24/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Terkait Pemilukada, Komisi A Segera Panggil KPU dan Pimpinan Parpol

Surabaya, KabarGress.Com – Komisi A DPRD Kota Surabaya, akan segera memanggil penyelenggara pemilu yaitu KPU, dan panwas serta pihak terkait diantaranya Bakesbanglinmas dan Pimpinan Partai Politik. Ketua Komisi A, Herlina Harsono Nyoto mengatakan, pemanggilan tersebut sebagai bentuk dukungan dari DPRD atas diselenggarakanya Pemilihan Kepala Daerah (Pemilukada) yang akan digelar akhir tahun 2015.

“Ini merupakan bentuk dukungan dari DPRD atas penyelenggaraan Pemilukada, baik anggaran maupun secara teknis,” ujarnya, Kamis (26/3/2015).

Dalam pertemuan itu nantinya, lanjut Herlina, kalangan dewan akan koordinasi dengan penyelenggara pemilukada dan pimpinan parpol dengan tujuan untuk memantabkan tahapan persiapan pesta demokrasi serta untuk menciptakan situasi yang kondusif pada pelaksanaannnya.

“Ini untuk membuka pintu koordinasi, baik pelaksanaan maupun untuk pemilukada yang kondusif, nanti juga ada tahapan pelaksanaan, terkait hal-hal teknis  proses pencalonan.” tuturnya.

Alumnus Psikologi Untag Surabaya ini mengatakan, Pemilukada Surabaya yang direncanakan akan berlangsung Desember mendatang diperkirakan menelan anggaran sekitar 100 miliar rupiah. “Total anggaran pemilukada Rp. 100 Miliar lebih,” ungkapnya.

Pemerintah Kota (Pemkot), menurutnya telah mengalokasikan anggaran itu di Bakesbanglinmas. Dari alokasi anggaran yang ada sekitar Rp71 miliar untuk keperluan KPU. Sementara sisanya untuk pengawasan dan pengamanan pemilukada. Serta untuk KPU sebesar Rp71 Milyar dari total anggaran Rp100 Milyar.

Lebih dalam, politisi asal partai Demokrat ini menambahkan, pagu anggaran senilai Rp100 miliar sebenarnya untuk proyeksi dua putaran. Meski dalam aturan terdapat pemangkasan tahapan. Alokasi tersebut mencukupi untuk pelaksanaan pemilukada. Pasalnya, hingga saat ini juga belum ada permintaan penambahan anggaran dari penyelenggara pemilukada.“Anggarannya cukup realitis kemungkinan mencukupi,” pungkasnya. (tur)