bagi anggota Korpri yang dinaunginya. Selain bermanfaat bagi pribadi, ini juga sebagai upaya untuk membangun sebuah sistem pengkaderan untuk mencetak Qori’ dan Qori’ah (pembaca Al-Qur’an) yang handal” tuturnya.

Selain itu, pentingnya menjadikan Al-Qur’an sebagai referensi kehidupan umat muslim adalah karena saat ini kita berada dalam era globalisasi yang dapat membawa pengaruh-pengaruh negatif, seperti masuknya pemahaman ekstrim dan paham-paham radikal yang mengatasnamakan islam.

“Nilai-nilai Islami dan spirti Al-Qur’an harus dijadikan rujukan utama baik dilingkungan, keluarga, sosial, berbangsa dan bernegara sebagai penangkal masuknya faktor-faktor negatif dari arus globalisasi. Kita wajib waspada dan meningkatkan iman dan ketaqwaan kita sesuai ajaran Al-Qur’an agar tak terseret paham radikal” katanya.

Masih menurut Sukardi, penyelenggaraan MTQ ini sangat spesial, pasalnya, pesertanya adalah anggota KORPRI di lingkungan SKPD dan instansi vertikal Prov. Jatim. Selain itu, MTQ ini juga sebagai wujud nyata realiasasi program nasional bidang kerohaniaan bagi anggota KORPRI

“Ini yang membedakan dengan MTQ-MTQ lainnya, MTQ ini juga merupakan media yang membuktikan kecintaan anggota KORPRI terhadap Al-Qur’an dan kita dapat bersilaturahmi, meningkatkan Ukhuwah Islamiyah serta mengamalkan isi Al-Qur’an dalam rangka menuju insan yang diridhoi Allah SWT” katanya.

“Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan keimanan dan ketaqwaan serta pemahaman, penghayatan dan pengamalan terhadap nilai-nilai Al-Quran. Kedepan, Anggota KORPRI dituntut lebih meningkatkan kinerja, profesionalisme dan pelayanan kepada masyarakat disertai dengan ahlaq dan moralitas yang baik” pungkasnya.

Pada kesempatan itu, Plt. Sekretaris Dewan Pengurus Korpri Jatim, Drs. Sukardo, M.Si mengatakan, tujuan dari kegiatan MTQ ini adalah untuk menanamkan dan membina kecintaan anggota KORPRI terhadap Al-Qur’an, meningkatkan iman dan taqwa, meningkatkan tali silaturahmi serta persaudaraaan antara anggota KORPRI Jatim.

Peserta MTQ yang mengangkat tema “Melalui MTQ Kita Wujudkan Peran KORPRI Menuju Masyarakat Yang Religius dalam Kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia” ini berasal dari anggota KORPRI unit SKPD/instansi vertikal Prov. Jatim sebanyak 150 orang Qori’ dan Qori’ah.

Rinciannya, untuk lomba Tartil terdiri dari 98 peserta, Tilawah 35 peserta, dan lomba Pidato 17 peserta.  Sedangkan cabang MTQ yang dilombakan ada 3, Tartil Al-Quran untuk putra dan putri, cabang Tilaqah Qur’an putra dan putri, serta cabang pidato hanya putri saja.

Sedangkan Juri terdiri dari dewan hakim, dan majelis hakim MTQ korpri yang berasal dari Kanwil Kemenag Jatim, LPTQ Prov. Jatim, dan LPTI kab/kota dan profesional. “Kegiatan ini dilaksanakan oleh tanggal 20-23 april 2015 di Gedung Islamic Center Surabaya. Para pemenamg lomba MTQ ini akan diberi hadiah piala, piagam, dan uang pembinaan sesuai dengan ketentuan” tutupnya. (hery)

Teks foto: Pelantikan Dewan Hakim Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ) KORPRI Provinsi Jawa Timur 2015 oleh Sekda Prov Jatim, di Islamic Center Surabaya.