19/01/2021

Jadikan yang Terdepan

Komunikasi Fiesta “Pesona Nusantara” Dorong Industri Pariwisata dalam Hadapi MEA

Surabaya, KabarGress.Com – Komunikasi Fiesta adalah sebuah rangkaian acara kompetisi komunikasi tahunan yang diselenggarakan oleh Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM FIKOMWM) dan Lembaga Pers Mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi (LPM FIKOM WM) Unika Widya Mandala Surabaya.

Komunikasi Fiesta 2015 kali ini mengangkat “Pesona Nusantara” sebagai tema besar kami yang bertujuan untuk memaksimalkan potensi pariwisata di Indonesia sebagai salah satu cara untuk berjuang dalam MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) 2015 karena pariwisata merupakan salah satu dari 12 sektor Indonesia yang diprioritaskan untuk menghadapi MEA 2015. Dengan cara memaksimalkan potensi pariwisata Indonesia guna memberdayakan masyarakat sekitar dan sektor ekonomi seperti yang di katakan oleh Staf Direktur Jenderal Kerja sama ASEAN Kementerian Luar Negeri Rossalis Rusman Adenan

“Masyarakat tidak perlu khawatir karena negara kita mempunyai 12 sektor yang menjadi unggulan, empat di antaranya bergerak dalam bidang jasa” ujarnya. maka dari itu kami mengajak para peserta untuk bergabung dan berpartisipasi dalam acara kami pada 12-13 Maret di Unika Widya Mandala Surabaya Jl. Dinoyo 42-44 dan East Coast Jl. Kejawan Putih Mutiara No. 17. Pakuwon City Surabaya.

Komunikasi Fiesta 2015 terdapat 2 bentuk kegiatan antara lain; Seminar dan Kompetisi yang terdiri dari PResCo (Public Relations Competition) dengan tema “Maksimalkan Potensi Nusantara, Strategi Hadapi MEA 2015!” diikuti oleh peserta dari mahasiswa/i Fakultas Ilmu Komunikasi se-Indonesia, Design Your Poster dengan tema “Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” diikuti oleh peserta dari siswa SMA/SMK dan Mahasiswa/i se-Indonesia, Short Movie Festival dengan tema “Kreatif” diikuti oleh siswa/i SMA, mahasiswa/i se-Indonesia dan Komunitas dan Blogger Journalism dengan tema “Pariwisata dan Ekonomi Kreatif” diiukuti oleh siswa/i SMA serta mahasiswa/i se-Indonesia.

Dari berbagai macam tema per-kompetisi ini tidak jauh dari benang merah kompetisi besar kami yaitu “Pesona Nusantara” yang dapat di tuangkan melalui berbagai karya dari para peserta.

Selain itu Opening Komunikasi Fiesta akan di sambut kedatangan Abdullah Azwar Anas seorang Bupati Banyuwangi yang memimpin sejak 21 Oktober 2010 akan membahas tentang bagaimana meningkatkan sektor Pariwisata dalam mengahdapi MEA (Masyarakat Ekonomi ASEAN) pada 12 Maret bertempat di Gedung Audit B pada pukul 09.30 yang diikuti oleh para peserta-peserta Komunikasi Fiesta. Setelah opening, para peserta akan ditempatkan ke ruangan yang telah di tentukan sesuai dengan lomba yang diikuti.

Para peserta “Presco (PR Competition)” akan mengikuti serangkaian “One Day Tour” yaitu mengunjugi obyek wisata di Surabaya yaitu Kebun Binatang Surabaya, Kenjeran Park dan Pasar Genteng sebelum melakukan presentasi hasil karya pada 13 Maret di Plaza St. Agustinus.

Bagi peserta “Short Movie Festival” melakukan presentasi hasil karya film di Ruang A301 pada pukul 13.00 kemudian di susul dengan Seminar bersama Anggun Priambodo yang merupakan sutradara film dalam “Rocket Rain” yang berhasil menjadi 1st Winner, Frist Feature Film Director di Akademi Film Indonesia (AFI) 2014 akan di adakan pada pukul 15.00 untuk membahas bagaimana “Movie dalam Industri Kreatif dan Pariwisata” di Ruang A301.

Bagi peserta Blogger Journalism juga akan di adakan presentasi hasil karya mereka pada 13 Maret di Ruang A301 pada pukul 07.00 di susul dengan Seminar bersama ” bersama Ayos Purwoaji yang merupakan Staff Ahli Dinas Pariwisata Surabaya dan mengembangkan website travelling yaitu Hifatlobrain dan Achipelagos sebuah production house kecil yang berfokus pada pembuatan video promosi pariwisata dan film dokumenter pendek akan membahas “Blogger Journalism dalam Industri Kreatif dan Pariwisata”.

Dilanjutkan peserta Design It Yourself akan mempresentasikan hasil karya mereka pada 13 Maret di Plaza St. Agustinus pukul 13.00-15.00 WIB. Dari hasil presentasi ini akan di umumkan pada 14 Maret di East Coast Center : Jl. Kejawan Putih Mutiara No. 17. Pakuwon City Surabaya bertepat dengan closing serangkaian acara Komunikasi Fiesta.

“Besar harapan para peserta yang hadir mengikuti Komunikasi Fiesta dan Seminar bersama ahli dibidang industri kreatif ini mampu menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN melalui hasil karya mereka dan tidak menutup kemungkinan demi memajukan bangsa Indonesia” tutup Debby Utomo selaku panitia Komunikasi Fiesta 2015. (ro)