17/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Gus Ipul, Ungkit Peran Lansia Melalui Lansia Mainstreaming

Wagub Jatim Menghadiri Pengukuhan Pengurus Komda Lansia  Kab.Sidoarjo di Pendopo Sidoarjo (1)Sidoarjo, KabarGress.com – Wakil Gubernur Jawa Timur, Drs. H. Saifullah Yusuf optimis para warga yang sudah lanjut usia (Lansia) masih memiliki keinginan dan semangat yang besar untuk berkontribusi pada negeri ini. Karena itu peran mereka perlu diungkit agar dapat setara dengan warga dengan usia produktif.

“Lansia juga punya peran atau aspirasi yang berguna bagi kemajuan negeri ini. Karena itu, hak-hak mereka harus lebih diperhatikan melalui kebijakan-kebijakan yang berpihak. Jadi kalo ada yang namanya Gender Mainstreaming atau Pengarustamaan Gender laki-laki dan perempuan. Maka kita juga harus ungkit Lansia Mainstreaming”

Demikian yang disampaikan Gus Ipul, sapaan akrab Wagub Jatim saat Pengukuhan Pengurus Komisi Daerah (Komda) Lansia Kabupaten Sidoarjo dan Pengurus Komisi Lansia Kecamatan se-Kabupaten Sidoarjo di Pendopo Delta Wibawa Sidoarjo, Rabu (15/4).

Gus Ipul mengatakan, Lansia Mainstreaming adalah strategi untuk mencapai kesetaraan dan keadilan antara lansia dengan warga yang masih berusia produktif. Para lansia tersebut diberi policy dan regulasi yang memfasilitasi mereka agar bisa hidup lebih berguna, berkarya, berdaya dan bermartabat.

“Salah satu upaya yang ingin kami lakukan adalah membuat beberapa kegiatan dan sekaligus pendidikan keterampilan bagi para lansia yang masih ingin berkarya. Pusatnya bisa di panti-panti atau di kantor kecamatan-kecamatan“ ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komda Lansia Provinsi Jatim itu optimis, meski sudah berusia lanjut usia, namun semangat para lansia tidak kalah dengan yang masih muda. Ia mencontohkan, di Sidoarjo, Usia Harapan Hidup (UHH) nya makin meningkat dari 65 ke 71 tahun. Artinya, mereka makin sejahtera dan bahagia.

Secara khusus, Gus Ipul juga memberi apresiasi kepada Kabupaten Sidoarjo yang memberdayakan para lansia. “Dari pengalaman saya selama memimpin Komda Lansia Jatim, baru kali ini ada pengurus Komda Lansia yang sampai di tingkat kecamatan. Ini menunjukkan semangat lansia disini sungguh luar biasa” pujinya.

Pada kesempatan itu, Wakil Bupati Sidoarjo, MG. Hadi Sutjipto mengatakan, sesuai data BPS, UHH Kabupaten Sidoarjo telah meningkat dari 65 ke 71,43 tahun. Hal tersebut merupakan imbas dari keberhasilan pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah, khususnya dalam bidang kesehatan dan kualitas hidup.

“Alhamdulillah derajat kesehatan masyarakat makin meningkat, UHH kami sudah hampir memenuhi keinginan MDG’s yakni 72 tahun. Indeks Pembangunan Manusia (IPM) kami juga sudah mencapai 7,4. Ini salah satunya berkat peran lansia yang bisa hidup bahagia di hari tuanya serta program-program pemerintah berjalan baik” ujarnya.

Pria yang juga menjabat sebagai Ketua Komda Lansia Sidoarjo ini mengatakan, Pemkab Sidoarjo tengah fokus mengembangkan olahraga rekreasi, salah satunya program car free day. “Program car free day ini sudah merambah kecamatan, ini satu-satunya di Indonesia. Masyarakat Sidoarjo gemar berolahraga, ada 27 komunitas olahraga yang berkembang di Sidoarjo. Saat car free day, baik anak-anak, remaja, dewasa, hingga lansia berkumpul dan berolahraga bersama” katanya.

Pengukuhan Komda Lansia Sidoarjo dan Komda Lansia Kecamatan se-Sidoarjo berdasarkan SK Bupati Sidoarjo Tgl 20 Nov. 2014 No. 188/1380/404.1.3.2/2014 tentang Komisi Daerah Lanjtu Uisa Kab. Sidoarjo masa jabatan 2014-2017 serta surat bupati sidoarjo 10 April 2015 No. 188/388/404.1.3.2/2015 tentang Komisi Lansia Kecamatan se-Kab. Sidoarjo. (hery)

Teks foto: Wagub Jatim menghadiri pengukuhan Pengurus Komda Lansia  Kab. Sidoarjo di Pendopo Sidoarjo.