05/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Kowad Sabet Juara Pertama Ketangkasan Bongkar Pasang Senjata

Pelaksnaan  Lomba ketangkasa bongkar pasang senjataSurabaya, KabarGress.com – Dangartap III/Surabaya Mayjen TNI Eko Wiratmoko, S.Sos. sebagai Inspektur Apel Korps Wanita TNI bertempat di lapangan Kodam V/Brawijya, Surabaya, Selasa (21/04).

Dalam Apel Korps Wanita TNI tersebut, diikuti oleh 1 SSK Prajurit Wanita gabungan Pamen, 1 SSK Prajurit Wanita gabungan Pama, 1 SSK Kowad (AD), 1 SSK Kowal (AL), 1 SSK Wara (AU), 1 SSK Polwan,  1 SSK PNS Wanita gabungan, 1 SST Wanita Satpol PP, 1 SST Wanita FKPPI dan 1 SSK militer pria gabungan TNI AD, AL dan AU wilayah Gartap III/Surabaya.

Apel Korps Wanita TNI kali ini bertepatan dengan hari Kartini dengan mengambil tema “Dengan Semangat Juang R. A. Kartini Wanita TNI Siap Meningkatkan Profesionalisme, Soliditas dan Solidaritas guna mendukung tugas pokok TNI” .

Dangartap III/Surabaya selaku Inspektur Upacara membacakan amanat tertulis Panglima TNI Jenderal TNI. DR. Moeldoko, menyampaikan bahwa sebagai refleksi, dalam setiap tahapan sejarah selalu saja memunculkan para wanita yang mampu menjadi katalisator perubahan, dan dapat mencairkan kebekuan dalam berbagai hal, seperti yang telah diteladankan oleh R. A. Kartini sebagai wanita pahlawan bangsa, yang telah mengukir sejarah peradaban bangsa, di seluruh pelosok tanah air.

Nilai perjuangan RA. Kartini hingga kini tetap hidup dan mampu memotivasi, serta menginspirasi kaum wanita indonesia, untuk selalu berkontribusi dan memajukan bangsa dan negara, pada berbagai bidang kehidupan, tandasnya.

Demikian pula di Indonesia, telah hadir Kartini-Kartini muda yang mampu memberikan kontribusi positif bagi kemajuan bangsa dan negara guna mewujudkan indonesia sebagai negara poros maritim dunia.

Di sisi lain, Wanita harus mampu menjadi pencerah peradaban di suatu negara. oleh karena itu, wanita jangan terlalu bergulat dalam menghadapi tantangan internal keluarga semata, lebih jauh lagi bahwa wanita harus mampu memasuki era modern dengan segala kekuatan jati diri, baik sebagai individu maupun sebagai masyarakat yang berbudi-pekerti luhur, dan yang pasti wanita adalah pribadi yang genuine dalam menentukan kualitas masyarakat indonesia pada masa datang.

Dalam  kaitan semua itu, Wanita TNI merupakan bagian dari masa depan TNI, dan bagian dari realitas kehidupan bangsa Indonesia.

Di akhir amanatnya, Panglima TNI berpesan bahwa peran itu akan semakin nyata, ketika  Wanita TNI mampu menjaga spirit profesionalitas dan moralitas dalam kehidupan sesuai kodratnya namun tetap profesional dan militan, sekaligus menjadi pembimbing generasi penerus masa depan yang berkualitas dalam realitas kehidupan berbangsa, bernegara dan bermasyarakat.

Sesudah Apel, dilaksanakan lomba ketangkasan bongkar pasang senjata jenis Senapan Serbu (SS1) dan keluar sebagai Juara 1 Kowad dari Korem 084/BJ, Juara 2 Kowal dari Pasmar 1 dan Juara 3 Kowal dari Lantamal V. Sedangkan untuk Bongkar Pasang  Pistol FN, Juara 1 Kowad Kodam V/Brawijaya, Juara 2 Kowad Korem 084/BJ dan Juara 3 Kowal dari AAL. (hery)

Teks foto: Pelaksanaan lomba ketangkasan bongkar pasang senjata.