02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Sentimen Positif Terhadap Keamanan Pembayaran Mobile

Pembahasan Topik Terkait Pembayaran Mobile di Media Sosial Mendapatkan Respons yang Sangat Positif

Jakarta, KabarGress.Com – MasterCard, dalam studi tahunan ke-3, mengungkap peningkatan sentimen positif konsumen terhadap cara pembayaran secara mobile di media sosial. Pada awalnya, sentimen terkait keamanan pembayaran mobiledinilai negatif. Namun kini, tokenisasi dan biometrik telah menggeser pemikiran konsumen, dari mempertanyakan tentang keamanan pembayaran mobile hingga sekarang mendiskusikan kemungkinan-kemungkinan untuk meningkatkan pengalamandigital dalam perangkat komunikasi. 

Dalam Mobile World Congress, MasterCard mengumumkan hasil penelitian dari studi tahunan yang telah dilaksanakan selama tiga tahun terakhir tentang Pembayaran Mobile, bekerja sama dengan PRIME Research. Studi tersebut menemukan bahwa pada tahun 2014, secara global terdapat 19,1 juta posting di sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram, Forums, Weibo (CN), Google+ dan YouTube, jauh meningkat dari ‘hanya’ 85 ribu posting di tahun 2012.

Studi tersebut juga tidak hanya menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa dalam peningkatan jumlah perbincangan, namun juga adanya perubahan pada pola serta fokus diskusi di dalam masyarakat.

 

Lonjakan Perbincangan Positif

  • Secara keseluruhan, perbincangan di sekitar topik pembayaran mobile terus meningkat. Secara global pada tahun 2014, 94% perbincangan mengenai topik tersebut tumbuh dengan sangat baik, dibandingkan dengan 77% pada tahun lalu dan 70% pada tahun 2012.
  • Perbincangan paling positif membicarakan topik inovasi, penghargaan, loyalitas serta kenyamanan pembayaran mobile(rata-rata 91% sentimen positif)

 

Topik tentang Keamanan masuk ke dalam Pembahasan Topik Positif

  • Secara keseluruhan, 91% dari perbincangan mengenai keamanan pada tahun 2014 tumbuh dengan sangat baik, meningkat dari 20% pada tahun 2012 dimana saat itu topik tentang keamanan merupakan topik palingnegatif.
  • Kebingungan dan perhatian terhadap keselamatan dan keamanan yang tertera dalam studi tahun 2012 dan 2013, kini telah tergantikan oleh konsumen yang tengah merasakan solusi pembayaran yang lebih aman.
  • Tokenisasi dan Biometrik (percakapan inti pada tahun 2014) memberikan kontribusi yang signifikan pada pembahasan utama tentang keamanan pembayaran mobile.

 

Perpindahan Fokus Perbincangan menjadi Keuntungan dari Pembayaran secara Mobile melalui Inovasi

  • Walaupun perbincangan mengenai keamanan berada diantara topik positif dalam studi, namun jumlah perbincangan tersebut amat rendah.
  • Perbincangan terhadap inovasi digital dan peningkatan pengalaman disampaikan secara mobile dengan perangkat yang saling terhubung, menjadi perbincangan mayoritas pengguna (71%) dari diskusi sosial antara pemangku kepentingan pada tahun 2014.

o   Kenyamanan merupakan aspek yang paling positif dari pembayaran mobile (94% sentimen positif). Konsumen sangat tertarik untuk membagikan pengalaman mereka setelah melakukan transaksi dengan perangkat mobile, khususnya terhadap cara memanfaatkan hal tersebut untuk transaksi harian.

o   Bersamaan dengan kenyamanan, adanya insentif hadiah tambahan, seperti pengumpulan kupon dan program loyalitas serta poin tambahan juga sering dibahas dalam perbincangan yang berhubungan denganinovasi (24% dari perbincangan). Adanya potensi penambahan manfaat tersebut dapat diintegrasikan dengan penawaran pembayaran mobile untuk memperkuat loyalitas konsumen dalammenggunakan perangkat mobile(58% dari perbincangan didorong oleh konsumen) dimana hal tersebut membuka peluang untuk MasterPass dan layanan pembayaran digital lainnya. (ro)

 

 

Tentang Studi

PRIME Research melakukan studi tahunan ke-3 tentang pembayaran mobile, yang dirancang untuk mengidentifikasi perkembangan perilaku konsumen terhadap pembayaran digital dan solusi mobile. Menggali lebih dari 19,1 juta post di sosial media selama tahun lalu seiring dengan peningkatan jumlah sosial media, seperti Twitter, Facebook, Instagram, Forums, Weibo (CN), Google+ and Youtube, studi ini meliputi opini konsumen yang unik dari 56 pangsa pasar di Amerika Utara dan Selatan, Eropa, Africa, Asia dan Pasifik.

 

Mencerminkan lonjakan ketertarikan terhadap pembayaran digital dan solusi mobile, tahun ini penelitian tersebut menemukan adanya lebih dari 8 juta perbincangan mengenai topik ini, termasuk komentar konsumen dan perbincangan dari news-driven. Menggunakan teknologi dan metode analisis media sosial berbasis kemanusiaan milik PRIME, perusahaan riset ini mengidentifikasi tren dalam inovasi, keselamatan dan keamanan, serta aspek lainnya yang terkait dengan pembayaran digital.

 

Tentang MasterCard

MasterCard (NYSE:MA), www.mastercard.com, merupakan perusahaan teknologi dalam industri pembayaran global. Kami mengoperasikan jaringan  proses pembayaran tercepat, menghubungkan konsumen, institusi finansial, merchants , pemerintah, dan bisnis pada lebih dari 210 negara dan wilayah. Produk dan solusi MasterCard membuat aktivitas perdagangan – seperti berbelanja, bepergian, merencanakan bisnis, dan mengatur keuangan – lebih mudah, lebih aman, dan lebih efisien bagi siapa saja. Follow kami di Twitter @MasterCardNews, bergabunglah dalam diskusi di Cashless Pioneers Blog dan subscribe untuk berita terakhir mengenai Engagement Bureau.