10/08/2020

Jadikan yang Terdepan

Henky Kurniadi Gelar Seminar Kebangsaan di Universitas Negeri Surabaya

Achmad Hidayat _AH_Surabaya, KabarGress.Com – Kemajuan teknologi dan pasar bebas saat ini seara langsung mulai melupakan nilai-nilai luhur dalam empat pilar kebangsaan. Padahal nilai tersebut harus dijaga dan diamalkan guna meningkatkan toleransi antar umat beragama serta peningkatan nilai social budaya dalam kehidupan bermasyarakat.

Anggota Komisi XI DPR RI, Henky Kurniadi mengatakan, nilai empat pilar seharusnya bisa lebih dijaga dan dilestarikan oleh pemuda-pemudi Indonesia. Sebab, empat pilar yang meliputi asas dasar pancasila tesebut adalah pondasi bangsa Indonesia.

“Hal ini adalah kewajiban seluruh pemuda Indonesia untuk menjaga empat pilar ini. Saya sangat ironis sekali sejak zaman masa orde baru empat pilar kebangsaan ini semakin lama semakin dilupakan,” ucap Henky di hadapan mahasiswa Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Rabu (18/3/2015).

Henky menuturkan, ke empat pilar ini tidak bias dipisahkan antara satu dengan yang lain. Sebab, hal ini bias menyebabkan rasa persaudaraan dan kebersamaan yang selama ini dibangun akan pudar, sehingga proses pnumbuh kembangan nilai pancasila semakin menurun.

“Seharusnya hal ini harus bisa ditumbuhkan, bahkan ditanamkan sejak dini di dalam jiwa masyarakat Indonesia. Terutama juga khususnya di kalangan mahasiswa. Karena mahasiswa adalah generasi penerus bangsa,” tuturnya.

Dirinya menambahkan, di era reformasi seperti saat ini, memang kebanyakan pemuda tidak memahami apa arti empat pilar kebangsaan. Hal inilah yang nantinya akan membuat bangsa Indonesia semakin tertindas oleh Negara maju di dunia.

“Memang ada untung ruginya. Keuntunganya adalah karena Indonesia menjadi Negara reformasi terbesar di dunia, tapi di sisi lain era reformasi juga memiliki sejumlah kerugian. Sebab, dengan demokrasi pula tindakan yang bertentangan mulai bermunculan,” pungkasnya. (tur)