Polytron Produksi Puluhan Juta Unit Perangkat Elektronik

SANTO 2Jakarta, KabarGress.Com – Mau kemana tahun 2015? Sepertinya sudah menjadi perencanaan bagi PT Hartono Istana Teknologi untuk strategi marketingnya di sepanjang 2015.

Perusahaan yang awalnya bergerak di jajaran perangkat elektronik rumah tangga, di tahun 2015 ini lebih konsentrasi di pasar smartphone yang merupakan divisi paling muda yang di bangun PT Hartono Istana Teknologi.

Keseriusannya dengan memproduksi smartphone Android dengan teknologi 4G LTE dengan 64 bit processor dengan menggandeng Qualcomm sebagai chipset yang digunakannya di dalam ZAP 5.

Keberhasilan penjualan ZAP 5 di masa pre-order, Polytron telah berhasil melepas 3000 unit di blibli.com pada masa itu yang dimulai sejak 28 Januari 2015. Tak hanya itu, dukungan dari pemerintah juga memberikan dorongan besar bagi Polytron untuk tetap berkonsentrasi di lini Smartphone. Dengan kunjungan Kementrian Komunikasi dan Informasi Rudiantara ke pabrik Polytron di Kudus, pada 23 Februari 2015. Kunjungan tersebut juga dihadiri oleh Sofyan Wanandi selaku Advisor To Vice President.

Santo Kadarusman selaku Public Relations dan Marketing Event Manager mengatakan, “Kunjungan Menkominfo Bapak Rudiantara adalah untuk melihat kesiapan produsen lokal dalam aturan TKDN yang rencananya akan  mulai diberlakukan di Indonesia per 1 Januari 2017. Menkominfo Rudiantara juga sangat concern terhadap nilai impor komponen yang dapat ditekan jumlahnya jika TKDN 40% dapat diterapkan pada awal tahun 2017”.

Dalam kesempatan lain, untuk jajaran elektronik Polytron juga memiliki strategi berbeda, yaitu dengan menciptakan inovasi teknologi pada speaker yang tidak lama lagi akan dirilis kepasaran. Untuk tujuan yang sama, Polytron belum lama ini juga telah menyelenggarakan Dealers Gathering yang merupakan acara rutin tahunan untuk para dealer elektronik di Indonesia. Dalam kesempatan ini penganugerahan pun disandang dan diberikan kepada dealer yang berprestasi.

Sedang untuk lini home appliances, belum lama ini Air Conditioner Logicool Extra milik Polytron telah meraih Golden Award dari Majalah Home Diary Magazine atas predikat sebagai AC yang ramah lingkungan dan layanan garansi  After Sales berupa 5 tahun garansi kompresor dan 2 tahun garansi sparepart.

Selain agenda marketing, Polytron juga concern dalam tanggung jawab sosial perusahaan atau program Corporate Social Responsibility. Belum lama ini, bertempat di Universitas Pamulang, Polytron mengadakan program CSR dengan mengundang pakar CSR untuk berdiskusi bersama dalam hal CSR yang berkesinambungan.

Santo menambahkan, “Di triwulan pertama Polytron telah berhasil memproduksi puluhan juta perangkat elektronik, dan untuk sisa sembilan bulan berikutnya di tahun 2015 ini Polytron akan tetap terus konsisten memproduksi lebih banyak untuk menutupi pasar demand di Indonesia. Namun saat ini kendala ada pada nilai tukar rupiah yang kurang stabil sehingga mempengaruhi biaya produksi sebagian komponen elektronik, sebab sebagian kecil komponen masih impor dari luar. Namun Kami yakin hal ini dapat dilalui dengan baik, berhubung Polytron telah eksis di Indonesia selama 40 tahun sebagai brand elektronik lokal yang hingga kini masih tetap diminati masyarakat Indonesia”, tutup Santo. (ro)

Teks foto: Santo Kadarusman.

Leave a Reply


*