03/12/2020

Jadikan yang Terdepan

Prodia, Pelopor Laboratorium Berkonsep Green Building di Indonesia

* Green Life, Healthy Life

Prodia mengajak para pelanggan untuk menikmati kebaikan yang Prodia ciptakan bersama alam melalui inovasi terbaru Grha Prodia Surabaya, satu-satunya laboratorium berkonsep green building di Indonesia.

Ibu Risma dengan ramah menyapa para pelanggan ProdiaSurabaya, KabarGress.Com – PT Prodia Widyahusada (Laboratorium Klinik Prodia) menyelenggarakan Grand Opening Grha Prodia Surabaya, laboratorium klinik pertama di Indonesia yang menerapkan konsep green building. Grand Opening Grha Prodia Surabaya ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Walikota Surabaya, Ir. Tri Risma Harini, MT didampingi Komisaris Utama (Bpk. Drs. Andi Wijaya, Ph.D) dan direktur Utama PT Prodia WIdyahusada (Dr. Dewi Muliaty, M.Si).

Berlokasi di Jl. Dipenogoro 149-151, gedung ini menempati lahan seluas ± 1051.85 m2. Grha Prodia Surabaya didesain hanya menempati 50% dari lahan yang tersedia dan sisanya dipergunakan untuk land scaping dan green roof. Ruang terbuka hijau yang disediakan di gedung ini yaitu sekitar 22% dari luas tanah, yang berarti dua kali lipat lebih luas dari yang dipersyaratkan pemerintah kota yaitu 11%. Pihak Manajemen Laboratorium Klinik Prodia telah mengajukan sertifikasi green building LEED (Leadership in Energy and Environmental Design) yang dikeluarkan oleh USGBC (United States Green Building Council) untuk Grha Prodia Surabaya. Hingga saat ini hanya ada 5 (lima) bangunan di Indonesia yang telah disertifikasi LEED, yaitu 4 (empat) industri/pabrik dan 1 (satu) ressort. Belum pernah ada office building ataupun laboratorium yang memperoleh sertifikasi tersebut. Hal ini merupakan kali pertama di Indonesia, sebuah Laboratorium Klinik mengajukan sertifikasi LEED.

Penerapan konsep Green Building di Grha Prodia Surabaya ini merupakan kontribusi Prodia untuk meningkatkan efisiensi dan konservasi energi (air dan listrik), meningkatkan kualitas lingkungan gedung terutama dalam hal kesehatan dan produktivitas penghuni bangunan, serta mengurangi sampah, polusi dan kerusakan lingkungan. Sebagai salah satu upaya untuk mengurangi pemakaian air bersih, Grha Prodia Surabaya menggunakan sanitair yang hemat air. Material yang dipakai berupa materi lokal seperti hasil daur ulang dan materi alami yang memenuhi standar green building.

Pihak manajemen Prodia juga telah melakukan peningkatan fasilitas dan pelayanan bagi para pelanggan untuk dapat menikmati nuansa alami gedung ramah lingkungan yang nyaman dan sehat. Berbagai fasilitas yang telah disediakan yaitu ruang tunggu yang dilengkapi dengan ruang tunggu khusus wanita, VIP Lounge untuk anggota Prodia Customer Club & keluarga serta pemegang kartu prioritas, ruang konsultasi dokter, Childlab Unit khusus untuk anak, ruang pertemuan untuk edukasi kesehatan, dan perpustakaan lengkap dengan buku dan jurnal kesehatan. Selain itu, disediakan layanan home service, layanan pengiriman hasil pemeriksaan, layanan hasil pemeriksaan online (website dan mobile web), layanan konsultasi hasil pemeriksaan, dan layanan edukasi.

Laboratorium Klinik Prodia juga melengkapi green building ini dengan sistem dan peralatan laboratorium berteknologi tinggi dan terkini, diantaranya Total Laboratory Automation (TLA), yang terdiri dari serangkaian alat yang dirancang khusus untuk mempercepat proses pengelolaan sampel dan meningkatkan kecepatan hasil pemeriksaan yang akurat. Selain itu Grha Prodia Surabaya ditetapkan sebagai Prodia Reference Laboratory Services (PRLS), pusat rujukan bagi laboratorium lainnya di wilayah Jawa Timur, Bali dan Nusa Tenggara.

Sebagai laboratorium klinik yang memiliki komitmen tanpa henti dalam mewujudkan misi Untuk Diagnosa Lebih Baik dan visi sebagai Centre of Excellence, Prodia terus melakukan inovasi untuk memberikan mutu dan layanan terbaik serta mendukung program pemerintah guna mewujudkan Indonesia yang sehat dan lebih baik. “Grha Podia Surabaya merupakan salah satu inovasi yang menjanjikan bagi kemajuan pelayanan kesehatan di Indonesia dan suatu awal atau persiapan menuju penerapan Green Laboratory di Prodia Surabaya, disusul Prodia cabang lainnya. Melalui green building ini, Prodia mengajak para pelanggan untuk meraih hidup berkualitas dalam nuansa alami gedung ramah lingkungan yang nyaman dan sehat. Grha Prodia Surabaya telah dilengkapi dengan peralatan yang canggih untuk hasil pemeriksaan yang cepat dan akurat, serta petugas yang selalu siap dengan layanan PRIMA (Professional, Ramah, Informatif, Menarik, Akurat)” Ungkap Dr. Dewi Muliaty, M.Si.

“Mengawali rangkaian acara Grand Opening Grha Prodia Surabaya ini, sebelumnya kami telah menyerahkan 500 pohon Pucuk Merah kepada Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Surabaya. Hal tersebut merupakan bentuk kontribusi Prodia terhadap penghijauan kota dan dukungan bagi kemajuan pelayanan kesehatan di Indonesia. Sejak akhir Januari 2015, ruang pertemuan Grha Prodia Surabaya juga telah dimanfaatkan untuk seminar ilmiah bagi para dokter, seminar kesehatan untuk umum, round table discussion, dan Tour de Lab untuk mahasiswa beberapa perguruan tinggi di Surabaya” tambah Laniwati Sutanto, SE, selaku Regional Head Prodia (Wilayah 6) menutup acara. (ro)