Dukung Program Bandung Kota Kreatif dan Teknopolis, XL Berkomitmen Sediakan Internet Cepat

4GBandung_2Bandung, KabarGress.Com – PT XL Axiata Tbk (XL) operator telekomunikasi terbesar kedua di Indonesia berkomitmen kuat untuk mendukung program pembangunan di berbagai daerah melalui penyelenggaraan layanan telekomunikasi berkualitas, terutama internet cepat. Karena itu, XL berkomitmen kuat untuk mendukung visi Pemerintah Kota Bandung menuju Bandung Kota Kreatif, Teknopolis. Dukungan XL diimplementasikan melalui penyediaan layanan internet cepat 4G LTE di Bandung. Komitmen XL ditandai dengan peluncuran kartu perdana edisi khusus yang didesain oleh Walikota Bandung, Ridwan Kamil, Jum’at (20/3).

Selain Walikota Bandung, turut hadir dalam acara ini Dirjen Sumberdaya dan Perangkat Pos dan Informatika Kemenkominfo, Dr. Muhammad Budi Setiawan, serta Direktur Service Manajemen XL, Ongki Kurniawan.

Ongki Kurniawan mengatakan, “Sudah sejak lama Bandung terkenal sebagai trend setterproduk kreatif di Indonesia. Industri kreatif begitu berkembang di kota ini dari masa ke masa dan menjadi salah satu penopang utama perekonomian kota ini. XL dengan sangat terbuka akan mendukung program Pemda Kota Bandung untuk membangun industri kreatif yang lebih maju dengan menyediakan layanan internet cepat. Dukungan layanan kami ini juga bisa dimanfaatkan untuk membangun e-goverment serta “blusukan digital” seperti yang dilakukan Bapak Walikota, ‎yang pada intinya akan menunjang aktivitas Pemerintah Kota Bandung.”

Ongki menegaskan, bahwa XL memiliki visi ikut mendorong pembangunan ekonomi di semua wilayah Nusantara, sesuai visi ”Indonesia Broadband Plan”. Jadi kerjasama sejenis akan terus XL kembangkan dengan pemerintah daerah lain.‎ Di awal 2015 ini, XL setidaknya sudah menjalin kerjasama pemanfaatan layanan digital dan internet cepat dengan Pemkot Yogyakarta, Pemprov DKI Jakarta, Pemprov Nusa Tenggara Barat.

‎Penyediaan layanan internet cepat di Ibu Kota Jawa Barat ini antara lain diwujudkan dengan menyelenggarakan uji coba layanan 4G LTE mulai 20 Maret 2015. Selain dukungan dalam bentuk antara lain layanan 4G yang menjangkau hampir seluruh wilayah Bandung, XL juga akan membantu kalangan pengembang aplikasi lokal untuk mengembangkan bisnis start up mereka dengan memberikan ‎Incubation Space di kantor XL yang dilengkapi dengan dengan koneksi internet cepat, hotspot Wifi LTE, serta membantu pemasaran aplikasi buatan anak Bandung melalui Gudang Aplikasi.

Penyediaan layanan internet cepat di Bandung sekaligus juga untuk turut serta mensukseskan penyelenggaraan acara napak tilas Konferensi Asia Afrika (KAA), pada tanggal 24 April 2015. Pada saat itu, akan hadir banyak tamu negara dari berbagai belahan dunia. Layanan telekomunikasi dan termasuk internet cepat akan menjadi kebutuhan yang vital. Untuk itu, XL akan berusaha kuat menyediakan layanan terbaik dengan mengerahkan sumberdaya maksimal demi suksesnya hajatan negara ini.

Untuk menyelenggarakan layanan 4G LTE di Bandung ini, XL telah menyiapkan 56 ‎BTS 4G yang menjangkau hampir semua area keramaian dan pusat aktivitas bisnis, pendidikan, pariwisata, hiburan, dan pemerintahan di Kota Bandung. Pelanggan XL bisa mengakses layanan 4G secara gratis di lokasi tersebut, dengan terlebih dulu menukarkan kartu SIM XL ke kartu khusus 4G.

Di sisi ekosistem, XL juga sudah mempersiapkannya dengan antara lain menyediakan paket bundling dengan sejumlah produsen ponsel 4G dengan harga yang terjangkau. Selain itu, juga tersedia beragam aplikasi digital yang kaya manfaat bagi pelanggan, seperti antara lain (gratis streaming lagu di Guvera, live streaming nonton pertandingan bola Liga Inggris, video streaming di VIKI, dan konten Muslimku), serta paket data layanan 4G-LTE.

4G-LTE merupakan teknologi jaringan telekomunikasi tercanggih saat ini. LTE disebut-sebut memiliki keunggulan terutama antara lain pada kecepatan, efisiensi jaringan, dan jangkauan layanan. Dengan keunggulan yang ditawarkan tersebut, pengguna akan mendapatkan manfaat seperti kecepatan dan kestabilan akses layanan data yang lebih baik, termasuk untuk upload atau pun download konten-konten berkapasitas besar seperti foto atau video, maupun mengirim atau menerima file-file besar.

Pelanggan layanan internet XL saat ini mencapai sekitar 30 juta atau 50% dari total 59,6 juta pelanggan. Sementara pelanggan XL yang telah menggunakan smartphone saat ini telah mencapai sekitar 16,1 juta pelanggan. Hingga saat ini, XL juga telah melakukan modernisasi seluruh jaringannya, yang kemudian dilanjutkan dengan melakukan implementasi transformasi jaringan di beberapa wilayah secara bertahap untuk dapat meningkatkan kualitas layanan dan pengalaman pelanggan yang lebih baik dalam menggunakan berbagai layanan yang disediakan.

Selain itu, XL juga telah memiliki jaringan infrastruktur fiber optik sepanjang lebih dari 30 ribu km, serta BTS sebanyak lebih dari 52 ribu BTS (3G/2G) yang tersebar di berbagai wilayah di Indonesia. Dengan demikian, jaringan XL telah siap dipergunakan untuk mengimplementasikan layanan Hotrod 4G-LTE. Ketika nanti teknologi netral di frekuensi 1.800 MHz telah siap dipergunakan untuk layanan 4G LTE, XL sudah siap untuk lebih memperluas jangkauannya ke berbagai daerah. (ro)

Leave a Reply


*