31/05/2020

Jadikan yang Terdepan

Cuplikan Internasionalisasi dalam Internasional Day UK Petra

Surabaya, KabarGress.Com – Mahasiswa di era globalisasi perlu mendapatkan pengalaman Internasionalisasi. Lalu bagaimana caranya mendapatkan pengalaman bernuansa Internasional ini? Ialah Internasional Day, sebuah acara yang di gelar oleh Biro Administrasi Kerjasama dan Pengembangan (BAKP) Universitas Kristen Petra selama satu hari penuh esok Jumat, 13 Maret 2015 mulai pukul 09.00 WIB di gedung EH lantai 2 (depan Auditorium UK Petra).

Apa itu Internasional Day? “Internasional Day ialah acara yang digelar untuk memberikan wadah kepada mahasiswa UK Petra dalam menjaring informasi terkait program internasional yang ada di UK Petra mulai dari persyaratan, prosedur, hingga informasi universitas yang dapat dituju. Selain itu, mahasiswa asing yang saat ini sedang berada di UK Petra akan turut ambil bagian sehingga mahasiswa dapat saling belajar dan berbagi pengalaman lintas budaya”, ungkap Meilinda, S.S., M.A selaku Kepala BAKP UK Petra.

Akan ada tiga kegiatan utama dalam Internasional Day pertama Internasional program information yang dimana para mahasiswa akan mendengarkan presentasi paparan informasi terkait program – program internasional di UK Petra mulai syarat, prosedur hingga daftar universitas. Kedua testimonial booth, yaitu booth yang dijaga oleh para mahasiswa yang pernah mengikuti program internasional di UK Petra.

Sehingga bisa bertukar pengalaman lebih jauh seputar negara, budaya hingga biaya yang di butuhkan. Yang tak kalah menariknya, akan ada Internasional Assembly. Dalam Internasional Assembly akan ada lima booth dari Negara Korea Selatan, Taiwan, Belanda, Brazil dan Mozambik. Booth ini akan dimeriahkan aksi oleh 8 mahasiswa asing yang ada di UK Petra antara lain games, demo memasak jajanan khas negara masing – masing hingga seni ketrampilan membuat lampion. Untuk lebih memperkenalkan negaranya, para mahasiswa asing ini nantinya akan menggunakan pakaian khasnya dalam berinteraksi dengan para mahasiswa UK Petra.

“UK Petra saat ini telah memiliki kurang lebih 60 kerjasama dengan universitas di luar negeri. Hal ini membuka peluang sebesar – besarnya pada para mahasiswa UK Petra untuk lebih menggali potensi diri dengan kesempatan belajar di luar negeri baik melalui skema pertukaran pelajar, program bergelar dan program jangka pendek seperti summer program. Hingga saat ini sudah ada kurang lebih 140 mahasiswa yang mendaftar untuk mengikuti Internasional Day ini”, tutup Meilinda. (ro)