25/10/2020

Jadikan yang Terdepan

Peluncuran Project Inspire: 5 Menit untuk Mengubah Dunia

* Kompetisi bagi Kaum Muda dalam Pengembangan Ide-Ide Inspiratif

Jakarta, KabarGress.Com – Menjelang Hari Perempuan Internasional 2015, Komite UN Women dari Singapura dan MasterCard mengumumkan peluncuran acara tahunan ini dengan membuka pendaftaran untuk Project Inspire: 5 Menit untuk Mengubah Dunia (Project Inspire: 5 Minutes to Change the World).  Bertepatan dengan peringatan 5 tahun dukungan terhadap para wirausaha sosial muda yang memberi dampak terhadap wanita dan anak perempuan di seluruh dunia. Untuk tahun 2015, acara tersebut dijanjikan akan menjadi acara yang sangat menarik.

Dengan lebih dari 1.800 ide yang telah diajukan dari 72 negara di seluruh dunia, Project Inspire kini menjadi kompetisi multi-award dan salah satu program CSR paling terkenal di kawasan Asia Pasifik. Tantangan untuk tahun ini ialah menyambut kembali mitra-mitra jangka panjang yang memiliki komitmen terhadap pemberdayaan perempuan dan kewirausahaan sosial, seperti mitra di bidang pengetahuan INSEAD: The Business School for the World; mitra bisnis Bain & Company & mitra pendukung Hilton WorldWide. Project Inspire 2015 juga menyambut mitra pendukung baru, yakni Top3 Media.

“Project Inspire: 5 menit untuk mengubah dunia” diluncurkan pada tahun 2011 untuk memperingati Hari Perempuan Internasional ke-100 dan ulang tahun MasterCard di Asia Pasifik, Timur Tengah dan Afrika yang ke-25. Project tersebut merupakan sebuah program global yang menjadi wadah bagi kaum muda berusia 18-35 tahun untuk mempresentasikan ide-ide inspiratif yang mereka miliki kepada dunia. Pada tahun lalu, Indonesia berhasil masuk menjadi finalis dengan judul “Project Light–Darkness/Interrupted” dan “Empowering Women Rose Farmers”.

Project Inspire 2015 mengambil tema ‘Teknologi dan Rancangan bagi Pemberdayaan Ekonomi’ dengan hadiah utama sebesar US$25.000 serta hadiah kedua sebesar US$10.000 untuk mewujudkan ide-ide mereka menjadi kenyataan. Para calon peserta akan diminta untuk menunjukkan bagaimana mereka menggunakan rancangan dan teknologi sebagai alat dalam kegiatan yang mereka lakukan guna memberdayakan perempuan secara ekonomi di seluruh Asia, Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

“Merayakan lima tahun Project Inspire merupakan sebuah pencapaian yang sangat saya banggakan. Dengan kerja sama yang kuat bersama para mitra dan co-founders, MasterCard menyambut baik dukungan dari INSEAD: The Business School for the World, Bain & Company, Hilton WorldWide dan Top3 Media sebagai bukti banyaknya kompetisi yang telah tumbuh dan terus berkembang selama bertahun-tahun,” ujar Triana Liang-Lin, Presiden Komite UN Women dari Singapura. “Dampak yang dapat kita lihat sejak tahun 2011 melalui kompetisi bagi wanita dan anak perempuan di seluruh dunia, telah memperkuat posisi Singapura sebagai lingkungan yang sempurna untuk memperkenalkan dan membawa para wirausaha sosial muda ke tingkat global”

Georgette Tan, Group Head Communications MasterCard di Asia Pasifik, menambahkan, “Program ini merupakan hal sangat penting yang telah dilakukan guna memberdayakan dan mendorong perempuan untuk mendobrak bidang-bidang yang secara umum didominasi oleh laki-laki dalam hal teknologi dan desain. Berkarir dalam bidang ini memberikan kesempatan kepada perempuan untuk mandiri secara finansial dan memberikan dampak positif kepada dunia melalui kepemimpinan dan kreativitas. MasterCard sangat bangga bermitra dengan Komite UN Woman Singapura dan menjadi saksi bahwa Project Inspire telah memberikan pengaruh yang baik dalam kurun waktu 5 tahun. Kami berkomitmen untuk mendukung perempuan dari segala usia dan berharap dapat membantu menanamkan kepada generasi penerus dari pengusaha sosial muda di seluruh dunia pada tahun 2015 dan seterusnya”

Untuk mengikuti kompetisi tersebut, para calon peserta harus menyerahkan sebuah video berdurasi 5 menit yang menceritakan bagaimana hadiah sebesar US$25.000 akan digunakan untuk meningkatkan kehidupan para wanita dan/atau anak perempuan. Kompetisi ini dimulai pada hari Rabu, 25 Februari 2015 dan pengajuan pendaftaran dapat dilakukan melalu website Project Inspire, www.5minutestochangetheworld.org.

Batas waktu pengiriman ialah hari Rabu, 1 Juli 2015. Pada tahun ini, Project Inspire akan memilih dua puluh semi-finalis untuk maju ke tahap pengumpulan dana dalam kompetisi tersebut. Finalis yang dipilih dari para semi-finalis akan menghadiri Grand Final di Singapura dimana mereka akan mempresentasikan ide inspiratif mereka dihadapan para juri. Semi-finalis yang tidak terpilih tetap memiliki kesempatan untuk memenangkan sebuah tiket wild-card untuk mempresentasikan ide mereka pada Grand Final di Singapura dengan mengumpulkan jumlah pendukung paling banyak selama tahap pengumpulan dana. Para pemenang akan diputuskan oleh para juri dan akan diumumkan melalui sebuah acara di Singapura pada hari Jumat, 13 November 2015.

Bagi media yang ingin bertanya lebih lanjut dan kesempatan untuk melakukan wawancara, email: media@5minutestochangetheworld.org

Untuk mengikuti kompetisi dan mengetahui informasi lebih lanjut tentang Project Inspire, pemenang tahun lalu, alumni dan juri dari Project Inspire, serta syarat dan ketentuan yang berlaku, kunjungi: www.5minutestochangetheworld.org.

Bergabunglah dalam percakapan di Facebook: /ProjInspire dan Twitter: @Proj_Inspire menggunakan #ProjInspire (ro)