19/09/2020

Jadikan yang Terdepan

Pekerja Film Surabaya Bikin Film Layar Lebar “Senandung Harapan”

* Terlecut Kesuksesan Film “Surabaya 45” 25 Tahun Lalu

JpegSurabaya, KabarGress.Com – Zen’s Production dan Bunga Langit Production akan membangkitkan perfilman lokal dengan membuat film layar lebar berjudul Senandung Harapan. “Hari ini telah kita mulai prosesnya dengan pemotongan tumpeng. Akhir April nanti kami akan memulai casting dan rencananya setelah lebaran film yang asli Suroboyo ini akan dirilis,” ungkap Dhahana Adi Pungkas, salah satu penulis skenario film tersebut, saat konferensi pers di sela-sela acara bertemakan “Saatnya Film Surabaya”, di Gedung Perpustakaan Bank Indonesia (BI) Surabaya, Jl Taman Mayangkara No. 6, Surabaya, Sabtu (11/4/2015).

Menurut Ipung, demikian biasa disapa, 25 tahun lalu atau di tahun 1990, Surabaya pernah mengguncang jagad perfilman nasional lewat Surabaya 45 (Merdeka atau Mati). Bahkan film layar lebar yang lahir dari pekerja film Surabaya, mengambil tema ke-Surabayaan, dan pendanaan dari pemerintahan di Surabaya tersebut pada 1991 mendapat penghargaan khusus di ajang Festival Film Indonesia (FFI) 1991.

“Hari Film Nasional yang jatuh pada 30 Maret lalu, atau seperempat abad suksesnya film Surabaya 45 menjadi momentum bagi kami para talent lokal untuk mewujudkan sebuah karya film dari lokalitas atau kedaerahan,” tandasnya.

Nantinya seting film yang disutradarai Don Aryadien ini akan mengambil lokasi seperti sekolah, rumah, kampung-kampung dan tempat-tempat bersejarah di Surabaya. Juga akan didukung para sesepuh Surabaya yang akan menunjukkan kemampuan akting, seperti Akhudiyat, Dukut Imam Widodo, Johan Silas serta Sam Abede Pareno.

“Seperempat abad bukanlah waktu pendek. Namun layar Surabaya tiba-tiba redup bahkan mati. Ini saatnya membangkitkan perfilman lokal dari gempuran film-film pusat,” timpalnya.

Film Senandung Harapan akan lebih menitikberatkan pada peran anak-anak dan keluarga. “Karena dari semua anak-anak lah dimulainya suatu impian juga harapan,” ujarnya.

Ditambahkan, acara proses awal penggarapan film Senandung Harapan juga diwarnai dengan pembacaan puisi budayawan Surabaya, juga hiburan musik penyanyi-penyanyi cilik. (ro)

Teks foto: Para awak film yang akan menggarap Senandung Harapan.