02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Perpustakaan Timika Belajar Tata Kelola ke Surabaya

????Surabaya, KabarGress.Com – Kantor Perpustakaan Kabupaten Timika mengadakan studi banding pelayanan dan tata kelola perpustakaan selama beberapa hari di Surabaya. Selain mengunjungi dan belajar banyak tentang pengelolaan perpustakaan Pemerintah Kota Surabaya, 4 petugas perpustakaan di wilayah timur Indonesia tersebut juga mengunjungi perpustakaan percontohan di SDN Bubutan 4 Surabaya, Jl Semarang 90, serta Perpustakaan Umum Kota Surabaya, Jl. Rungkut Asri Tengah No. 5 – 7 Surabaya.

“Kami dari Timika ada 4 orang, termasuk 2 petugas perpustakaan keliling,” ungkap Mariskha Tahatele, pegawai perpustakaan dan kearsipan dari Timika, di sela-sela studi banding di perpustakaan SDN Bubutan 4 Surabaya, , Selasa (14/4/2015).

Ika, demikian panggilan Mariskha Tahatele, tidak sendirian namun bersama Irvina Malayanna teman sekantornya. Keduanya tampak serius mendengarkan penjelasan dari Harris Rizki, seorang petugas Badan Arsip dan Perpustakaan Kota Surabaya yang diperbantukan di perpustakaan SDN Bubutan 4 Surabaya, yang mendampingi berkeliling melihat dari dekat kegiatan pengelolaan perpustakaan.

“Jadi apa yang kami dapat dari Surabaya akan kami terapkan di Timika. Banyak yang dibenahi di perpustakaan di Timika,” ujar Ika.

Menurutnya, minat baca di Timika juga sangat tinggi. Apalagi bacaan komik dan koran, mereka sangat antusias. “Kalau di perpustakaan kami kebanyakan anak-anak pelajar,” jelasnya.

Hal senada dikatakan Irvina, adanya buku-buku bacaan di perpustakaan Timika menambah wawasan bagi masyarakat disana. “Sejauh ini buku-buku dipasok dari Jakarta. Setiap judul buku ada 4 buah buku, yang dua untuk perpustakaan keliling,” ujarnya.

Mereka akan mengadakan studi banding hingga Jumat depan. (ro)

Teks foto: Irvina Malayanna dan Mariskha Tahatele, tampak melihat dari dekat kegiatan Perpustakaan SDN Bubutan 4 Surabaya, Selasa (14/4/2015).