02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

ABB Menangkan Proyek Jasa Otomasi Fajar Paper

* Sistem otomasi yang terdiri dari sistem kontrol dan kualitas sistem kontrol akan meningkatkan produktivitas dan reabilitas produksi kemasan kertas.

Zurich, Swiss, KabarGress.Com – ABB, perusahaan kelistrikan dan teknologi otomasi terkemuka di dunia telah memenangkan permintaan jasa otomasi dari PT Fajar Surya Wisesa, Tbk (Fajar Paper), perusahaan produsen kemasan dari kertas di Indonesia pada akhir tahun 2014 yang lalu. ABB akan menyediakan sistem otomasi untuk paper machine 3 (PM3), salah satu dari lima mesin pembuat kertas di Fajar Paper yang dapat memproduksi sekitar 1,2 juta ton kemasan kertas per tahun, termasuk Coated Duplex Board, Kraft Liner Board dan Corrugated Medium Paper.

“Kami sangat senang dapat bekerjasama dengan ABB dan menggunakan produk ABB untuk mesin kertas kami dan kami menghargai kontribusi ABB selama ini terhadap Fajar Paper untuk banyak proyek,” ujar Wimba Wibawa, Engineering Director PT Fajar Surya Wisesa, Tbk.

Ruang lingkup pengiriman terdiri dari sistem kontrol yang sudah didistribusikan untuk persiapan persediaan, kawasan kimia dan mesin kertas serta kualitas sistem kontrol untuk mesin kertas dengan dua pemindai. Sistem otomasi pihak ketiga yang sudah ada akan diganti oleh Automation System 800xA milik ABB, sebagai solusi untuk permasalahan yang sering dihadapi sistem otomasi. Dengan proyek ini, Fajar Paper akan semakin mendekati rencana awal mereka untuk memiliki sistem otomasi terintegrasi di seluruh area.

“Kami sangat senang dapat berkolaborasi dengan Fajar Paper untuk kesekian kalinya setelah proyek sebelumnya yang sudah sukses dilaksanakan untuk sistem otomasi pada Paper Machine 5. Kami sangat mengharapkan kerjasama yang berkelanjutan dengan Fajar Paper di masa mendatang,” ujar Ravi N., manajer divisi Process Automation di ABB Singapura. “ABB memiliki pengetahuan dan pengalaman yang luas terkait proyek seperti ini dan akan terus meningkatkan jejak rekam yang kuat untuk selalu memberikan teknologi yang efisien dan dapat diandalkan di industri kertas”.

800xA adalah platform process automation unggulan milik ABB yang terdiri dari sistem kontrol yang sudah didistribusikan, sistem kontrol keamanan, kualitas sistem kontrol dan sistem kontrol kelistrikan. ABB (www.abb.com) adalah perusahaan kelistrikan dan teknologi otomasi yang dapat menjalankan manfaat, industri, transportasi dan infrastruktur pelanggan untuk meningkatkan kinerja sekaligus menurunkan dampak berbahaya bagi lingkungan. Perusahaan – perusahaan yang tergabung dalam Grup ABB beroperasi di lebih 100 negara dengan karyawan lebih dari 140.000 orang. (r0)