28/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Bude Karwo: 70 Persen Penderita Kanker dalam Kondisi Stadium Lanjut

Ketua TP-PKK Jatim Ibu Hj. Nina Soekarwo Bersama  Perwakilan OASE KK Melakukan Salam IVAJombang, KabarGress.com – Sekitar 70 persen penderita kanker berada dalam stadium lanjut. Hal tersebut terjadi karena para penderita cenderung takut, malu, dan menyembunyikan penyakitnya. Kenyataan tersebut diungkap Ketua Yayasan Kanker Indonesia (YKI) Cabang Jawa Timur Dra. Hj. Nina Soekarwo saat Peluncuran Program Nasional “Percepatan Peran Serta Masyarakat Dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker pada Perempuan Indonesia” dan video conference dengan Ibu Negara Iriana Joko Widodo di Puskesmas Pulo Lor Kecamatan Jombang Kabupaten Jombang, Selasa (21/4).

Wanita yang juga menjadi Ketua TP PKK Jatim itu berharap pemerintah meningkatkan upaya promotif dan preventif penyakit kanker. Karena bila sudah mencapai stadium lanjut, penanganan penderita kanker akan sulit dan membutuhkan biaya yang lebih besar.

Bude Karwo, sapaan akrab Nina Soekarwo mengatakan, TP PKK Provinsi Jatim bersama dengan TP PKK dari 38 Kabupaten/Kota se Jatim dalam waku dekat akan melakukan Tes IVA (Inspeksi Visual Asam Asetat). “HIngga saat ini sudah terdaftar 12.048 peserta yang akan mengikuti tes dimaksud” ujarnya.

Menurutnya, pihaknya sangat mendukung Program Nasional Percepatan Peran Serta Masyarakat dalam Pencegahan dan Deteksi Dini Kanker yang digagas oleh Ibu Negara Iriana Joko Widodo dengan OASE KK (Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Kerja). Apalagi, pelaksanaan program nasional ini bermitra dengan TP PKK seluruh Indonesia yang dinilainya sangat efektif.

Hal tersebut dilakukan dengan pertimbangan bahwa tiap satu jam ada satu perempuan Indonesia terancam nyawanya oleh kanker leher rahim. Sementara kanker ini adalah jenis kanker pada perempuan yang dapat diobati jika masih dalam kondisi awal. Selain tu kanker adalah penyakit yang membutuhkan biaya dan beban psikologis yang besar, pula bagi penderita dan keluarga.

Sementara itu, melalui teleconference, Ibu Negara Iriani Jokowi menegaskan bawa perempuan merupakan aktor pembangunan yang sangat strategis, merupakan organisasi masyarakat yang potensil sebagai motor penggerak pembangunan.

Pencanangan ini diikuti 11 kab/kota di seluruh Indonesia, yang berada di  Sumatra Utara, Sumatera Selatan, Lampung, DKI Jakarta, Banten Jawa Barat Jawa Tengan, DIY , Jawa Timur, Sulawesi Selatan, Kupang NTT. (her)

Teks foto: Ketua TP-PKK Jatim, Hj. Nina Soekarwo, bersama perwakilan OASE KK melakukan salam IVA.