21/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Sekdaprov Resmikan Gedung Lab Mikrobiologi RSU Haji Surabaya

Sekdaprov Jatim Melihat Sample Yang Sedang Diteliti di Lab. Mikrobiologi Klinik RSU Haji Surabaya Melalui MikroskopSekdaprov Jatim Bersama Kepala RSU Haji Surabaya Beserta Staf Berfoto Didepan Laboratorium Mikrobiologi Yang Baru DiresmikanSurabaya, KabarGress.com – Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Dr. H. Akhmad Sukardi, MM meresmikan Gedung Laboratorium Mikrobiologi Rumah Sakit Umum Haji Surabaya Jumat (17/4) pagi. Peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita. Diresmikannya laboratorium ini merupakan salah satu kado istimewa hari ulang tahun ke-22 RSU Haji Surabaya.

Sekdaprov mengatakan, pembangunan gedung ini merupakan wujud peran Pemprov Jatim dalam bidang pelayanan kesehatan, diharapkan bisa memberikan kontribusi lebih baik bagi peningkatan pelayanan kesehatan di Jatim. “Ke depannya, dengan diresmikannya lab ini, RSU Haji dapat berperan sebagai center of excellence, mampu menjadi rujukan dan acuan bagi dokter dan rumah sakit lainnya,” kata Sukardi.

Ia mengatakan, pembangunan bidang kesehatan merupakan salah satu program prioritas Pemprov Jatim. Kesehatan merupakan bagian penting yang terkait langsung dengan peningkatan kualitas, harkat dan martabat manusia dalam rangka kerangka pembangunan seutuhnya.

Pemprov Jatim terus berkomitmen untuk meningkatkan pembangunan kesehatan dengan memperluas jangkauan pelayanan kesehatan kepada segenap lapisan masyarakat. Pembangunan kesehatan di Jatim menunjukkan kemajuan dilihat dari indikator kesehatan seperti angka harapan hidup terus meningkat, angka kematian bayi (AKB) terus menurun.

Lebih lanjut disampaikannya, keberhasilan pembangunan kesehatan tersebut tidak lepas dari penyelenggaraan pelayanan kesehatan khususnya bagi keluarga miskin di seluruh Puskesmas, rumah sakit, pemerintah dan swasta, melalui program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang dikelola BPJS, serta upaya perbaikan mutu pelaynan kesehatan.

“Berhasilnya pembangunan kesehatan, pada hakikatnya menuntut kerjasama yang lebih sinergis antara Pemprov Jatim, insan kesehatan, dan seluruh komponen masyarakat, serta tidak kalah pentingnya adalah kesadaran masyarakat untuk membiasakan pola hidup bersih dan sehat,” ujarnya.

Sekdaprov berharap, dalam memberikan pelayanan kesehatan RSU Haji Surabaya perlu melaksanakan program pemerintah dalam upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat, melaksanakan amanat sesuai dengan maksud didirikannya RSU Haji Surabaya, serta mewujudkan kesejahteraan sosial masyarakat khususnya Jatim.

Pada kesempatan yang sama, Direktur RSU Haji Surabaya dr. Restu Kurnia Tjahjani M.Kes mengatakan, pihaknya terus berupaya untuk menjadikan RSU Haji Surabaya sebagai rumah sakit yang mampu memenuhi harapan masyarakat, menjadi pilihan masyarakat untuk pelayanan medis dan dapat diandalkan.

Selain itu, ia berharap dapat segera mewujudkan visi RSU Haji sebagai pilihan masyarakat prima dan islami dalam pelayanan, pendidikan dan penelitian, serta berstandar internasional.

Sebelum peresmian gedung laboratorium mikrobiologi, dilaksanakan jalan sehat dengan rute RSU Haji – Jalan Klampis – Jalan Arief Rahman Hakim – Jalan Ir. Soekarno – RSU Haji.  Peringatan Milad ke-22 RSU Haji bertema “Semangat Milad ke-22 RSU Haji Tahun 2015 Kita Sukseskan Akreditas”. Rencananya akreditasi tersebut dilaksanakan Mei atau Juni mendatang. (hery)

Teks foto:

– Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM, melihat sample yang sedang diteliti di Lab. Mikrobiologi Klinik RSU Haji Surabaya melalui mikroskop.
– Sekdaprov Jatim, Dr. H. Akhmad Sukardi, MM, bersama Direktur RSU Haji Surabaya, dr. Restu Kurnia Tjahjani M.Kes (nomor 2 dari kiri), beserta staf berfoto di depan Laboratorium Mikrobiologi yang baru diresmikan.