13/01/2023

Jadikan yang Terdepan

Super SC88 Laundry Compound, Sigap Bersihkan Kotor Banjir

Super SC88 Laundry CompoundSurabaya, KabarGress.Com – Banjir selalu meninggalkan segudang masalah. Pakaian, lantai, dinding, bahkan perabot rumah tangga menjadi kotor berat. Penyakit kulit dan penyakit lainnya seperti leptospirosis dan diare dapat menjadi ancaman serius bagi sebagian masyarakat yang mengalam musibah banjir.

Air banjir memang mengandung segala jenis kotoran yang sangat berbahaya bagi kesehatan. Itu sebabnya, setelah banjir surut, rumah perlu segera dibersihkan agar tidak menimbulkan masalah berikutnya. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membersihkan pakaian dan rumah sehabis banjir yaitu dengan memastikan rumah aman dari arus listrik (kabel aktif) dan struktur bangunan (kayu lapuk), cermati jika ada kemungkinan binatang berbisa masuk dan sembunyi dalam rumah, mengecek jika ada bahan kimia ikut hanyut dan tertinggal dalam rumah.

Disarankan memakai sepatu boot, sarung tangan, dan masker saat membersihkan bagian rumah. Buanglah barang yang rusak atau kemungkinan jadi tempat subur kuman penyakit. Jika ada barang yang masih bisa dipakai, bawa keluar rumah untuk dibersihkan. Menguras air menggenang, buka pintu dan jendela untuk mengalirkan udara segar. Bersihkan pakaian, rumah, perabot sebersih mungkin agar terbebas dari kuman. Dan tak kalah penting, segera cuci tangan setiap kali memegang pakaian atau barang kotor bekas banjir. Hindari terjadinya luka tergores agar tidak terjadi infeksi atau tetanus.

Khusus untuk membersihkan pakaian yang kotor, bau, dan berwarna coklat akibat air banjir, pasti membutuhkan pembersih yang bukan hanya aman bagi kulit tapi juga berdaya bersih serta antikuman yang tinggi. Hal ini bisa diperoleh dari Super SC88 Laundry Compound, produk yang dikeluarkan oleh PT Citra Nusa Insan Cemerlang (CNI).

Head of Non Food Dept Chendra Tirto menjelaskan Super SC88 Laundry Compound adalah serbuk cuci konsentrat (seluruhnya bahan aktif tanpa pengisi/pengencer) sehingga pemakaian irit dan ekonomis. Daya bersih sangat tinggi karena dilengkapi tiga enzim yaitu lipase, protease, dan celulase sehingga mampu membersihkan berbagai jenis kotoran. Dibuat dari bahan ramah lingkungan dan antikarat yang aman bagi kulit maupun benda/peralatan.

Pusat Penelitian Bioteknologi merekomendasikan Super SC88 Laundry Compound sebagai bahan yang efektif menghambat pertumbuhan kuman (jamur dan bakteri) dan penularan penyakit. “Dengan Microorganism Fighter (MOF) Super SC88 Laundry Compound menghindari pakaian dari bau tidak sedap meskipun direndam lama ataupun tidak kering sempurna seperti yang sering terjadi saat musim hujan,” kata Chendra.

Ada beberapa konsumen yang telah menggunakan Super SC88 Laundry Compound menceritakan pengalamannya dalam mengatasi dampak banjir. “Tiga karung lebih cucian kotor dan berlumpur karena banjir tidak masalah! Tinggal rendam dengan Super SC88 Laundry Compound selama satu jam, cucian langsung bersih cemerlang, tidak berbau apek!,” jelas Tantri konsumen yang berasal dari Bekasi.

“Saat banjir, dua minggu lebih rumah kami tidak dialiri PDAM. Kebayang kan susahnya mandi dan mencuci kalau nggak ada air? Untung saya pakai Super SC88 Laundry Compound yang hemat air. Cukup 1x bilas, beres!,” tambah Rita yang juga salah satu konsumen CNI yang menjadi korban banjir di daerah Cililitan.

Chendra juga menjelaskan beberapa tips/cara membersihkan pakaian/bahan kain agar terbebas dari kotoran dan kuman. “Dengan melarutkan 25 gram Super SC88 Laundry Compound dalam air, rendam 5–7 kg pakaian selama 1⁄2 jam untuk mengikat kotoran. Kemudian kucek atau hidupkan mesin cuci, maka kotoran akan diikat larutan dan tidak balik (anti redeposisi). Bilas air bersih satu kali saja untuk menyempurnakan kebersihan pakaian, lalu keringkan,” jelas Chendra.

Selain untuk mencuci pakaian Super SC88 Laundry Compound juga bisa digunakan untuk mencuci aneka perhiasan/aksesoris dan jam tangan. Super SC88 Laundry Compound membersihkan kotoran yang menempel di sela-sela aksesoris yang tidak mudah dibersihkan.

Dengan cara melarutkan 1 sendok Super SC88 Laundry Compound kedalam air bersih lalu diaduk dan celupkan perhiasan/aksesoris yang ingin dibersihkan dengan diaduk-aduk secara perlahan hingga kotoran-kotorannya keluar (untuk hasil yang maksimal bisa menggunakan sikat gigi untuk menyikat sela-sela aksesoris yang sulit dibersihkan). Setelah itu bilas dengan air bersih dan keringkan dengan menggunakan lap/tissu bersih. Selain itu untuk membersihkan dinding dan perabot rumah akibat banjir, juga bisa menggunakan seri Super SC88 MPC. (ro)