02/02/2021

Jadikan yang Terdepan

Total Aktiva Koperasi CPW Jatim Tahun 2014 Capai Rp775 juta

Fatma Saifullah Yusuf sebagai Pengawas Pengurus Koperasi Citra Padma Wanita mendapat ucapan selamat dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim Mudjib AfanSurabaya, KabarGress.com – Total aktiva Koperasi Cipta Padma Wanita (CPW) Jatim tahun 2014 mengalami kenaikan signifikan sebesar Rp775 juta, jika dibandingkan tahun 2013 yang hanya mencapai Rp604 juta. “Kenaikan aktiva sebesar 28,8% tersebut juga ditunjang kenaikan modal ekuitas dari Rp335,1 juta menjadi Rp460,2 juta atau sebesar 37,33%. Karenanya Rapat Anggota Tahunan (RAT) tahun ini SHU yang dibagikan juga mengalami kenaikan sebanyak 17,13%,” kata Ketua Umum BKOW Prov Jatim Fatma Saifullah Yusuf yang akrab disapa Ummu Fatma, dalam acara RAT III Koperasi Jatim di Ruang Bhinaloka, Kantor Gubernur Jatim, Surabaya, Selasa (10/3).

Ia menambahkan, berdasarkan penambahan jumlah anggota dalam waktu tiga tahun juga terjadi peningkatan dari 33 orang menjadi 227 orang atau 587,88%. Ini menjadi motivasi untuk terus menambah jumlah anggota koperasi setiap tahunnya, mengingat masih ada potensi besar dari 41  Organisasi Wanita BKOW Prov. Jatim. “Saya memahami bahwa anggota merupakan salaha satu pihak yang menentukan keberhasilan koperasi, tanpa adanya partisipasi aktif dari anggota koperasi tidak akan berkembang,” jelasnya.

Sebagian SHU Koperasi CPW Jatim telah dialokasikan untuk kepentingan pendidikan koperasi melalui kegiatan studi banding. Selain itu berbagai pelatihan dan pameran juga digelar untuk membuat kompetensi anggota semakin maju dan berkembang. Demikian pula SHU juga dimanfaatkan untuk kegiatan sosial. “Meskipu SHU yang diterima masih relatif kecil namun multi fungsi koperasi sudah bisa diimplementasikan,” imbuhnya.

Lebih lanjut disampaikan, berdasarkan pernyataan Deputi Komisioner Pengawas Pasar Modal Otoritas Jasa Keungan, Sardjito, pada acara focus group discussion (FGD) di Surabaya tanggal 3 Maret lalu, berdasarkan hasil evaluasi rata-rata kecakapan pengurus koperasi masih kurang. Jika kecakapan tersebut kurang, layanan keuangan, khususnya yang sifatnya mikro di Indonesia, sangat mungkin kalah bersaing dengan asing. “Oleh karenanya kami mengharapkan bantuan pendidikan perkoperasian dari Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Jatim bagi Koperasi CPW Jatim,” ungkapnya.

Ke depan kiprah Koperasi CPW Jatim yang dipimpin, dikelola dan beranggotakan perempuan mampu berhasil seperti Kopwan yang lebih dulu berkiprah misalnya Kopwan Setia Bhakti Wanita Jatim. Kopwan Setia Bhakti Jatim memiliki banyak penghargaan baik tingkat regional maupun nasional, melalui keberhasilannya memberdayakan perempuan.

“Jika keberhasilan itu diraih melalui perjuangan panjang selama 30 tahun, kondisi ini membuat kami optimis karena Koperasi CPW Jatim saat ini masih berusia balita,” harapnya.

Rapat anggota kali tersebut juga membahas dan mengesahkan Rencana Kerja dan Rencana Anggaran (RK dan RAPBK) Tahun Buku 2014. Selain itu berdasarkan Anggaran Dasar Koperasi CPW Jatim, pada akhir tahun buku 2014, Pengurus dan Pengawas telah mengakhiri masa bakti 2012-2014. “Terkait dengan itu, saya berharap konsep ini bisa dikoreksi, dikritisi, dan dilengkapi dengan saran yang bersifat konstruktif  oleh para anggota untuk kemajuan koperasi. Dan proses pemilihan Pengurus dan Pengawas baru masa bakti 2015-2017 bisa berjalan lancar dan demokratis,” pungkasnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Prov. Jatim Mudjib Affan menyampaikan, memberikan apresiasi atas pelaksanaan RAT III Koperasi CPW Jatim. RAT ini nantinya harus menghasilkan program-program unggulan, didukung oleh kesolidan antara Pengurus Pengawas dan Anggota koperasi, sehingga lebih berdaya saing dan bermanfaat untuk masyarakat Jatim. “Kami siap membantu masalah dana baik melalui Bank UMKM maupun dana bergulir Pemprov Jatim, selama ketentuan koperasinya sesuai dengan Undang-Undang dan berjalan baik,” jelasnya. (hery)

Teks foto: Pengawas Pengurus Koperasi Citra Padma Wanita, Fatma Saifullah Yusuf, mendapat ucapan selamat dari Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Jatim, Mudjib Afan.