19/01/2021

Jadikan yang Terdepan

PT Pertamina (Persero) Operasikan SPB Vi-Gas

Gus Ipul - Vi Gas 1Surabaya, KabarGress.Com – PT Pertamina (Persero) mulai mengoperasikan Stasiun Pengisian Bahanbakar (SPB) Vi-Gas di Surabaya, tepatnya di SPBU COCO Pertamina Jl Jemursari Surabaya. Vi-Gas merupakan merek dagang Pertamina untuk bahan bakar Liquid Gas for Vehicle (LGV) untuk kendaraan bermotor. “SPB Vi-Gas terbaru yang dibuka ini merupakan yang pertama di Jatim. Kami juga berencana membuka 9 SPB Vi-Gas tambahan di Jatim, di Surabaya, Bojonegoro, Madiun, Malang, Ngawi, Jombang dan Probolinggo,” ungkap Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang, di sela-sela acara peresmian, Jumat (6/3/2015).

Menurut Ahmad, Pertamina telah mengoperasikan 24 SPB VI-Gas di seluruh Indonesia, yakni di Jabodetabek, Bali, Bandung, Semarang, dan Yogyakarta. “Pengoperasian SPB Vi-Gas ini merupakan salah satu langkah perseroan untuk mendukung program pemerintah untuk konversi BBM ke BBG. Selain itu, untuk wilayah Surabaya diharapkan lebih, bersih, lebih hijau dengan pemanfaatan gas untuk kendaraan bermotor,” terangnya.

Disebutkan, SPB Vi-Gas di Surabaya memiliki kapasitas penyimpanan sebanyak 6 metrik ton atau setara dengan 11.800 liter. Kapasitas tersebut jika digunakan untuk pengisian angkutan umum, maka bahan bakar Vi-Gas bisa disalurkan untuk sekitar 500 unit kendaraan per hari.

“Pertamina akan terus fokus mengembangkan bisnis Vi-Gas di Indonesia dengan melakukan pembangunan infrastruktur dan outlet lebih banyak agar memudahkan masyarakat menjangkau bahan bakar yang ekonomis dan ramah lingkungan,” imbuhnya. (ro)

Teks foto: Wakil Gubernur Jatim, Gus Ipul bersama Direktur Pemasaran Pertamina, Ahmad Bambang (kanan), saat peresmian pengoperasian Stasiun Pengisian Bahanbakar (SPB) Vi-Gas di Surabaya, tepatnya di SPBU COCO Pertamina Jl Jemursari Surabaya, Jumat (6/3/2015).